Portal Berita Ekonomi Rabu, 14 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:05 WIB. BRI - BRI salurkan kredit senilai Rp1,2 triliun kepada PLN.
  • 23:03 WIB. PPRO - PP Properti yakin bukukan marketing sales Rp3,8 triliun tahun ini.
  • 23:01 WIB. WSBP - Waskita Beton memangkas target kontrak baru menjadi Rp6,6 triliun.
  • 22:59 WIB. JSMR - Jasa Marga mendapat fasilitas kredit sindikasi sebesar Rp1,2 triliun dari Bank Mandiri, BRI, dan BNI.
  • 22:58 WIB. KAI - KAI disebutkan siap membuka akses skybridge menuju Stasiun Tanah Abang.
  • 22:58 WIB. Pertamina - BBM Satu Harga saat ini hadir di Papua Barat.
  • 22:57 WIB. PTBA - PTBA tertarik untuk mengambil alih wilayah tambang yang saat ini dikelola oleh pemegang PKP2B.
  • 22:54 WIB. PLN - PLN optimistis pendapatan penjualan listrik regional Jawa bagian Barat tahun ini dapat tumbuh 15%.
  • 22:53 WIB. PTBA - PTBA memiliki kelebihan kuota pemenuhan market domestic obligation dan berpotensi melakukan transfer kuota.
  • 22:51 WIB. PGN - PGN mengkalim dapat menyelesaikan pembangunan 4.695 jargas rumah tangga di Tarakan hingga akhir 2018.
  • 22:49 WIB. Jamkrindo - Jamkrindo melakukan pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan UMKM di Yogyakarta.
  • 22:48 WIB. AP I - AP I membuka peluang kerja sama dengan mitra usaha di Bandara Internasional Yogyakarta.
  • 22:46 WIB. Pelindo I - Pelindo I melakukan modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.
  • 17:45 WIB. China - Indonesia ajak China kolaborasi dalam konsep Indo-Pasifik
  • 17:42 WIB. Real Madrid - Solari resmi jadi pelatih tetap Real Madrid.

Komunikasi dengan Pelanggan Secara Digital?

Foto Berita Komunikasi dengan Pelanggan Secara Digital?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Manusia telah berkomunikasi dan berinteraksi di antara mereka sendiri sejak awal waktu. Namun, dengan berlalunya waktu, media komunikasi telah berevolusi. Karena munculnya teknologi dan internet, kita semua sampai saat ini menjadi konsumen digital. Bahkan cara bisnis berinteraksi dengan konsumen mereka terus berkembang secepat kilat. Saat ini, saluran komunikasi antara bisnis dan pelanggan mereka telah menjadi digital.

Di era digital ini, fokus bisnis haruslah untuk memahami pelanggan mereka. Penting untuk memperhatikan saluran komunikasi yang selalu berubah. Konsep fokus konsumen atau "Konsumen adalah Raja" bukanlah hal baru.

Pentingnya sentrisitas pelanggan telah ada sejak awal bisnis. Namun, di era revolusi digital ini, media interaksi telah berubah antara konsumen dan bisnis. Perilaku konsumen terus berubah karena sifat teknologi yang memungkinkan dan akses informasi yang mudah.

Pendekatan ideal untuk memahami perilaku calon konsumen Anda adalah melalui penelitian. Berikut adalah beberapa wawasan untuk memahami pelanggan digital Anda:

Penelitian Konsumen Sangat Penting

Internet telah ada selama beberapa waktu sekarang dan seiring waktu, orang telah belajar bagaimana memanfaatkan kekuatannya. Ketika orang menjadi lebih paham dengan teknologi komunikasi modern, mereka dapat memanfaatkannya secara lebih efisien dan efektif demi keuntungan mereka.

Karena informasi yang berlebihan dan banyak pilihan, orang menjadi terbiasa untuk mendapatkan solusi yang benar dan bebas bahaya dalam hitungan detik. Misalnya, jika Anda memiliki situs web yang lambat atau tidak responsif, pengunjung kemungkinan akan bangkit kembali dan pindah ke opsi berikutnya yang lebih baik. Ini adalah kepuasan instan yang membuat pengunjung menyukai situs web Anda. Sambil membuat situs web untuk bisnis Anda, pastikan ia menampilkan materi yang menarik dan sangat relevan.

Loyalitas Pelanggan: Bangun dan Pertahankan dengan Menggabungkan Manusia dan Digital

Sambil mempertimbangkan motif mendasar dari pelanggan modern, Anda akan menemukan bahwa konsumen menginginkan pengalaman pribadi yang relevan dalam bentuk informasi. Ini adalah alasan utama mengapa interaksi tatap muka masih berfungsi seperti pesona. Ini menawarkan pendekatan pribadi yang tepat yang dicari orang. Namun, berbicara dengan setiap pelanggan selama 30 menit memiliki kekurangan: skalabilitas.

Pendekatan digital dan personal tidak bertentangan. Saat ini, solusi digital dapat meniru pendekatan pribadi yang sama dengan cara yang lebih skalabel. Segmentasi basis pelanggan dan personalisasi pengalaman pelanggan dapat dilakukan melalui penggunaan data. Misalnya, pelanggan setia Anda dapat diidentifikasi secara digital dan kemudian, ucapan terima kasih yang dipersonalisasi dapat dikirimkan kepada mereka.

Saat ini, salah satu tantangan terbesar bagi UKM adalah memahami konsumen digital. Tanpa usaha apa pun dari pihak Anda, teknologi tidak bisa menjadi jawaban untuk semua hal. Jika Anda tidak mengerti mengapa orang-orang di media sosial di tempat pertama, lalu mengapa khawatir tentang kehadiran sosial Anda.

Anda perlu memahami siapa pelanggan Anda, mengapa mereka membeli produk Anda dan bagaimana proses itu akan berubah di tahun-tahun mendatang. Penting juga untuk memahami dampak teknologi pada hubungan bisnis dengan pelanggan saat ini dan pelanggan baru di masa mendatang.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,953.45 3,913.79
British Pound GBP 1.00 19,296.98 19,098.51
China Yuan CNY 1.00 2,136.68 2,115.36
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,829.00 14,681.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,703.57 10,595.28
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,893.36 1,874.39
Dolar Singapura SGD 1.00 10,740.98 10,632.24
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,759.74 16,589.53
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,539.14 3,499.64
Yen Jepang JPY 100.00 13,025.03 12,891.64

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5858.293 23.095 615
2 Agriculture 1411.127 -32.663 20
3 Mining 1857.209 -4.113 47
4 Basic Industry and Chemicals 773.140 27.129 71
5 Miscellanous Industry 1364.717 23.298 45
6 Consumer Goods 2299.221 20.658 49
7 Cons., Property & Real Estate 410.574 -3.603 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1041.152 -17.914 71
9 Finance 1105.944 2.470 90
10 Trade & Service 799.593 0.330 150
No Code Prev Close Change %
1 SURE 1,510 1,885 375 24.83
2 DEAL 282 352 70 24.82
3 SOSS 1,250 1,560 310 24.80
4 YPAS 492 595 103 20.93
5 BBLD 402 482 80 19.90
6 GLOB 150 178 28 18.67
7 PSDN 180 210 30 16.67
8 RIGS 206 238 32 15.53
9 LPPS 95 108 13 13.68
10 KKGI 350 394 44 12.57
No Code Prev Close Change %
1 HDTX 216 166 -50 -23.15
2 DUTI 5,350 4,280 -1,070 -20.00
3 GMTD 15,900 12,725 -3,175 -19.97
4 IBST 9,800 8,000 -1,800 -18.37
5 TAMU 2,750 2,430 -320 -11.64
6 ATIC 905 805 -100 -11.05
7 TIRA 157 142 -15 -9.55
8 KONI 172 156 -16 -9.30
9 MYTX 121 110 -11 -9.09
10 LSIP 1,120 1,025 -95 -8.48
No Code Prev Close Change %
1 TKIM 11,150 12,325 1,175 10.54
2 PTBA 4,650 4,880 230 4.95
3 SRIL 366 366 0 0.00
4 WSKT 1,515 1,420 -95 -6.27
5 LPPF 4,790 4,550 -240 -5.01
6 HMSP 3,300 3,370 70 2.12
7 DEAL 282 352 70 24.82
8 TLKM 3,830 3,750 -80 -2.09
9 INKP 11,025 11,700 675 6.12
10 BHIT 78 78 0 0.00