Portal Berita Ekonomi Senin, 18 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 13:59 WIB. Apple - Apple persiapkan jajaran produk baru untuk 2019.
  • 12:43 WIB. Twitter - Ada 1,5 juta tweet seputar Debat Pilpres 2019 semalam.
  • 12:00 WIB. IHSG - Jeda siang, IHSG ditutup hijau 1,20% ke level 6.466,04.
  • 11:53 WIB. Suspensi - BEI suspensi saham lima emiten publik karena belum lunasi pokok dan denda ALF 2019. 
  • 11:27 WIB. Australia - Australia siap buka gerbang ekspor otomotif dari Indonesia.

Pahami, Begini Buat Bisnis Kecil Anda Agar Tampak Lebih Besar

Foto Berita Pahami, Begini Buat Bisnis Kecil Anda Agar Tampak Lebih Besar
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa memiliki bisnis kecil Anda sendiri adalah pengalaman yang menantang dan bermanfaat. Kadang-kadang, Anda bisa merasakan seperti butiran kecil pasir di pantai besar, terutama ketika Anda mempelajari kebiasaan pesaing bisnis Anda yang lebih besar.

Sebagian besar pemilik usaha kecil pada satu waktu atau lain berharap mereka dapat memiliki perusahaan yang mengubah kepala dan menciptakan kehebohan besar. Ini bisa sangat umum untuk bisnis kecil untuk memiliki rasa rendah diri, dan ini biasanya berasal dari bagaimana Anda memandang diri Anda di pasar.

Anda mungkin berpikir Anda tidak cukup besar untuk bersaing, Anda tidak memiliki pengalaman dari perusahaan besar, atau Anda tidak memiliki sumber daya seperti mereka. Ironisnya adalah ini bisa menjadi rasa rendah diri yang salah yang dapat menghalangi Anda dari potensi bisnis sejati Anda.

Saatnya untuk membalikkan keadaan dan berhenti menjaga bisnis Anda dalam bayang-bayang hanya karena cara Anda melihatnya.

Pertama, cara cerdas untuk membalikkan persepsi kurangnya ukuran adalah dengan berpura-pura bahwa bisnis Anda lebih besar. Itu tidak selalu bohong. Ketika pelanggan pertama kali melakukan kontak dengan bisnis Anda, mereka biasanya menganggap itu terdiri dari lebih dari sekadar Anda.

Kenapa Anda harus mengubah asumsi itu? Jika Anda memang perlu menunjukkan bisnis Anda sebagai lebih besar, Anda selalu dapat membawa staf jangka pendek yang dapat membantu Anda dengan persepsi bisnis besar itu.

Tapi siapa bilang menjadi kecil adalah hal yang buruk? Kedua, Anda bisa mengambil sudut lain dan menggunakan ukuran Anda sebagai aset. Tawarkan pelanggan Anda pengalaman yang lebih menyenangkan ketika mereka berurusan dengan bisnis Anda.

Banyak pelanggan lebih memilih proses satu-satu di mana mereka tidak merasa seperti mereka hanyalah “sapi-uang tunai” untuk sebuah perusahaan tak berwajah. Anda dapat menggunakan ukuran Anda sebagai keuntungan Anda dengan membuat bisnis Anda lebih mudah diakses.

Hal yang sama berlaku untuk menciptakan persepsi pengalaman. Jika Anda adalah bisnis baru, Anda mungkin khawatir bahwa basis pelanggan tidak akan mempercayai Anda karena waktu Anda yang singkat di pasar.

Setiap bisnis baru telah lahir dari sesuatu di masa lalu. Manfaatkan pengalaman yang relevan yang Anda dan staf Anda miliki sebelum bergabung dengan bisnis Anda. Anda akan terkejut bagaimana puncak pengalaman bersama dalam organisasi kecil Anda dapat membuat bisnis Anda terlihat lebih berpengalaman daripada yang Anda rasakan.

Dalam hal sumber daya, ia datang untuk dapat meyakinkan basis pelanggan Anda bahwa Anda mampu melakukan apa saja. Jika seorang pelanggan membutuhkan sejumlah besar produk dalam skala yang belum pernah Anda hasilkan sebelumnya, Anda harus membuatnya merasa nyaman dengan keyakinan dan keyakinan diri bahwa Anda dapat menyelesaikannya. Ini mungkin menantang jika Anda meragukan kemampuan Anda untuk mencapai tujuan itu, tetapi Anda memulai bisnis dengan tujuan agar bisnis ini tumbuh, jadi ketika peluang untuk meregangkan diri dan tim Anda tiba, biasanya layak untuk mengambilnya.

Begitu banyak bisnis adalah tentang persepsi, dan semakin cepat Anda mulai melihat bisnis Anda dalam cahaya terbaik, semakin cepat Anda dapat bersaing dengan anak-anak besar.

Tag: Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,780.63 3,741.87
British Pound GBP 1.00 18,315.27 18,130.41
China Yuan CNY 1.00 2,095.36 2,074.37
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,177.00 14,035.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,143.64 10,040.64
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,806.54 1,788.42
Dolar Singapura SGD 1.00 10,463.50 10,352.59
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,046.95 15,884.81
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,479.02 3,440.79
Yen Jepang JPY 100.00 12,826.38 12,696.76

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6389.085 -30.933 627
2 Agriculture 1592.350 -13.090 21
3 Mining 1834.293 -25.732 47
4 Basic Industry and Chemicals 878.558 -9.993 71
5 Miscellanous Industry 1329.578 -2.798 46
6 Consumer Goods 2604.636 -24.378 51
7 Cons., Property & Real Estate 450.557 -6.160 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1185.805 7.307 71
9 Finance 1216.771 -0.391 91
10 Trade & Service 811.391 -5.665 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,300 1,625 325 25.00
2 PEHA 2,110 2,630 520 24.64
3 SIMA 330 400 70 21.21
4 LMAS 58 69 11 18.97
5 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
6 LUCK 585 660 75 12.82
7 CASS 640 720 80 12.50
8 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
9 BHIT 84 94 10 11.90
10 DWGL 101 113 12 11.88
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 81 54 -27 -33.33
2 HDFA 165 130 -35 -21.21
3 KONI 498 398 -100 -20.08
4 BALI 1,060 860 -200 -18.87
5 PUDP 410 338 -72 -17.56
6 CANI 218 180 -38 -17.43
7 KBLV 585 484 -101 -17.26
8 GLOB 448 372 -76 -16.96
9 JIHD 585 490 -95 -16.24
10 NATO 585 505 -80 -13.68
No Code Prev Close Change %
1 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
2 BMTR 398 420 22 5.53
3 BHIT 84 94 10 11.90
4 WSKT 1,865 1,765 -100 -5.36
5 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
6 ERAA 1,950 1,955 5 0.26
7 MNCN 855 910 55 6.43
8 TLKM 3,740 3,790 50 1.34
9 ANTM 1,000 950 -50 -5.00
10 BUMI 153 151 -2 -1.31