Portal Berita Ekonomi Rabu, 21 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:24 WIB. AP II - AP II menghadirkan fitur notification dalam Indonesia Airports Apps (IA App).
  • 11:02 WIB. Anggara - Grasi diberikan jika pidana dijatuhi lebih dari dua tahun.
  • 11:02 WIB. Anggara - Baiq Nuril hanya dipidana selama 6 bulan dan dengan Rp500 juta.
  • 11:00 WIB. Anggara - Harusnya Presiden Jokowi berikan Baiq Nuril amnesti bukan grasi.
  • 10:58 WIB. BPN Prabowo-Sandi - Memilih dan mengikuti kebijakan Soeharto itu hal Partai Berkarya.
  • 10:58 WIB. Arief Poyuono - Jika pencopotan Budi Gunawan tak direspon, bakal mengerahkan seluruh karyawan BUMN ke kantor BIN.
  • 10:58 WIB. BPN Prabowo-Sandi - Usulan jargon Soeharto itu hanya versi Partai Berkarya.
  • 10:57 WIB. Arief Poyuono - Kami protes pernyataan BIN soal masjid lingkungan swasta yang terpapar radikalisme.
  • 10:57 WIB. Arief Poyuono - Presiden Jokowi harus mencopot Kepala BIN, Budi Gunawan.
  • 10:56 WIB. Go Prabu - Elite PPP merespon positig kondisi ekonomi bangsa yang terpuruk di era Jokowi.
  • 10:56 WIB. Go Prabu - Dukungan PPP ke Prabowo-Sandi adalah keinginan akar rumput.
  • 10:31 WIB. BBCA - Jahja Setiaatmadja jual 100 ribu saham BBCA. 
  • 10:30 WIB. IKEA - IKEA akan buka toko terbesarnya di Manila, Filipina bernilai investasi US$134 juta.
  • 09:34 WIB. First Media - Saham First Media makin memerah 19,56% atau 88 poin ke level Rp362.
  • 09:18 WIB. Bakrieland - Kembangkan proyek properti di Bogor dan Sidoarjo, Bakrieland anggarkan belanja modal hingga Rp300 miliar. 

Piala Dunia dan Asian Games Pengaruhi Belanja Iklan di Kuartal III 2018

Foto Berita Piala Dunia dan Asian Games Pengaruhi Belanja Iklan di Kuartal III 2018
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Selain dipengaruhi oleh pemilihan kepala daerah, belanja iklan di kuartal ketiga pada 2018 juga dimeriahkan dengan acara olahraga besar, yakni Piala Dunia 2018 dan Asian Games 2018. Lewat acara tersebut, para pelaku industri dan pemilik merek memanfaatkan momentum untuk berlomba-lomba menayangkan iklan mereka, terutama di televisi sebab kedua acara itu terbukti menarik perhatian para pemirsa televisi.

Pada Juli 2018, siaran Piala Dunia di televisi mencapai perolehan angka reach sampai 85%. Tayangan pertandingan yang berhasil mendominasi perhatian penonton adalah laga Perancis kontra Kroasia dengan rating 5,5% dan share 27,5%. Begitu pula dengan tren jangkauan pada Asian Games 2018 yang kian meningkat berdasarkan pemantauan Nielsen Television Audience Measurement (TAM) di 11 kota sepanjang 18 Agustus-2 September 2018. Angka kumulatif pemirsa yang menyaksikan Asian Games mencapai 85,4% hingga acara berakhir.

Direktur Eksekutif Media Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, menyatakan, momen-momen seperti penyelenggaraan World Cup dan Asian Games ini tentu mendatangkan peluang yang cukup langka bagi pengiklan karena tak terjadi setiap tahun.

"Bahkan, pelaksanaan Asian Games di Indonesia mungkin akan terjadi lagi dalam belasan atau puluhan tahun mendatang," ungkap Hellen di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Maka dari itu, lanjut Hellen, pengiklan tak hanya mengeluarkan belanja iklan dalam bentuk jeda komersial saja, tetapi juga iklan di dalam program (sponsorship). Sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia 2018, Traveloka menjadi merek yang cukup banyak menayangkan iklan dalam 2 bentuk tersebut. Iklan-iklan tersebut tersebar di 711 spot untuk jeda komersial dan 403 spot di dalam program.

"Merek Vivo juga cukup banyak beriklan, dengan jumlah 562 spot di jeda komersial dan 331 spot di dalam tayangan program," tambah Hellen.

Untuk pelaksanaan Asian Games, penempatan iklannya didominasi oleh Bukalapak, Grab, dan Extra Joss, baik di jeda komersial maupun di dalam program. Bukalapak merupakan kontributor terbesar dengan total iklan sebanyak 718 spot pada jeda iklan dan 4.114 spot pada iklan di program.

"Penempatan iklan pada jeda iklan Grab menyumbangkan iklannya sebesar 215 spot dan 1.007 spot pada iklan dalam program. Sementara, Extra Joss menempatkan 2.230 spot pada iklan dalam program dan 153 spot dalam jeda iklan," papar Hellen.

Data-data yang terdapat di atas didapatkan dari studi milik Nielsen, perusahaan riset pengukuran dan analisis data global. Dalam melakukan pengukuran kepemirsaan atas semua televisi nasional, Nielsen TAM di Indonesia melakukan riset terhadap lebih dari 8.000 orang berusia 5 tahun ke atas yang berada di 11 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar, dan Banjarmasin. Hasil pengukuran itu dituangkan dalam nilai rating, share, dan indeks.

Tag: Belanja Iklan

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Kumairoh

Foto: Sufri Yuliardi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 href="Download_Data/" />Download_Data/ - Sep
2 href="Market_Summary/" />Market_Summary/ - Dec
3 href="MockTestReportingDRC/" />MockTestReportingDRC/ - Oct
4 href="PSPNDC/" />PSPNDC/ - Mar
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10