Portal Berita Ekonomi Senin, 19 November 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 21:00 WIB. WeChat - WeChat butuh 7 tahun untuk jadi aplikasi super.
  • 20:58 WIB. Huawei - Huawei bikin asisten pintar penantang Amazon dan Google.
  • 20:49 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo resmi cabut izin frekuensi First Media, Bolt, dan Jasnita.
  • 16:25 WIB. Asus - Asus ZenBook Pro 15, laptop 2 layar seharga Rp36 juta.

Strategi Superspring Rebut Pasar GPS dan Tracker 

Foto Berita Strategi Superspring Rebut Pasar GPS dan Tracker 
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Global Positioning System (GPS) sebagai alat navigasi dan tracker atau alat pelacak saat ini semakin populer dan menjadi kebutuhan wajib bagi kendaraan terutama mobil. Dengan alat ini memudahkan pengemudi untuk menunjukkan arah, serta berfungsi sebagai alat pelacak untuk mengetahui keberadaan kendaraan. 

Ada banyak merek GPS dan Tracker di pasaran, salah satunya adalah Superspring, yang merupakan karya anak bangsa atau perusahaan lokal yang berdiri sejak tahun 2008 lalu. Kendati buatan lokal, kualitasnya tidak kalah dengan produk impor. Karena dibuat di dalam negeri, Superspring justru memiliki banyak kelebihan. 

Arianto Furiady Director PT Super Spring mengatakan, perusahaan memberikan layanan purna jual dengan jaringan yang luas. Saat ini perusahaan memiliki 42 kantor cabang di 35 kota di seluruh Indonesia. Perusahaan juga menyediakan layanan call center 24 jam untuk melayani pelanggan. Komunikasi tidak hanya dilakukan melalui sambungan telefon, tapi juga menggunakan email, dan chat melalui aplikasi messenger whatsapp. 

Menurut Arianto, produk Superspring saat ini juga semakin murah, yang tadinya berkisar Rp3-5 juta, saat ini hanya Rp1 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk biaya koneksi data selama 6 bulan sebesar Rp250 ribu, yang dijual secara bundling. Kendati lebih murah, Superspring menjamin kualitas produk tetap sama. 

Denga layanan purna jual dan paket penjualan yang kompetitif, Superspring mengklaim berhasil mencapai 90% target penjualan tahun ini, sebanyak 25 ribu unit. Pencapaian tersebut diraih berkat strategi pemasaran yang dilakukan secara digital. Selain memalui website resmi perusahaan yang juga melayani penjualan online, Superspring juga memanfaatkan media sosial untuk semakin memperkenalkan produknya. 

Superspring juga melakukan pemasaran yang unik dengan mengajak serta pelanggan mereka untuk terlibat dalam program tersebut bernama SS Poin. Dimana program ini mengajak pelanggan untuk mereferensikan SUPERSPRING produk GPS Tracker ke orang atau korporat dan pelanggan tersebut akan mendapatkan poin untuk bisa ditukarkan dengan beragam hadiah yang bisa dipilih sendiri.

"Program ini dari 2014 dan cukup ampuh menambah pelanggan kita. Sudah banyak yang menukarkan poin dan mendapat hadiah beragam dari program ini seperti smartphone hingga mobil,” ungkap Arianto. 

Untuk melanjutkan keberhasilan tersebut, perusahaan juga melakukan inovasi berkelanjutan, salah satunya dengan mengembangkan aplikasi atau software GPS untuk semakin memudahkan penggunaan. Bahkan perusahaan berencana akan terus menekan harga hingga di bawah Rp1 juta. Dengan demikian produk Superspring akan semakin banyak digunakan oleh orang.

Tag: strategi bisnis

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Vicky Fadil

Foto: Antara/Mike Blake

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6012.350 56.614 616
2 Agriculture 1444.624 20.661 20
3 Mining 1863.510 10.282 47
4 Basic Industry and Chemicals 792.445 13.262 71
5 Miscellanous Industry 1418.243 2.734 45
6 Consumer Goods 2347.362 0.220 49
7 Cons., Property & Real Estate 420.337 3.422 72
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1092.429 22.357 71
9 Finance 1137.981 14.830 91
10 Trade & Service 810.548 3.800 150
No Code Prev Close Change %
1 POLA 135 228 93 68.89
2 SOSS 1,560 1,950 390 25.00
3 SURE 2,350 2,930 580 24.68
4 RUIS 230 282 52 22.61
5 ARTO 158 190 32 20.25
6 TRUK 126 151 25 19.84
7 NUSA 254 294 40 15.75
8 ISSP 79 91 12 15.19
9 APEX 1,520 1,720 200 13.16
10 HOME 107 118 11 10.28
No Code Prev Close Change %
1 YULE 190 131 -59 -31.05
2 YPAS 690 525 -165 -23.91
3 AKPI 900 780 -120 -13.33
4 SQMI 248 216 -32 -12.90
5 RELI 280 246 -34 -12.14
6 TAMU 2,700 2,400 -300 -11.11
7 TIRA 154 138 -16 -10.39
8 UNIT 282 254 -28 -9.93
9 IDPR 775 700 -75 -9.68
10 HDTX 197 178 -19 -9.64
No Code Prev Close Change %
1 ESTI 108 99 -9 -8.33
2 BBRI 3,410 3,490 80 2.35
3 TLKM 3,910 4,050 140 3.58
4 BBCA 24,175 24,825 650 2.69
5 HMSP 3,480 3,420 -60 -1.72
6 WSKT 1,500 1,530 30 2.00
7 SMGR 10,300 11,000 700 6.80
8 KPAS 585 540 -45 -7.69
9 ERAA 1,725 1,840 115 6.67
10 BBTN 2,300 2,400 100 4.35