Portal Berita Ekonomi Minggu, 20 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:52 WIB. BNI - BNI menargetkan kredit modal kerja tumbuh 12%-14% tahun ini.
  • 16:51 WIB. BCA - BCA akan memprioritaskan penyaluran kredit kepada nasabah yang memiliki hubungan dengan bank.
  • 16:50 WIB. BCA - BCA yakin kredit modal kerja masih moncer di 2019.
  • 16:49 WIB. BI - BI memprediksi penghimpunan DPK 2019 tidak akan melesat jauh dibandingkan tahun sebelumnya.
  • 16:48 WIB. Fintech - Penyaluran pinjaman fintech lending pada 2018 mencapai Rp22,67 triliun.
  • 15:06 WIB. Multifinance - OJK mencatat penyaluran pembiayaan multifinance tumbuh 5,14% menjadi Rp433,9 triliun.
  • 15:03 WIB. BPJS - BPJS Kesehatan optimis tingkat kepesertaan mencapai 95% pada tahun 2019 ini.

Komunikasi dengan Pelanggan Secara Digital?

Foto Berita Komunikasi dengan Pelanggan Secara Digital?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Manusia telah berkomunikasi dan berinteraksi di antara mereka sendiri sejak awal waktu. Namun, dengan berlalunya waktu, media komunikasi telah berevolusi. Karena munculnya teknologi dan internet, kita semua sampai saat ini menjadi konsumen digital. Bahkan cara bisnis berinteraksi dengan konsumen mereka terus berkembang secepat kilat. Saat ini, saluran komunikasi antara bisnis dan pelanggan mereka telah menjadi digital.

Di era digital ini, fokus bisnis haruslah untuk memahami pelanggan mereka. Penting untuk memperhatikan saluran komunikasi yang selalu berubah. Konsep fokus konsumen atau "Konsumen adalah Raja" bukanlah hal baru.

Pentingnya sentrisitas pelanggan telah ada sejak awal bisnis. Namun, di era revolusi digital ini, media interaksi telah berubah antara konsumen dan bisnis. Perilaku konsumen terus berubah karena sifat teknologi yang memungkinkan dan akses informasi yang mudah.

Pendekatan ideal untuk memahami perilaku calon konsumen Anda adalah melalui penelitian. Berikut adalah beberapa wawasan untuk memahami pelanggan digital Anda:

Penelitian Konsumen Sangat Penting

Internet telah ada selama beberapa waktu sekarang dan seiring waktu, orang telah belajar bagaimana memanfaatkan kekuatannya. Ketika orang menjadi lebih paham dengan teknologi komunikasi modern, mereka dapat memanfaatkannya secara lebih efisien dan efektif demi keuntungan mereka.

Karena informasi yang berlebihan dan banyak pilihan, orang menjadi terbiasa untuk mendapatkan solusi yang benar dan bebas bahaya dalam hitungan detik. Misalnya, jika Anda memiliki situs web yang lambat atau tidak responsif, pengunjung kemungkinan akan bangkit kembali dan pindah ke opsi berikutnya yang lebih baik. Ini adalah kepuasan instan yang membuat pengunjung menyukai situs web Anda. Sambil membuat situs web untuk bisnis Anda, pastikan ia menampilkan materi yang menarik dan sangat relevan.

Loyalitas Pelanggan: Bangun dan Pertahankan dengan Menggabungkan Manusia dan Digital

Sambil mempertimbangkan motif mendasar dari pelanggan modern, Anda akan menemukan bahwa konsumen menginginkan pengalaman pribadi yang relevan dalam bentuk informasi. Ini adalah alasan utama mengapa interaksi tatap muka masih berfungsi seperti pesona. Ini menawarkan pendekatan pribadi yang tepat yang dicari orang. Namun, berbicara dengan setiap pelanggan selama 30 menit memiliki kekurangan: skalabilitas.

Pendekatan digital dan personal tidak bertentangan. Saat ini, solusi digital dapat meniru pendekatan pribadi yang sama dengan cara yang lebih skalabel. Segmentasi basis pelanggan dan personalisasi pengalaman pelanggan dapat dilakukan melalui penggunaan data. Misalnya, pelanggan setia Anda dapat diidentifikasi secara digital dan kemudian, ucapan terima kasih yang dipersonalisasi dapat dikirimkan kepada mereka.

Saat ini, salah satu tantangan terbesar bagi UKM adalah memahami konsumen digital. Tanpa usaha apa pun dari pihak Anda, teknologi tidak bisa menjadi jawaban untuk semua hal. Jika Anda tidak mengerti mengapa orang-orang di media sosial di tempat pertama, lalu mengapa khawatir tentang kehadiran sosial Anda.

Anda perlu memahami siapa pelanggan Anda, mengapa mereka membeli produk Anda dan bagaimana proses itu akan berubah di tahun-tahun mendatang. Penting juga untuk memahami dampak teknologi pada hubungan bisnis dengan pelanggan saat ini dan pelanggan baru di masa mendatang.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Rawpixel

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56