Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gamifaction pada Perusahaan Bisa Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Gamifaction pada Perusahaan Bisa Tingkatkan Produktivitas Bisnis Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Teknologi digital terus-menerus membawa cara baru bagi bisnis untuk memasarkan produk dengan lebih baik dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Dikabarkan juga, saat ini bisnis juga dapat memanfaatkan game atau permainan untuk meningkatkan produktivitas karyawan, itu disebut dengan Gamifaction.

Banyak perusahaan melihat hasil yang sangat positif setelah menggunakan gamification untuk keterlibatan pelanggan. Dengan bantuan gamification, merek dapat meningkatkan rentang keterlibatan pelanggan dan juga mengumpulkan data perilaku pelanggan yang berharga. Data ini dapat membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang penting.

Gamification juga membantu dalam retensi pelanggan, dan sesuai studi Harvard Business Review, meningkatkan tingkat retensi pelanggan sebesar 5% meningkatkan laba sebesar 25% hingga 95%. Jadi, gamification dapat menghasilkan hasil yang lebih baik untuk bisnis.

Misalnya, merek kopi terkenal mulai memberikan poin bonus kepada pelanggan tetapnya pada setiap pembelian mereka. Pelanggan dapat melihat dan menukarkan poin melalui aplikasi. Fitur ini sangat sukses, dan penjualannya diatur pada akselerasi terus menerus.

Mari kita bahas secara merinci lagi mengenai Gamifaction:

Gamifaction di ritel offline

Gamification tidak terbatas pada pasar online dan dapat berhasil digunakan di dunia offline juga. Gamification dapat digunakan di semua jenis bisnis. Banyak bisnis non-teknologi menolak teknologi karena mereka tidak memiliki keahlian dalam mengembangkan dan menerapkan solusi teknologi digital. Dan mereka tidak ingin ada gangguan dalam bisnis mereka saat ini.

Namun, mereka tertinggal di belakang revolusi teknologi baru bahkan dapat menyebabkan bisnis yang sukses kalah dari pesaing baru. Jadi bisnis harus memanfaatkan solusi pihak ketiga menggunakan solusi digital untuk gamification untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan mereka.

Program loyalitas

Program loyalitas sangat membantu dalam retensi pelanggan. Merek dapat memberikan kode yang dapat dipindai pada produk mereka, dan saat memindai kode, pelanggan dapat memanfaatkan sejumlah poin loyalitas tertentu.

Poin loyalitas terakumulasi pada setiap pembelian. Ketika titik akumulasi mencapai tingkat tertentu, pelanggan berhak mendapatkan reward dari merek tersebut. Hadiah harus dipilih dengan sangat bijaksana dan harus cukup menarik untuk membuat merek yang disukai untuk pelanggan. Karena berbagai program loyalitas gawai pintar telah menjadi jauh lebih efektif saat ini. Banyak merek besar memanfaatkan ini dan melihat hasil yang sangat positif.

Otomasi penjualan dengan penawaran menarik

Teknologi ini dapat diperpanjang untuk menjangkau konsumen lagi untuk lini produk baru atau dalam kasus produk konsumsi yang menjangkau konsumen menjelang akhir siklus hidup produk saat ini dengan diskon atau penawaran. Berdasarkan pola pembelian pelanggan, merek dapat memilih produk yang diinginkan dan dapat menjangkau pelanggan dengan diskon khusus untuk mereka.

Gores dan menang

Semua orang suka kejutan. Merek harus menggunakan gratification untuk membuat pelanggan mereka senang. Merek dapat memberikan goresan dan memenangkan penawaran kepada pelanggan mereka dengan bantuan teknologi digital.

Kemungkinannya tidak terbatas, dan gamifikasi keterlibatan konsumen dengan inovasi digital adalah masa depan. Bisnis harus mengadopsi teknologi ini dan terhubung dengan konsumen offline mereka untuk tetap bertengger dalam kompetisi.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: