Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Oktober 2018, Indeks Keyakinan Konsumen Merosot Jadi 119,2

Oktober 2018, Indeks Keyakinan Konsumen Merosot Jadi 119,2 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Oktober 2018 mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 119,2, menurun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 122,4. Kendati demikian, optimisme konsumen tetap terjaga karena IKK tetap berada dalam zona optimis (di atas 100).

BI dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, semalam, Senin (5/11/2018), mengungkapkan, tetap terjaganya optimisme konsumen terutama ditopang oleh terjaganya ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan.

"Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) tetap tinggi, ditopang ekspektasi penghasilan pada enam bulan mendatang," tulis BI.

Meski demikian, lebih rendahnya IKK terutama dipengaruhi oleh optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini yang cenderung menurun. Penurunan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini terdalam terjadi pada persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini.

"Tekanan kenaikan harga pada tiga bulan mendatang diperkirakan sedikit menurun dibandingkan bulan sebelumnya, didukung oleh persepsi positif konsumen terhadap ketersediaan barang dan jasa yang terjaga dan stabilnya harga BBM subsidi," jelas BI.

Hasil survei juga menunjukkan ekspektasi konsumen terhadap tekanan harga akan terus mengalami penurunan pada 6 dan 12 bulan mendatang, seiring distribusi barang yang lancar dan meningkatnya ketersediaan barang, terutama kebutuhan pokok.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: