Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dampak Instagram terhadap UKM di Indonesia

Dampak Instagram terhadap UKM di Indonesia Kredit Foto: Instagram
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai media sosial yang paling banyak digunakan oleh para pelaku usaha, Instagram mengklaim dirinya memiliki dampak besar bagi usaha di Indonesia. Berikut ini dampak Instagram pada usaha di Indonesia versi Instagram. 

1. Metodologi

Dalam sebuah studi yang ditugasi oleh lnstagram, Ipsos melakukan wawancara daring atau online terhadap sampel kuota yang representatif (ditetapkan berdasarkan usia dan jenis kelamin) dan terdiri atas 3.012 pengguna Instagram (Instagrammer) berusia 13 tahun ke atas di Indonesia, serta 502 pengguna prom bisnis Instagram dari Usaha Kecil dan Menengah atau UKM (kurang dari 250 karyawan). 

Untuk sampel UKM, Ipsos mewawancarai 102 pemilik atau pendirinya. Sampel UKM sepenuhnya atau bersama-sama bertanggung jawab untuk kegiatan pengiklanan, pemasaran, humas, atau komunikasi perusahaan dan menggunakan lnstagram atas nama perusahaan mereka. Wawancara dilakukan secara daring mulai 21 Agustus hingga 6 September 2018. 

2. Munculnya tren bisnis yang memprioritaskan Instagram 

Secara global, Instagram berperan besar membawa konsumen lebih dekat dengan hal-hal yang mereka cintai, termasuk berbagai UKM yang sesuai dengan minat mereka. Kini, Instagram dikenal sebagai salah satu medium bisnis yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

lnstagram memberi UKM kesempatan yang lebih besar untuk meraih sukses dengan meningkatkan jangkauan konsumen, baik di kota mereka, kota lain di Indonesia, bahkan ke luar negeri. Fitur-fitur yang disediakan Instagram dirancang untuk membuat interaksi pebisnis dan konsumen lebih mudah, nyaman,dan menarik, sehingga hubungan antara bisnis dan konsumen menjadi lebih bermakna. 

3.Sebagai wadah perkembangan UKM

52% UKM Indonesia yang disurvei, lebih memilih untuk mengarahkan pelanggan ke profil bisnis mereka di Instagram. 49% setuju bahwa Instagram lebih penting daripada situs web. Kemudian, 43% menempatkan Instagram sebagai platform terpenting untuk kelanjutan kesuksesan berbisnis.

Sementara 66% setuju bahwa Instagram membantu mencari pelanggan di kota dan negara lain, dan 62% pemilik atau pendiri menemukan inspirasi dari usaha lain di Instagram. Terakhir, 82% sangat setuju bahwa Instagram membantu para pengusaha muda mencapai target.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: