Portal Berita Ekonomi Selasa, 22 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 06:30 WIB. Samsung - Samsung Galaxy S10 dikabarkan beri fitur baru dalam notch.
  • 06:08 WIB. Telkom - Telkom dan Moratel akan menandatangani perjanjian penggunaan Palapa Ring Barat.
  • 06:06 WIB. ADHI - ADHI berniat menambah kepemilikan saham di PT Jakarta Tollroad Development.
  • 06:06 WIB. Mandiri - Selain proyek pemerintah, Mandiri mengincar debitur korporasi swasta.
  • 06:04 WIB. Mandiri - Mandiri mengarahkan sebagian besar kredit investasi melalui skema sindikasi.
  • 06:03 WIB. BUMN - Bulog dan PTPN III akan ekspansi ke pasar ekspor.
  • 21:51 WIB. Mandiri - Sekitar 600 investor dan pelaku bisnis dari dalam dan luar negeri akan menghadiri MIF 2019.
  • 21:48 WIB. Holding BUMN - Pembentukan holding masih menunggu inisiatif Kementerian BUMN.
  • 19:46 WIB. BNI - BNI mengelola dana wealth management sebesar Rp128,5 triliun di tahun 2018.
  • 19:45 WIB. BNI - Komposisi transaksi melalui e-channel BNI sudah mencapai sekitar 92%.
  • 19:35 WIB. WIKA - WIKA akan melakukan penawaran IPO melalui WIKA Realty dengan target proceeds sekitar Rp2 trliun.
  • 19:23 WIB. WIKA - WIKA menganggarkan capex Rp715 miliar untuk pengembangan kawasan dan TOD 2019.
  • 19:21 WIB. PTPP - Total investasi untuk proyek TOD PT PP sekitar Rp550 miliar.
  • 19:19 WIB. PTPP - PT PP menyiapkan investasi sekitar Rp250 miliar untuk pengembangan proyek TOD pada 2019.
  • 19:18 WIB. NYIA - Menhub berencana membuat kereta api jarak jauh berhenti di stasiun kereta Bandara NYIA.

Gamifaction pada Perusahaan Bisa Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Foto Berita Gamifaction pada Perusahaan Bisa Tingkatkan Produktivitas Bisnis
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Teknologi digital terus-menerus membawa cara baru bagi bisnis untuk memasarkan produk dengan lebih baik dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Dikabarkan juga, saat ini bisnis juga dapat memanfaatkan game atau permainan untuk meningkatkan produktivitas karyawan, itu disebut dengan Gamifaction.

Banyak perusahaan melihat hasil yang sangat positif setelah menggunakan gamification untuk keterlibatan pelanggan. Dengan bantuan gamification, merek dapat meningkatkan rentang keterlibatan pelanggan dan juga mengumpulkan data perilaku pelanggan yang berharga. Data ini dapat membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang penting.

Gamification juga membantu dalam retensi pelanggan, dan sesuai studi Harvard Business Review, meningkatkan tingkat retensi pelanggan sebesar 5% meningkatkan laba sebesar 25% hingga 95%. Jadi, gamification dapat menghasilkan hasil yang lebih baik untuk bisnis.

Misalnya, merek kopi terkenal mulai memberikan poin bonus kepada pelanggan tetapnya pada setiap pembelian mereka. Pelanggan dapat melihat dan menukarkan poin melalui aplikasi. Fitur ini sangat sukses, dan penjualannya diatur pada akselerasi terus menerus.

Mari kita bahas secara merinci lagi mengenai Gamifaction:

Gamifaction di ritel offline

Gamification tidak terbatas pada pasar online dan dapat berhasil digunakan di dunia offline juga. Gamification dapat digunakan di semua jenis bisnis. Banyak bisnis non-teknologi menolak teknologi karena mereka tidak memiliki keahlian dalam mengembangkan dan menerapkan solusi teknologi digital. Dan mereka tidak ingin ada gangguan dalam bisnis mereka saat ini.

Namun, mereka tertinggal di belakang revolusi teknologi baru bahkan dapat menyebabkan bisnis yang sukses kalah dari pesaing baru. Jadi bisnis harus memanfaatkan solusi pihak ketiga menggunakan solusi digital untuk gamification untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan mereka.

Program loyalitas

Program loyalitas sangat membantu dalam retensi pelanggan. Merek dapat memberikan kode yang dapat dipindai pada produk mereka, dan saat memindai kode, pelanggan dapat memanfaatkan sejumlah poin loyalitas tertentu.

Poin loyalitas terakumulasi pada setiap pembelian. Ketika titik akumulasi mencapai tingkat tertentu, pelanggan berhak mendapatkan reward dari merek tersebut. Hadiah harus dipilih dengan sangat bijaksana dan harus cukup menarik untuk membuat merek yang disukai untuk pelanggan. Karena berbagai program loyalitas gawai pintar telah menjadi jauh lebih efektif saat ini. Banyak merek besar memanfaatkan ini dan melihat hasil yang sangat positif.

Otomasi penjualan dengan penawaran menarik

Teknologi ini dapat diperpanjang untuk menjangkau konsumen lagi untuk lini produk baru atau dalam kasus produk konsumsi yang menjangkau konsumen menjelang akhir siklus hidup produk saat ini dengan diskon atau penawaran. Berdasarkan pola pembelian pelanggan, merek dapat memilih produk yang diinginkan dan dapat menjangkau pelanggan dengan diskon khusus untuk mereka.

Gores dan menang

Semua orang suka kejutan. Merek harus menggunakan gratification untuk membuat pelanggan mereka senang. Merek dapat memberikan goresan dan memenangkan penawaran kepada pelanggan mereka dengan bantuan teknologi digital.

Kemungkinannya tidak terbatas, dan gamifikasi keterlibatan konsumen dengan inovasi digital adalah masa depan. Bisnis harus mengadopsi teknologi ini dan terhubung dengan konsumen offline mereka untuk tetap bertengger dalam kompetisi.

 

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6450.834 2.678 627
2 Agriculture 1642.122 58.830 21
3 Mining 1896.174 15.254 47
4 Basic Industry and Chemicals 890.201 0.505 71
5 Miscellanous Industry 1423.572 -19.807 46
6 Consumer Goods 2599.505 -7.787 51
7 Cons., Property & Real Estate 465.509 -6.115 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1154.795 5.554 71
9 Finance 1239.207 4.959 91
10 Trade & Service 794.825 -2.264 155
No Code Prev Close Change %
1 NATO 175 236 61 34.86
2 CLAY 306 382 76 24.84
3 SQMI 382 476 94 24.61
4 YPAS 575 710 135 23.48
5 HEXA 2,920 3,600 680 23.29
6 BNLI 705 855 150 21.28
7 VOKS 250 300 50 20.00
8 INRU 785 910 125 15.92
9 KMTR 334 382 48 14.37
10 DSSA 15,600 17,825 2,225 14.26
No Code Prev Close Change %
1 MTSM 206 157 -49 -23.79
2 AGRS 490 402 -88 -17.96
3 PADI 1,090 920 -170 -15.60
4 CANI 248 210 -38 -15.32
5 NAGA 280 240 -40 -14.29
6 SKYB 160 142 -18 -11.25
7 AKSI 394 350 -44 -11.17
8 PLIN 3,400 3,040 -360 -10.59
9 KIOS 2,000 1,790 -210 -10.50
10 MYTX 105 94 -11 -10.48
No Code Prev Close Change %
1 HOME 150 144 -6 -4.00
2 BUMI 174 174 0 0.00
3 ERAA 2,310 2,240 -70 -3.03
4 BNLI 705 855 150 21.28
5 PNLF 296 296 0 0.00
6 ASII 8,475 8,325 -150 -1.77
7 BHIT 69 68 -1 -1.45
8 BBRI 3,820 3,800 -20 -0.52
9 SSMS 1,205 1,210 5 0.41
10 INDY 2,180 2,130 -50 -2.29