Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Buat Pelanggan Bisnis Merasa 'Nyaman', Produk Anda Unggul dalam Persaingan Pasar

Buat Pelanggan Bisnis Merasa 'Nyaman', Produk Anda Unggul dalam Persaingan Pasar Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pelanggan akan bertahan dalam produk atau layanan Anda ketika Anda memberikan penawaran yang menarik untuk mereka. Bukan hanya itu, ternyata mereka juga mementingkan kemudahan, mereka akan bertahan ketika bisnis itu terasa mudah.

Lalu, bagaimana upaya Anda untuk membuat mereka bertahan dengan menyulap bisnis Anda menjadi mudah untuk mereka? Jika Anda mulai memikirkan cara dan strateginya, fokuskan pada rasa nyaman untuk mereka. Kenyamanan kemungkinan akan membuat mereka berpikir jutaan kali untuk enyah dari bisnis Anda dan beralih ke yang lainnya.

Coba terapkan enam prinsip untuk membuat pelanggan bertahan dan nyaman dengan bisnis Anda, enam prinsip ini merupakan salah satu isi dari buku The Convenience Revolution:

1. Mengurangi gesekan

Gesekan adalah musuh pengalaman pelanggan karena gesekan memperlambat momentum untuk pelanggan membeli barang atau layanan di Anda.

Seperti misalnya dalam industry taksi. Dahulu, Anda harus menelpon perusahaan terlebih dahulu ketika ingin pergi menggunakan taksi. Lalu Anda dipersilakan menunggu sampai taksi menjemput, Anda tidak akan pernah tahu berapa argo yang harus Anda bayarkan ketika turun, karena argo berhenti bergerak ketika Anda sudah sampai di tujuan.

Cara itu terkesan merepotkan dan tidak membuat pelanggan nyaman. Waswas dengan ongkos yang mahal membuat mereka gusar dan menimbulkan gesekan. Saat ini ada layanan Uber, Grabcar, Gocar, dsb yang sudah menentukan ongkos perjalanan di muka. Dengan kenyamanan itu, pelanggan pun mulai meninggalkan taksi dan beralih ke transportasi yang mengurangi gesekan.

2. Layanan mandiri

Pelajaran paling penting dalam swalayan adalah untuk mengingat apa yang nyaman untuk sistem swalayan untuk satu orang belum tentu cocok untuk orang lain. Saat merancang opsi layanan mandiri, Anda perlu mempertimbangkan perbedaan tersebut.

Perusahaan swalayan unggul di sini karena membiarkan pelanggannya memilih kebutuhan apa yang mereka inginkan sendiri. Menerapkan layanan mandiri, dan mereka bertahan dengan kondisi itu.

3. Teknologi

Memanfaatkan teknologi harus mengurangi gesekan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.  Perkembangan pesat teknologi tidak disadari oleh semua manusia. Masih ada di antara mereka yang merasa ketinggalan zaman dan tidak tahu menau tentang kemajuan teknologi.

Banyak dari mereka yang enggan belajar menggunakan teknologi karena merasa sulit duluan dan membutuhkan waktu yang lama untuk paham tata caranya. Ketika bisnis Anda ingin memanfaatkan teknologi, Anda harus memastikan, pelanggan hanya membutuhkan waktu sebentar untuk menggunakan teknologi itu. Sehingga mereka nyaman dan tidak meninggalkan Anda.

4. Berlangganan

Langganan, memungkinkan pelanggan untuk mengirimkan produk setiap bulan tanpa memesan ulang. Kenyamanan ini adalah penghemat waktu yang sangat besar, dengan pelanggan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dikirimkan sebelum mereka benar-benar membutuhkannya. Prinsip ini telah membangun beberapa perusahaan terbesar di dunia dan mengubah industri selamanya.

5. Pengiriman

Saat ini, pelanggan menginginkan semuanya serba praktis dan tidak merepotkan mereka. Dengan jasa layanan pengiriman dari produk bisnis Anda, pasti disambut baik oleh mereka. Mereka tidak perlu keluar rumah dan menyambangi toko ritel yang Anda bangun, hanya dengan menunggu di rumah, barang yang mereka inginkan mampu mendarat dengan sempurna.

6. Akses

Bayangkan betapa lebih mudahnya bagi pelanggan Anda untuk melakukan pembelian jika mereka dapat mengaksesnya 24/7 untuk bekerja dengan jadwal mereka, terutama mereka yang bekerja dengan jam kantor shift-shiftan. Mereka akan lebih memprioritaskan bisnis Anda, karena ketika mereka membutuhkannya, Anda ada.

Coba terapkan setidaknya satu dari keenam prinsip di atas. Pelanggan akan tertarik untuk bertahan di dalam bisnis Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: