Portal Berita Ekonomi Senin, 19 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 12:36 WIB. Bisnis - Dafam Property mengembangkan tiga bisnis hunian di Madiun dan satu hunian di Magetan. 
  • 12:12 WIB. Telkomsel - Telkomsel bekerja sama dengan lebih dari 80 Bank di Indonesia untuk permudah transaksi finansial.
  • 12:03 WIB. BCSA - Bank Indonesia dan Bank Sentral Tiongko sepakat ubah nilai BCSA dari ¥100 miliar menjadi ¥200 miliar.
  • 12:03 WIB. Finansial - Bank Indonesia dan Bank Sentral Tiongkok perbarui perjanjian bilateral currency swap arrangement (BCSA).
  • 12:03 WIB. Pelindo I- Pelindo I kerja sama pembiayaan investasi sebesar Rp 1,3 triliun bersama 3 bank Himbara.
  • 12:02 WIB. First Media - Saham First Media anjlok 20 poin atau 5,37% di awal perdagangan sesi I. 
  • 10:21 WIB. BTN - BTN mengaku siap menyerap realisasi KPR FLPP bank BPD.
  • 10:06 WIB. HK - Hutama Karya tengah mempersiapkan pembangunan ruas Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 37 kilometer.

Ketahui 6 Hal ini Agar Re-branding Bisnis Anda Berhasil

Foto Berita Ketahui 6 Hal ini Agar Re-branding Bisnis Anda Berhasil
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Demi beberapa tujuan yang ingin dicapai sebuah bisnis, mereka harus melakukan pembaruan brand atau biasa dikenal dengan re-branding.

Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, merek sebuah bisnis bukan hanya nama dan logo dari bisnis atau perusahan itu sendiri, melainkan artiannya lebih luas, prospek antara pelanggan dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan melakukan re-branding, Anda sebaiknya mengetahui dan mempersiapkan beberapa hal penting.

Berikut Redaksi Warta Ekonomi telah merangkumnya untuk Anda:

1. Mulailah dengan memahami misi dan nilai Anda

Sebelum Anda mengubah citra, penting bagi Anda untuk memahami dengan jelas misi dan nilai-nilai bisnis Anda. Pertimbangkan dan nilai apa yang membuat perusahaan Anda istimewa. Mengapa perusahaan Anda ada, dan nilai-nilai apa saja yang penting?

2. Kembangkan strategi rebranding yang bekerja dengan branding Anda yang sudah ada

Banyak bisnis tidak memiliki kemewahan memulai dari yang bersih. Jika Anda melakukan perubahan sebagian, pastikan untuk memperhitungkan aset merek yang ada. BrandExtract, sebuah perusahaan branding yang berpengalaman menjelaskan kenapa branding yang konsisten penting, dengan mengatakan:

“Merek yang konsisten membantu meningkatkan nilai keseluruhan perusahaan Anda dengan memperkuat posisi Anda di pasar, menarik pelanggan berkualitas lebih baik dengan tingkat retensi yang lebih tinggi dan meningkatkan nilai produk atau layanan Anda. Sebaliknya, perilaku yang tidak menentu dan tidak konsisten dengan cepat menyebabkan kebingungan dan ketidakpercayaan,” katanya.

3. Pertimbangkan pasar dan pesaing Anda

Sebelum Anda mengubah citra, lakukan uji tuntas Anda. Cari tahu apa yang dilakukan pesaing Anda. Tentukan bagaimana Anda berdiri terpisah dari pesaing Anda, dan apa proposisi nilai sejati Anda. Penting sekali agar merek baru Anda menjadi segar dan relevan, tetapi tidak pada saat itu sehingga akhirnya tampak terlalu cepat tertanggal.

4. Berkolaborasi dengan tim Anda

Merek Anda mungkin menjadi salah satu aset bisnis yang paling penting, tetapi sama berharganya orang-orang yang membantu mengembangkan bisnis Anda setiap hari. Sertakan suara dari mereka semua. Beberapa ide terbaik dan umpan balik paling berharga berasal dari departemen yang mungkin tidak Anda harapkan.

5. Kelola rebrand dengan hati-hati

Pengubahan nama sering kali merupakan upaya yang rumit dan panjang. Tanpa rencana yang baik dan kesiapan, pengubahan merek dapat dengan cepat keluar dari rel. Tetapkan tenggat waktu dan persiapkan semuanya dengan pikiran yang matang.

6. Luncurkan perubahan nama Anda dan beri tahu dunia

Bahkan rebrand paling luar biasa terbuang jika Anda tidak pernah benar-benar meluncurkannya. Pastikan Anda merencanakan peluncuran merek ulang dan bersiap untuk menjelaskan mengapa Anda melakukan rebranding. Jangan buat pelanggan Anda kebingungan dengan rebranding yang Anda lakukan, publikasikan secara meluas.

Pengubahan nama adalah pernyataan komitmen bisnis Anda untuk semakin tumbuh. Perubahan tidak pernah mudah, tetapi kadang-kadang, perubahan dapat membawa Anda ke jalan yang lebih baik.

Tag: brand

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Kaleidico

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35