Portal Berita Ekonomi Minggu, 21 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 05:09 WIB. Bilateral - China puji hubungan diplomatik 35 tahun dengan Uni Emirat Arab sebagai hubungan terbaik 
  • 04:53 WIB. Ekspansi - Top Glove asal Malaysia akan buka pabrik pertama di Vietnam tahun depan
  • 04:48 WIB. Bir - Rencana Asahi beli Anheuser-Busch InBev akan perkuat pasar bir premium
  • 23:09 WIB. Oil - Brent crude futures settled 54 cents higher at $62.47 a barrel. 
  • 23:09 WIB. Oil - West Texas Intermediate crude futures rose 33 cents to end the session at $55.63 a barrel.
  • 22:04 WIB. Pesawat - Australia dan Selandia Baru meng-gronded Gippsland GA8 Airvan setelah kecelakaan di Swedia.
  • 21:11 WIB. China - China akan membuka sektor finansial untuk menarik investasi asing.
  • 20:17 WIB. Ontario - Ford akan mem-PHK 200 tenaga kerja di pabrik Kanada.
  • 19:25 WIB. Penerbangan - China Southern Airlines diinjeksi modal US$4 miliar.
  • 18:34 WIB. Mandiri - Layanan Bank Mandiri kembali normal.
  • 18:15 WIB. Olimpiade - Beijing sudah sediakan 5G di tempat-tempat untuk Olimpiade Musim Dingin 2022
  • 18:11 WIB. 5G - Beijing telah bangun 5.285 BTS 5G sampai Juni
  • 17:21 WIB.  Indonesia Open - Marcus/Kevin akan menghadapi Ahsan/Hendra di final.
  • 16:49 WIB. Golkar - Luhut ingin Airlangga dan Bamsoet tetap jaga soliditas.
  • 15:41 WIB. China - Toyota Motors bekerjasama dengan BYD akan produksi mobil listrik di China

Tips Berbisnis dari UKM Lokal di InstaMarket 2018

Tips Berbisnis dari UKM Lokal di InstaMarket 2018 - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Para pelaku usaha instagramable yang ditampilkan di InstaMarket yang berlokasi di GBK Go-Food Festival, memiliki masing-masing tips untuk menunjang bisnisnya melalui instagram. Ada 10 brand instagramable yang dipilih Instagram untuk berbagi cerita sukses dalam menjalankan bisnis dengan instagram. Berikut adalah tips dari 10 brand yang telah memiliki puluhan ribu follower di instagram.

1. Fashion Luna Habit (@lunahabit)

Luna Habit merupakan brand fashion yang lahir atas ide dan kreativitas dari aktris Indonesia ternama, Luna Maya. Menghadirkan opsi bagi fashion wanita, Luna Habit menawarkan perpaduan yang menarik antara produk yang trendi dan berkualitas baik, serta menampilkan gaya busana yang modern, chic. sederhana, namum tetap edgy.

Tips berbisnis: Lima tips dari Luna Habit dalam melakukan pemasaran di Instagram adalah, ketahui target pelanggan Anda, berkolaborasi dengan kreator lainnya, maksimalkan fitur Highlights, aktif memberikan update terbaru, serta repost.

2. Men’s Republic (@mensrepublicid)

Men's Republic hadir sebagai sebuah solusi brand fashion pria berkualitas tinggi dengan harga terjangkau bagi anak muda. Sejak didirikan pada tahun 2013 oleh Yasa Singgih, Men's Republic telah berhasil menjangkau pelanggan dari Sabang-Merauke, hingga mancanegara seperti Jepang, Korea, India, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tips berbisnis: Ciptakan engagement melalui konten yang kreatif dan berinteraksi layaknya sahabat dengan followers, serta memanfaatkan fitur-fitur bisnis Instagram dengan maksimal, seperti Instagram Ads.

3. Jumma Kids (@jummakids)

Didirikan pada Januari 2014 oleh Winny Caprina dan Tjuk Guritno, Jumma Kids hadir sebagai sebuah brand clothing line lokal asal Bandung yang mengutamakan kualitas dan kenyamanan si kecil dalam berpakaian. Melalui Instagram, Jumma Kids menampilkan secara visual karakter mode anak kecil yang atraktif, kreatif, eksploratif. Selain itu, Jumma Kids pun juga menampilkan konten berupa tips-tips serta konten yang mengedukasi orang tua terhadap buah hatinya.

Tips berbisnis: Temukan identitas dari brand yang Anda bangun dengan cara membuat konten yang menarik dan beragam. Jangan lupa untuk ciptakan rasa percaya dari pelanggan Anda.

4. Lemari Lila (@lemarilila)

Lemari Lila merupakan brand fashion asal Yogyakarta yang menampilkan kombinasi antara kesan minimalis dan pola tradisional sebagai ciri khas dan identitas dari brand-nya. Sebagian besar desain Lemari Lila menggunakan kain khas tradisional Indonesia, seperti batik cap dan tenun. Lila Imeldasari, sebagai pendiri Lemari Lila, memiliki visi untuk membuat kain tradisional Indonesia dapat cocok dengan konsep busana kasual untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hingga saat ini, beberapa artis ternama pun merupakan pelanggan setia Lemari Lila, seperti Dian Sastrowardoyo dan Adinia Wirasti.

