Nuffic Neso Boyong 27 Universitas Belanda ke Jakarta

Nuffic Neso Boyong 27 Universitas Belanda ke Jakarta Kredit Foto: Nuffic Neso

Setelah menggelar Dutch Placement Day (DPD) di Surabaya (6/11), Nuffic Neso Indonesia memboyong 27 universitas riset maupun universitas ilmu terapan Belanda bertemu dengan masyarakat Jakarta yang tertarik untuk studi di negeri tulip itu pada jenjang sarjana, magister, doktor, maupun nongelar seperti kursus singkat.

Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl mengatakan, melalui pameran pendidikan tinggi Belanda ini, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran para pelajar untuk membekali diri dengan pengetahuan dan kemampuan untuk bisa bersaing di era globalisasi.

"DPD menjadi one stop information centre, di mana pengunjung dapat berkonsultasi one on one, mengikuti presentasi universitas maupun lembaga pengelola beasiswa, seminar menulis motivation statement, hingga mengikuti IELTS Try Out," kata dia melalui pernyataan tertulisnya, Jumat (9/11/2018).

Jumlah pendaftar pameran yang kali ini didukung dan difasilitasi oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini tercatat mencapai 1.500 orang, yang terdiri dari pelajar lulusan SMA, mahasiswa perguruan tinggi, karyawan, orangtua murid, maupun praktisi akademis.

"Dengan menghadiri acara ini, pengunjung mendapatkan informasi langsung dari universitas Belanda tentang program studi yang ditawarkan, biaya-biaya selama kuliah, cara pendaftaran, dan persiapan yang perlu dilakukan untuk mendaftar ke universitas," imbuh Peter.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, DPD 2018 dilengkapi dengan PhD Recruitment yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Academic Transfer. Sesi PhD Recruitment memberikan kesempatan bagi para peneliti yang tertarik mengambil gelar PhD di Belanda untuk bertatap muka dan berdiskusi langsung dengan para profesor yang bisa menjadi pembimbing penelitian.

"Kesempatan ini diharapkan dapat memfasilitasi kandidat PhD untuk memperoleh Letter of Admission (LoA) dari pihak universitas Belanda yang akan membantu proses aplikasi beasiswa. 15 profesor dari berbagai disiplin ilmu hadir di DPD Jakarta," kata Peter.

DPD 2018 juga didukung oleh KLM dan Erasmus Training Centre dalam penyelenggaraan DPD 2018 Instagram Competition. Peserta kompetisi akan memperebutkan satu tiket pp Jakarta-Amsterdam dari KLM Royal Dutch Airlines bagi pemenang pertama, serta satu paket kursus gratis bahasa Belanda dari Erasmus Training Centre untuk masing-masing pemenang kedua dan ketiga. Adapun syarat dan ketentuan kompetisi ini bisa diakses di www.nesoindonesia.or.id/dpdigcomp.

"Kami pun mengundang alumni Belanda untuk memberikan seminar mengenai kiat sukses menuliskan surat motivasi, serta bekerja sama dengan Kaplan Edupac untuk menyelanggarakan IELTS Try out. Karena minimal nilai IELTS yang diminta universitas Belanda adalah 6, namun banyak universitas juga yang meminta nilai minimal 6,5 untuk program sarjana dan magister, bahkan minimal 7 untuk doktoral," tukas Peter.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini