Portal Berita Ekonomi Jum'at, 18 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:21 WIB. Blackmarket - Kemenkominfo-Kemenperin sinkronisasi regulasi blokir HP ilegal.
  • 23:19 WIB. Grab - Grab gandeng perusahaan asal Tiongkok, ZhongAn tawarkan asuransi di aplikasinya.
  • 23:19 WIB. Palapa Ring - Menkominfo dan Menkeu uji coba Palapa Ring Tengah Sulawesi pada Jumat (18/1/2019).
  • 23:13 WIB. VW - Volkswagen bentuk aliansi dengan Ford.
  • 23:12 WIB. Ponsel - Penjualan ponsel di Indonesia diperkirakaan melambat.
  • 23:07 WIB. Bolt - 30 ribu pengguna Bolt migrasi ke Smartfren.
  • 23:05 WIB. Tiket.com - Tiket.com targetkan kenaikan 3,5 kali lipat tahun ini.
  • 23:05 WIB. Smartfren - Smartfren punya paket internet baru, klaim tarifnya termurah di dunia.
  • 21:52 WIB. Innovaccer - Lengan investasi Microsoft, M12 kucurkan Rp156 miliar ke startup Innovaccer.
  • 20:07 WIB. LG - LG G8 ThinQ bakal punya dua layar dan touchless.
  • 20:07 WIB. Asus - Asus rilis ZenBook baru, disebut lebih kecil dari MacBook Air.
  • 20:06 WIB. IMEI - Asosiasi ponsel desak pemerintah segera terapkan regulasi IMEI.
  • 20:05 WIB. Huawei - Smartphone murah Huawei Y7 Pro 2019 masuk pasar Indonesia.

Tips Berbisnis dari UKM Lokal di InstaMarket 2018

Foto Berita Tips Berbisnis dari UKM Lokal di InstaMarket 2018
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Para pelaku usaha instagramable yang ditampilkan di InstaMarket yang berlokasi di GBK Go-Food Festival, memiliki masing-masing tips untuk menunjang bisnisnya melalui instagram. Ada 10 brand instagramable yang dipilih Instagram untuk berbagi cerita sukses dalam menjalankan bisnis dengan instagram. Berikut adalah tips dari 10 brand yang telah memiliki puluhan ribu follower di instagram.

1. Fashion Luna Habit (@lunahabit)

Luna Habit merupakan brand fashion yang lahir atas ide dan kreativitas dari aktris Indonesia ternama, Luna Maya. Menghadirkan opsi bagi fashion wanita, Luna Habit menawarkan perpaduan yang menarik antara produk yang trendi dan berkualitas baik, serta menampilkan gaya busana yang modern, chic. sederhana, namum tetap edgy.

Tips berbisnis: Lima tips dari Luna Habit dalam melakukan pemasaran di Instagram adalah, ketahui target pelanggan Anda, berkolaborasi dengan kreator lainnya, maksimalkan fitur Highlights, aktif memberikan update terbaru, serta repost.

2. Men’s Republic (@mensrepublicid)

Men's Republic hadir sebagai sebuah solusi brand fashion pria berkualitas tinggi dengan harga terjangkau bagi anak muda. Sejak didirikan pada tahun 2013 oleh Yasa Singgih, Men's Republic telah berhasil menjangkau pelanggan dari Sabang-Merauke, hingga mancanegara seperti Jepang, Korea, India, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tips berbisnis: Ciptakan engagement melalui konten yang kreatif dan berinteraksi layaknya sahabat dengan followers, serta memanfaatkan fitur-fitur bisnis Instagram dengan maksimal, seperti Instagram Ads.

3. Jumma Kids (@jummakids)

Didirikan pada Januari 2014 oleh Winny Caprina dan Tjuk Guritno, Jumma Kids hadir sebagai sebuah brand clothing line lokal asal Bandung yang mengutamakan kualitas dan kenyamanan si kecil dalam berpakaian. Melalui Instagram, Jumma Kids menampilkan secara visual karakter mode anak kecil yang atraktif, kreatif, eksploratif. Selain itu, Jumma Kids pun juga menampilkan konten berupa tips-tips serta konten yang mengedukasi orang tua terhadap buah hatinya.

Tips berbisnis: Temukan identitas dari brand yang Anda bangun dengan cara membuat konten yang menarik dan beragam. Jangan lupa untuk ciptakan rasa percaya dari pelanggan Anda.

4. Lemari Lila (@lemarilila)

Lemari Lila merupakan brand fashion asal Yogyakarta yang menampilkan kombinasi antara kesan minimalis dan pola tradisional sebagai ciri khas dan identitas dari brand-nya. Sebagian besar desain Lemari Lila menggunakan kain khas tradisional Indonesia, seperti batik cap dan tenun. Lila Imeldasari, sebagai pendiri Lemari Lila, memiliki visi untuk membuat kain tradisional Indonesia dapat cocok dengan konsep busana kasual untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hingga saat ini, beberapa artis ternama pun merupakan pelanggan setia Lemari Lila, seperti Dian Sastrowardoyo dan Adinia Wirasti.

Tips berbisnis: Membangun komunikasi dua arah dengan konsumen, salah satunya dengan merespon comment dan Direct Message, mem-posting ulang unggahan konsumen, serta menampilkan kegiatan konsumen di butik (untuk dimasukkan di dalam Stories).

