Portal Berita Ekonomi Minggu, 20 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 15:06 WIB. Multifinance - OJK mencatat penyaluran pembiayaan multifinance tumbuh 5,14% menjadi Rp433,9 triliun.
  • 15:03 WIB. BPJS - BPJS Kesehatan optimis tingkat kepesertaan mencapai 95% pada tahun 2019 ini.

Bangun Brand di Lingkungan Digital Agar Tak Ditinggalkan

Foto Berita Bangun Brand di Lingkungan Digital Agar Tak Ditinggalkan
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Pesatnya perkembangan teknologi digital harus diikuti oleh sebuah brand untuk terjun ke dunia digital. Jika tidak brand akan tidak dikenal, akhirnya ditinggalkan dan kalah bersaing dengan brand yang telah terjun ke dunia digital. 

Demikian diungkapkan oleh Tri Raharjo, Chairman TRAS N CO, sebuah perusahaan consulting terkemuka di Indonesia. Karena itu perusahaan ini melakukan riset tentang digital popular brand yang kemudian melahirkan Digital Popular Brand Award 2018. 

Menurutnya penghargaan ini sudah 12 kali diselenggarakan dalam waktu 4 tahun terakhir. Menurutnya pola menarik yang terjadi saat ini adalah membangun brand di era transformasi. Pola itu itu adalah komunikasi antara brand dengan konsumen. 

"Misal untuk mencari brand X, konsumen akan browsing untuk menemukan brand yang dicari. Apakah brand sudah ada di mesin pencari itu penting, artinya demand baik," ujar Tri Raharjo, sebelum penyerahan penghargaan Digital Popular Brand 2018 di Hotel Shangrila Jakarta, Jumat (2/10/2018). 

Riset sendiri lanjut Tri Raharjo, dilakukan melalui tiga media yakni mesin pencarian Google, Media Sosial, dan Website perusahaan. Pencarian melalui google itu penting untuk mengetahui seberapa banyak sebuah brand dapat ditemukan, kemudian media sosial utukengetahui seberapa sering brand sebut dibicarakan, dan website untuk mengetahui seberapa sering perusahaan dikenal. 

Seiring semakin luasnya lingkungan digital, ke depan riset tentang populerkan produk juga akan dilihat berdasarkan rating dan review produk sebuah brand. Itu sudah banyak ditemukan, seperti melalui market place, bahkan Google juga sudah memiliki fitur review

Akhirnya, kalau dalam riset dulu ada pertanyaan puas atau tidak puas, untuk menjawab itu sekarang bisa denhan melihat rating, apakah bintang 1 atau 5, semakin banyak, tingkat kepuasan tinggi. Dan review juga menggambarkan kepuasan dan penilaian seorang konsumen terhadap produk. 

"Itulah ekosistem digital, jadi brand kalau belum hadir secara digital akan ditinggalkan," ujar Tri Raharjo. 

Adapun produk peraih Digital Popular Brand Award 2018 adalah, Confidence utuk popok Dewasa, Sweety untuk Popok Bayi, GS Astra untuk Aki, True Money untuk Jasa Pengiriman Uang Non Bank, Pegadaian untuk Gadai, Pegadaian Syariah Gadai, Selection untuk Kapas Kecantikan, WikaWH untuk Water Heater & Pemanas Air Tenaga Surya, Polytron untuk Dispenser Listrik, Oxone untuk Pisau Dapur, Panci Presto, Mixer, Juicer, dan Pemanggang Roti, Blanco utuk Kitchen Sink, Good Day untuk Kopi Kemasan Siap Minum.

Selanjutnya Insto untuk Obat Tetes Mata, Fruit Tea untuk Teh Kemasan Botol, Teh Botol Sosro untuk Teh Kemasan Botol, Terry Palmer untuk Handuk, Merah Putih untuk Handuk, Campina untuk Toko & Counter Es Krim, Pos Indonesia untuk Jasa Pengiriman Uang Non Bank, Fiesta untuk Sosis. My Baby untuk Tissue Basah, Cologne Bayi, Bedak Bayi, Shampoo Bayi, Baby Lotion, Sabun Mandi Bayi, Baby Oil, Minyak Telon, Minyak Rambut Bayi. SOS untuk Cairan Pembersih Lantai, dan Hannochs untuk Lampu LED. 

"Beberapa brand itu contoh brand yang telah sukses membangun ekosistem di dunia digital," tutup Tri Raharjo.

Tag: Tras N Co Research

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Vicky Fadil

Foto: TRAS N CO

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56