Portal Berita Ekonomi Sabtu, 17 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:18 WIB. Mazda - Mazda pilih Thailand jadi basis produksi Hybrid.
  • 08:16 WIB. Line - Rudiantara apresiasi Line yang ikut kembangkan ekonomi digital.
  • 08:14 WIB. Sulteng - Telekomunikasi Sulteng sudah normal, hampir 100%.
  • 08:13 WIB. Liga Nasional UEFA - Slovenia 1 vs 1 Norwegia
  • 08:12 WIB. Liga Nasional UEFA - Siprus 1 vs 1 Bulgaria
  • 08:12 WIB. PS4 - Selama 5 tahun, PS4 ludes 86,1 juta unit.
  • 08:11 WIB. Liga Nasional UEFA - Wales 1 vs 2 Denmark
  • 08:10 WIB. Liga Nasional UEFA - Slovakia 4 vs 1 Ukraina
  • 08:09 WIB. Liga Nasional UEFA - Belanda 2 vs 0 Prancis
  • 22:01 WIB. KAI - KAI menegaskan tidak ada sengketa aset dalam proyek Skybridge Tanah Abang.

Gamifaction pada Perusahaan Bisa Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Foto Berita Gamifaction pada Perusahaan Bisa Tingkatkan Produktivitas Bisnis
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Teknologi digital terus-menerus membawa cara baru bagi bisnis untuk memasarkan produk dengan lebih baik dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Dikabarkan juga, saat ini bisnis juga dapat memanfaatkan game atau permainan untuk meningkatkan produktivitas karyawan, itu disebut dengan Gamifaction.

Banyak perusahaan melihat hasil yang sangat positif setelah menggunakan gamification untuk keterlibatan pelanggan. Dengan bantuan gamification, merek dapat meningkatkan rentang keterlibatan pelanggan dan juga mengumpulkan data perilaku pelanggan yang berharga. Data ini dapat membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang penting.

Gamification juga membantu dalam retensi pelanggan, dan sesuai studi Harvard Business Review, meningkatkan tingkat retensi pelanggan sebesar 5% meningkatkan laba sebesar 25% hingga 95%. Jadi, gamification dapat menghasilkan hasil yang lebih baik untuk bisnis.

Misalnya, merek kopi terkenal mulai memberikan poin bonus kepada pelanggan tetapnya pada setiap pembelian mereka. Pelanggan dapat melihat dan menukarkan poin melalui aplikasi. Fitur ini sangat sukses, dan penjualannya diatur pada akselerasi terus menerus.

Mari kita bahas secara merinci lagi mengenai Gamifaction:

Gamifaction di ritel offline

Gamification tidak terbatas pada pasar online dan dapat berhasil digunakan di dunia offline juga. Gamification dapat digunakan di semua jenis bisnis. Banyak bisnis non-teknologi menolak teknologi karena mereka tidak memiliki keahlian dalam mengembangkan dan menerapkan solusi teknologi digital. Dan mereka tidak ingin ada gangguan dalam bisnis mereka saat ini.

Namun, mereka tertinggal di belakang revolusi teknologi baru bahkan dapat menyebabkan bisnis yang sukses kalah dari pesaing baru. Jadi bisnis harus memanfaatkan solusi pihak ketiga menggunakan solusi digital untuk gamification untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan mereka.

Program loyalitas

Program loyalitas sangat membantu dalam retensi pelanggan. Merek dapat memberikan kode yang dapat dipindai pada produk mereka, dan saat memindai kode, pelanggan dapat memanfaatkan sejumlah poin loyalitas tertentu.

Poin loyalitas terakumulasi pada setiap pembelian. Ketika titik akumulasi mencapai tingkat tertentu, pelanggan berhak mendapatkan reward dari merek tersebut. Hadiah harus dipilih dengan sangat bijaksana dan harus cukup menarik untuk membuat merek yang disukai untuk pelanggan. Karena berbagai program loyalitas gawai pintar telah menjadi jauh lebih efektif saat ini. Banyak merek besar memanfaatkan ini dan melihat hasil yang sangat positif.

Otomasi penjualan dengan penawaran menarik

Teknologi ini dapat diperpanjang untuk menjangkau konsumen lagi untuk lini produk baru atau dalam kasus produk konsumsi yang menjangkau konsumen menjelang akhir siklus hidup produk saat ini dengan diskon atau penawaran. Berdasarkan pola pembelian pelanggan, merek dapat memilih produk yang diinginkan dan dapat menjangkau pelanggan dengan diskon khusus untuk mereka.

Gores dan menang

Semua orang suka kejutan. Merek harus menggunakan gratification untuk membuat pelanggan mereka senang. Merek dapat memberikan goresan dan memenangkan penawaran kepada pelanggan mereka dengan bantuan teknologi digital.

Kemungkinannya tidak terbatas, dan gamifikasi keterlibatan konsumen dengan inovasi digital adalah masa depan. Bisnis harus mengadopsi teknologi ini dan terhubung dengan konsumen offline mereka untuk tetap bertengger dalam kompetisi.

 

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35