5. BY/DJO(@by__djo)

BY/DJO didirikan pada Mei 2018 oleh salah satu fashion influencer Indonesia, Celine Djohan, yang ‘mgin memperkenalkan koleksi perhiasan yang unik dengan garis desain yang klasik dan timeless. Terinspirasi dari berbagai tempat yang dikunjunginya, setiap koleksi yang diluncurkan oleh BY/DJO dikurasi dengan cermat berdasarkan negara dan tempat yang pernah dikunjungi oleh Celine. Celine pun juga mencurahkan emotion serta mood yang berbeda dalam setiap koleksi yang diluncurkan.

Tips berbisnis: Konsisten, up-to-date, dan tunjukkan identitas brand Anda melalui Instagram.

6. CALLA the Label (@callathelabel)

Didirikan pada bulan April 2017, Yeri Afriani terinspirasi untuk mendirikan CALLA the Label karena ingin menciptakan sebuah brand kasual dengan permainan motif yang cerah dan mencuri perhatian. Salah satu karakteristik unik CALLLA the Label adalah penggunaan organic fabric dengan harga terjangkau tanpa mengorbankan kualitas.

Tips berbisnis: Ko/aborasi dengan content creator dan maksimalkan promosi konten Anda dengan fitur Instagram Ads untuk menjangkau audiens yang lebih besar

7. Beauty Nood Cosmetics (@nood.cosmetics)

Nood Cosmetics digawangi oleh aktris Indonesia Yasmine Wildblood bersama lima temannya. Diperkenalkan sejak Juni 2016, Nood Cosmetics menawarkan serangkaian produk lipstick vegan, cruelty-free, non-paraben, serta halal. Nood Cosmetics memiliki misi untuk menghadirkan make-up dan produk-produk kecantikan berkualitas tinggi bagi perempuan Indonesia.

Tips berbisnis: Gunakan lnstagram Business Tools dengan cermat dan cerdas, dengan selalu menganalisa insight untuk membuat konten yang sesuai dengan karakteristik audiens.

8. The Bath Box (@thebathbox)

Bermula dari bisnis rumahan yang berdiri pada September 2013, Angelinda Fransisca dan Daniel Tan pun mendirikan The Bath Box untuk menghadirkan sabun mandi yang 100% bebas detergen, serta zat yang kerap menimbulkan reaksi alergi di kulit. Di bulan Januari 2018, The Bath Box pun akhirnya memiliki legalitas dari BPOM, serta pabrik yang tersertifikasi.

Tips berbisnis: Komitmen untuk selalu merespon setiap komen dan Direct Message.

9. Home & Living Kandura Studio (@kandurastudio)

Kandura Studio berdiri pada tahun 2005 sebagai hasil pemikiran em pat sekawan, Fauzy Prasetya, Tisa, Ghia; dan Nuri yang bergabung di tahun 2010. Bermula dari studio tembikar, Kandura Studio kini bertransformasi menjadi sebuah wadah untuk membuat berbagai macam produk, seperti koleksi peralatan makan, hingga replika dinding ubin untuk museum.

Tips berbisnis: Tonjolkan kelebihan dan keunikan cerita brand Anda dalam setiap posting-an yang Anda tampilkan.

10. Tigah Home (@gigahhome)

Sukses berbisnis dan membangun profil dari La Douche Vita di Instagram, di tahun 2013, Asti Surya kemudian meluncurkan brand keduanya, Tigah Home dengan menampiIkan ciri khas unik ornamen tassel untuk desain sepatu, tas dan cushion yang terinspirasi dari keunikan tekstil etnik dari berbagai macam budaya di dunia, dan sepenuhnya diperkenalkan melalui Instagram.

Tips berbisnis: Gunakan visual yang akan merepresentasikan brand Anda, untuk membuat audiens Iebih cepat familiar saat melihat konten Anda.

Tag: Entrepreneur, Instagram

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Kumairoh

Foto: Ning Rahayu

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6423.780 10.420 625
2 Agriculture 1585.056 4.391 21
3 Mining 1869.559 5.276 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.324 6.713 71
5 Miscellanous Industry 1416.122 3.773 46
6 Consumer Goods 2620.437 -2.533 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.732 -7.343 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1142.331 -2.336 71
9 Finance 1224.233 5.952 91
10 Trade & Service 792.311 2.820 153
No Code Prev Close Change %
1 PSDN 200 270 70 35.00
2 HOME 108 145 37 34.26
3 AGRS 374 466 92 24.60
4 SQMI 246 306 60 24.39
5 CANI 210 254 44 20.95
6 ASBI 252 300 48 19.05
7 PADI 780 920 140 17.95
8 TIRT 66 75 9 13.64
9 TNCA 183 206 23 12.57
10 CNTX 478 535 57 11.92
No Code Prev Close Change %
1 ABDA 4,480 3,360 -1,120 -25.00
2 NOBU 1,000 840 -160 -16.00
3 INCF 350 296 -54 -15.43
4 TIRA 312 270 -42 -13.46
5 BGTG 110 97 -13 -11.82
6 GLOB 545 482 -63 -11.56
7 VICO 119 107 -12 -10.08
8 SAFE 208 190 -18 -8.65
9 NIPS 398 364 -34 -8.54
10 APEX 1,295 1,190 -105 -8.11
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 348 342 -6 -1.72
2 VICO 119 107 -12 -10.08
3 INDY 1,935 2,090 155 8.01
4 UNTR 26,050 26,850 800 3.07
5 KPAS 224 210 -14 -6.25
6 ERAA 2,450 2,310 -140 -5.71
7 BBRI 3,780 3,810 30 0.79
8 ADRO 1,460 1,460 0 0.00
9 TLKM 3,990 3,990 0 0.00
10 BUMI 159 164 5 3.14