Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5,5 Juta Pembeli Cari Mobil Bekas di OLX

5,5 Juta Pembeli Cari Mobil Bekas di OLX Kredit Foto: OLX Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Munculnya berbagai macam variasi permintaan mobil bekas pun menjadikan OLX turut merasakan imbas dari geliat industri ini. Setidaknya, terdapat lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX, setiap tahunnya. Permintaan pun tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi juga kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.

Dilansir dari keterangan rilisnya, mobil telah mengakar kuat pada bisnis OLX, sejak awal OLX beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil, di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer. Hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya,

“Kecepatan menjual dan jangkaun yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya, di OLX,” Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia, memberikan informasi  di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Tren Jual-Beli Mobil di OLX

Para diler yang memanfaatkan OLX untuk bisnisnya mengungkapkan bahwa mobil 7-seater masih menjadi favorit banyak pembeli. Ini dapat dilihat dari merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX, yaitu Toyota Avanza, kemudian disusul urutan kedua, Honda Jazz.

Kebutuhan masyarakat akan segmen mobil tersebut, disambut oleh suplai mobil yang dijual para penjual individu ataupun dealer. Data OLX menyebutkan bahwa mobil berjenis MPV, Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck menjadi mobil yang paling banyak diiklankan melalui platform ini, dengan Jabodetabek dan Bandung sebagai area di mana mobil-mobil tersebut paling banyak dijual.

Fokus Pada Kategori Mobil

Melihat pertumbuhan yang positif pada kategori mobil, OLX pun memutuskan untuk memfokuskan bisnisnya pada kategori ini dengan menghadirkan servis dan fitur-fitur yang memudahkan pengguna melakukan jual/beli mobil melalui platform ini, seperti menambahkan detail informasi tentang mobil, serta menampilkan profil khusus para diler (Profil Penjual Profesional).

Detail informasi tentang mobil memungkinkan pengguna mencari mobil dengan lebih mudah, misalnya menemukan mobil dengan fitur tambahan atau kapasitas mesin tertentu. Sementara, Profil Penjual Profesional ditujukan bagi para dealer untuk memudahkan pengguna menemukan detail informasi tentang diler tersebut, seperti alamat dan jam operasionalnya.

“Posisi OLX sebagai pemimpin di industri mobil bekas tidak lepas dari para dealer yang selama ini mempercayakan bisnisnya pada platform kami,” ujar van Schagen.

Untuk menginformasikan tentang fokus bisnis terbaru ini, OLX pun meluncurkan kampanye #PusatnyaMobil pada awal bulan Oktober, 2018. Kampanye ini menjadi bagian dari upaya OLX dalam mengembangkan ekosistem mobil bekas terbesar dan paling komprehensif.

“Setidaknya, tahun ini terdapat ribuan dealer mobil bekas yang mempercayakan bisnisnya kepada OLX. Kami harap, jumlahnya akan meningkat setiap tahun,” tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Kumairoh
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: