Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Luncurkan Bisnis Baru Jangan Mulai dari Memikirkan Logo, Lalu dari Mana?

Luncurkan Bisnis Baru Jangan Mulai dari Memikirkan Logo, Lalu dari Mana? Kredit Foto: Marketeers.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketika Anda meluncurkan bisnis baru, jangan langsung tergoda untuk melompat ke hal-hal yang menyenangkan; membuat logo, mendesainnya, menentukan warna, dsb. Ada baiknya Anda menetapkan tujuan inti dan sistem kepercayaan merek Anda.

Menurut penelitian, perusahaan yang memiliki tujuan yang jelas akan tumbuh dua kali lebih cepat daripada mereka yang memiliki tujuan rendah namun memikirkan logo terlebih dahulu. Jadi, ibaratnya, identitas merek visual yang dirancang indah tanpa tujuan yang jelas bagai hadiah yang dibungkus dengan sangat indah, namun isinya kosong.

Cara terbaik untuk membangun merek bisnis Anda adalah mulai dari dalam, baru ke luar. Ini seperti membangun sebuah gedung: Anda membutuhkan fondasi yang kuat. Tiga langkah berikut akan membantu Anda memahami dan mengartikulasikan hati dan jiwa merek Anda:

1. Buat pernyataan misi Anda

Mengartikulasikan misi Anda adalah salah satu langkah yang paling penting, namun sering diabaikan dalam menciptakan merek yang kuat. Sederhananya, misi Anda mencerminkan apa yang telah Anda tetapkan.

Apa yang membuat pernyataan misi yang hebat? Harus jelas, berikan arahan dan inspirasi strategis. Ketika menyusun misi Anda, pikirkan tentang sasaran bisnis Anda, nilai yang ingin Anda bawa, siapa yang Anda layani dan bagaimana Anda melakukannya. Idealnya, misi Anda juga akan cukup jelas bagi orang-orang di luar organisasi Anda untuk memahami dan cukup ringkas untuk diingat.

2. Tentukan visi Anda

Jika misi adalah "apa," maka visi merek Anda adalah "mengapa." Visi Anda adalah pernyataan yang berfokus pada masa depan yang melukiskan gambaran yang jelas tentang bagaimana dunia akan terlihat setelah Anda menyelesaikan misi Anda.

Itu bukan hanya inspiratif, itu aspiratif. Berlandaskan visi yang kuat dapat membantu setiap orang dalam suatu organisasi untuk tetap termotivasi, terinspirasi, dan terfokus pada gambaran besar ketika keadaan menjadi sulit.

Cara terbaik untuk mendekati pernyataan visi adalah memikirkan dampak akhir dari produk atau layanan yang Anda berikan. Strategi yang baik adalah fokus pada manfaat dari apa yang Anda tawarkan.

3. Identifikasi nilai Anda

Nilai merek Anda adalah seperti pilar perusahaan. Mereka akan membantu memandu tindakan organisasi Anda, memengaruhi budaya tempat kerja, membantu tim Anda untuk mengambil sumber dan mengambil keputusan dan pada akhirnya berdampak pada kesetiaan pelanggan. Mengapa? Karena sifat kita ingin menyelaraskan diri dengan orang, produk dan organisasi yang berbagi nilai-nilai kita.

Pikirkan tentang apa yang Anda perjuangkan dan apa yang tidak akan pernah Anda kompromikan. Pertimbangkan keyakinan dan kualitas yang memiliki dampak unik, langsung, dan berarti terhadap cara Anda berbisnis.

Setelah Anda menentukan nilai merek Anda, tuliskan mereka sebagai pernyataan yang memberi contoh bagaimana mereka diterapkan dalam bisnis Anda. Setelah Anda meletakkan fondasi, elemen lain, seperti logo, akan lebih mudah bagi Anda, tim Anda, dan semua mitra dari luar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: