Portal Berita Ekonomi Jum'at, 18 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 19:42 WIB. Google - Google akuisisi Divisi Smartwatch Fossil.
  • 19:39 WIB. Apple - iPad murah kabarnya segera rilis.
  • 19:38 WIB. Huawei - Universitas Oxford setop terima dana dari Huawei.
  • 19:36 WIB. Tesla - Susul Proton,  Tesla kena imbas dari Airbag Takata.
  • 19:34 WIB. Ghosn - Pengacara ajukan banding atas penolakan bebas bersyarat Ghosn.
  • 19:32 WIB. Wuling - SUV Wuling Almaz sudah dikenalkan ke kalangan khusus.
  • 19:31 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo janji aturan penyiaran dan data pribadi rampung di kuarta I 2019.
  • 19:29 WIB. MediaTek - MediaTek bantah kabar akhiri kerja dengan Xiaomi.
  • 18:42 WIB. BPPT - BPPT ingatkan desain teknologi LRT perlu uji coba lapangan. 
  • 18:29 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo akan uji coba 700 Mhz untuk mitigasi bencana alam.
  • 18:27 WIB. Twitter - Twitter catat 1,3 juta cuitan saat Debat Pilpres 2019.
  • 18:25 WIB. Xiaomi - Xiaomi rilis gim pesaing PUBG dan Fortnite.
  • 18:24 WIB. Asus - Asus tunda penjualan smartphone gaming ROG di Indonesia.
  • 18:23 WIB. Oppo - Oppo R17 pro sudah bisa pakai fitur kamera 3D.

Luncurkan Bisnis Baru Jangan Mulai dari Memikirkan Logo, Lalu dari Mana?

Foto Berita Luncurkan Bisnis Baru Jangan Mulai dari Memikirkan Logo, Lalu dari Mana?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Ketika Anda meluncurkan bisnis baru, jangan langsung tergoda untuk melompat ke hal-hal yang menyenangkan; membuat logo, mendesainnya, menentukan warna, dsb. Ada baiknya Anda menetapkan tujuan inti dan sistem kepercayaan merek Anda.

Menurut penelitian, perusahaan yang memiliki tujuan yang jelas akan tumbuh dua kali lebih cepat daripada mereka yang memiliki tujuan rendah namun memikirkan logo terlebih dahulu. Jadi, ibaratnya, identitas merek visual yang dirancang indah tanpa tujuan yang jelas bagai hadiah yang dibungkus dengan sangat indah, namun isinya kosong.

Cara terbaik untuk membangun merek bisnis Anda adalah mulai dari dalam, baru ke luar. Ini seperti membangun sebuah gedung: Anda membutuhkan fondasi yang kuat. Tiga langkah berikut akan membantu Anda memahami dan mengartikulasikan hati dan jiwa merek Anda:

1. Buat pernyataan misi Anda

Mengartikulasikan misi Anda adalah salah satu langkah yang paling penting, namun sering diabaikan dalam menciptakan merek yang kuat. Sederhananya, misi Anda mencerminkan apa yang telah Anda tetapkan.

Apa yang membuat pernyataan misi yang hebat? Harus jelas, berikan arahan dan inspirasi strategis. Ketika menyusun misi Anda, pikirkan tentang sasaran bisnis Anda, nilai yang ingin Anda bawa, siapa yang Anda layani dan bagaimana Anda melakukannya. Idealnya, misi Anda juga akan cukup jelas bagi orang-orang di luar organisasi Anda untuk memahami dan cukup ringkas untuk diingat.

2. Tentukan visi Anda

Jika misi adalah "apa," maka visi merek Anda adalah "mengapa." Visi Anda adalah pernyataan yang berfokus pada masa depan yang melukiskan gambaran yang jelas tentang bagaimana dunia akan terlihat setelah Anda menyelesaikan misi Anda.

Itu bukan hanya inspiratif, itu aspiratif. Berlandaskan visi yang kuat dapat membantu setiap orang dalam suatu organisasi untuk tetap termotivasi, terinspirasi, dan terfokus pada gambaran besar ketika keadaan menjadi sulit.

Cara terbaik untuk mendekati pernyataan visi adalah memikirkan dampak akhir dari produk atau layanan yang Anda berikan. Strategi yang baik adalah fokus pada manfaat dari apa yang Anda tawarkan.

3. Identifikasi nilai Anda

Nilai merek Anda adalah seperti pilar perusahaan. Mereka akan membantu memandu tindakan organisasi Anda, memengaruhi budaya tempat kerja, membantu tim Anda untuk mengambil sumber dan mengambil keputusan dan pada akhirnya berdampak pada kesetiaan pelanggan. Mengapa? Karena sifat kita ingin menyelaraskan diri dengan orang, produk dan organisasi yang berbagi nilai-nilai kita.

Pikirkan tentang apa yang Anda perjuangkan dan apa yang tidak akan pernah Anda kompromikan. Pertimbangkan keyakinan dan kualitas yang memiliki dampak unik, langsung, dan berarti terhadap cara Anda berbisnis.

Setelah Anda menentukan nilai merek Anda, tuliskan mereka sebagai pernyataan yang memberi contoh bagaimana mereka diterapkan dalam bisnis Anda. Setelah Anda meletakkan fondasi, elemen lain, seperti logo, akan lebih mudah bagi Anda, tim Anda, dan semua mitra dari luar.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Marketeers.com

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56