Tips berbisnis: Membangun komunikasi dua arah dengan konsumen, salah satunya dengan merespon comment dan Direct Message, mem-posting ulang unggahan konsumen, serta menampilkan kegiatan konsumen di butik (untuk dimasukkan di dalam Stories).

5. BY/DJO(@by__djo)

BY/DJO didirikan pada Mei 2018 oleh salah satu fashion influencer Indonesia, Celine Djohan, yang ‘mgin memperkenalkan koleksi perhiasan yang unik dengan garis desain yang klasik dan timeless. Terinspirasi dari berbagai tempat yang dikunjunginya, setiap koleksi yang diluncurkan oleh BY/DJO dikurasi dengan cermat berdasarkan negara dan tempat yang pernah dikunjungi oleh Celine. Celine pun juga mencurahkan emotion serta mood yang berbeda dalam setiap koleksi yang diluncurkan.

Tips berbisnis: Konsisten, up-to-date, dan tunjukkan identitas brand Anda melalui Instagram.

6. CALLA the Label (@callathelabel)

Didirikan pada bulan April 2017, Yeri Afriani terinspirasi untuk mendirikan CALLA the Label karena ingin menciptakan sebuah brand kasual dengan permainan motif yang cerah dan mencuri perhatian. Salah satu karakteristik unik CALLLA the Label adalah penggunaan organic fabric dengan harga terjangkau tanpa mengorbankan kualitas.

Tips berbisnis: Ko/aborasi dengan content creator dan maksimalkan promosi konten Anda dengan fitur Instagram Ads untuk menjangkau audiens yang lebih besar

7. Beauty Nood Cosmetics (@nood.cosmetics)

Nood Cosmetics digawangi oleh aktris Indonesia Yasmine Wildblood bersama lima temannya. Diperkenalkan sejak Juni 2016, Nood Cosmetics menawarkan serangkaian produk lipstick vegan, cruelty-free, non-paraben, serta halal. Nood Cosmetics memiliki misi untuk menghadirkan make-up dan produk-produk kecantikan berkualitas tinggi bagi perempuan Indonesia.

Tips berbisnis: Gunakan lnstagram Business Tools dengan cermat dan cerdas, dengan selalu menganalisa insight untuk membuat konten yang sesuai dengan karakteristik audiens.

8. The Bath Box (@thebathbox)

Bermula dari bisnis rumahan yang berdiri pada September 2013, Angelinda Fransisca dan Daniel Tan pun mendirikan The Bath Box untuk menghadirkan sabun mandi yang 100% bebas detergen, serta zat yang kerap menimbulkan reaksi alergi di kulit. Di bulan Januari 2018, The Bath Box pun akhirnya memiliki legalitas dari BPOM, serta pabrik yang tersertifikasi.

Tips berbisnis: Komitmen untuk selalu merespon setiap komen dan Direct Message.

9. Home & Living Kandura Studio (@kandurastudio)

Kandura Studio berdiri pada tahun 2005 sebagai hasil pemikiran em pat sekawan, Fauzy Prasetya, Tisa, Ghia; dan Nuri yang bergabung di tahun 2010. Bermula dari studio tembikar, Kandura Studio kini bertransformasi menjadi sebuah wadah untuk membuat berbagai macam produk, seperti koleksi peralatan makan, hingga replika dinding ubin untuk museum.

Tips berbisnis: Tonjolkan kelebihan dan keunikan cerita brand Anda dalam setiap posting-an yang Anda tampilkan.

10. Tigah Home (@gigahhome)

Sukses berbisnis dan membangun profil dari La Douche Vita di Instagram, di tahun 2013, Asti Surya kemudian meluncurkan brand keduanya, Tigah Home dengan menampiIkan ciri khas unik ornamen tassel untuk desain sepatu, tas dan cushion yang terinspirasi dari keunikan tekstil etnik dari berbagai macam budaya di dunia, dan sepenuhnya diperkenalkan melalui Instagram.

Tips berbisnis: Gunakan visual yang akan merepresentasikan brand Anda, untuk membuat audiens Iebih cepat familiar saat melihat konten Anda.

Tag: Entrepreneur, Instagram

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Kumairoh

Foto: Ning Rahayu

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,728.00 3,690.58
British Pound GBP 1.00 17,543.07 17,366.04
China Yuan CNY 1.00 2,037.30 2,016.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,983.00 13,843.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,884.58 9,784.23
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,789.94 1,771.79
Dolar Singapura SGD 1.00 10,307.39 10,202.68
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,750.45 15,588.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,403.02 3,366.49
Yen Jepang JPY 100.00 13,003.81 12,872.42

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67