Portal Berita Ekonomi Selasa, 19 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 22:35 WIB. Pelindo II - Pelindo II menyiapkan belanja modal sebesar Rp 11 triliun tahun ini.
  • 22:34 WIB. Pelindo II - Pelindo II mengincar alih muatan peti kemas 1,8 juta TEUs di Pelabuhan Tanjung Priok.
  • 22:33 WIB. Smart City - Pemkot Malang melirik Bank BNI dan Telkom untuk mengembangkan Smart City.
  • 20:33 WIB. Pelindo I - Menteri Rini menargetkan tahun ini Pelindo I dapat mencapai laba bersih di atas Rp1 triliun.
  • 20:20 WIB. AP I - AP I bekerja sama dengan WWF dalam program pelestarian lingkungan di 13 bandara.
  • 20:19 WIB. BNI - Sampai dengan Februari, TapCash BNI telah menjual 4,88 juta keping kartu.
  • 20:07 WIB. BNI - BNI menargetkan penyaluran KPR milik perseroan sebesar Rp13,7 triliun pada 2019.
  • 20:05 WIB. BNI - Pada 2019, BNI bakal menggencarkan strategi pemasaran pada payroll BNI.
  • 19:59 WIB. Pelindo II - Pelindo II mencatat laba bersih Rp 2,43 triliun pada 2018.
  • 19:59 WIB. Pelindo II - Pelindo II mencatatkan throughput peti kemas sebesar 7,64 juta TEUs.
  • 19:58 WIB. Pelindo II - Pelindo II ingin menciptakan sebuah sistem pelayanan terintegrasi melalui digitalisasi.
  • 19:46 WIB. PLN - KESDM dan PLN optimistis megaproyek 35.000 MW rampung antara tahun 2023 atau 2024.
  • 19:43 WIB. Pelindo II - Pelindo II mendukung deklarasi iPengemudi Truk Pelopor Keselamatan.
  • 19:40 WIB. Mandiri - Mandiri dan MTF bersinergi meluncurkan program Mandiri Kredit Motor.
  • 15:43 WIB. Beras - Sleman optimistis 2019 mampu surplus produksi beras.

Ternyata Ini 5 Alasan Millenial Gemar Belanja Online, Enggak Heran Deh!

Ternyata Ini 5 Alasan Millenial Gemar Belanja Online, Enggak Heran Deh! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Bukan hal yang baru lagi di mata masyarakat menyaksikan maraknya belanja online di Indonesia. Utamanya di kalangan millenial. Berburu barang kebutuhan secara online rasanya sudah menjadi fenomena yang biasa.

Dengan didukungnya pertumbuhan e-commerce yang pesat, berbelanja online saat ini menjadi begitu mudah sehingga diminati.

Seperti hasil riset dari Markplus.Inc, terhadap 1.200 responden, ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat millenial begitu mencintai kegiatan berbelanja online. Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Irfan Setiawan, mengatakan, responden dari risetnya ini dilakukan pada millenial dengan rentang usia 19 hingga 35 tahun, dan berasal dari kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar.

Berikut ulasannya, kenapa millenial gemar belanja online:

1. Banyak Promo

Siapa yang tidak tergiur dengan 'promo'? Para pelaku e-commerce di Indonesia senang sekali mengadakan promo untuk mereka yang gemar berbelanja online, dan ini berhasil menarik minat millenial sehingga banyaknya promo dijadikan salah satu alasan kenapa mereka senang belanja online.

Promosi seperti flash sale, gratis ongkir (ongkos kirim), buy one get one, sampai penukaran poin atau reward dengan hadiah atau mendapat potongan harga.

2. Harga Murah

Alasan lainnya yang membuat millenial gemar belanja online adalah harga barang yang dijual di online lebih murah jika dibandingkan barang yang dijual di toko ritel atau pusat perbelanjaan.

Kenapa harga di online lebih murah, ya? Itu ternyata karena rantai perdagangan pada e-commerce sangatlah minim. Barang yang mereka jual biasanya langsung mereka dapatkan dari produsen atau prabik atau distributor pertama. Itu dia yang menyebabkan selisih harga produk di toko online lebih murah.

3. Reputasi Baik

Selanjutnya, reputasi baik e-commerce juga menjadi salah satu alasan bagi millenial, lho. Hal itu membuat konsumen semakin percaya dan yakin bahwa sistem pada e-commerce dan transaksi konsumen tersebut aman hingga data pribadi konsumen terjaga.

4. Metode Pembayaran Beragam

Faktor keempat adalah banyaknya pilihan metode pembayaran pada e-commerce. Konsumen dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan sesuai dengan rekening bank yang mereka miliki, atau mereka juga dimudahkan dengan pilihan metode pembayaran melalui kartu kredit, cicilan nol persen, cash on delivery, hingga pembayaran melalui gerai minimarket.

5. Pengiriman Barang Cepat

Faktor yang terakhir, waktu pengiriman barang yang relatif cepat membuat konsumen nyaman berbelanja online.

Pilihan jasa kurir yang beragam dan konsumen juga bisa memantau waktu pengiriman atau proses status barang yang mereka pesan.

Saat ini pun e-commerce juga telah menyediakan pengiriman dalam satu hari atau same day yang bekerja sama dengan penyelenggara transportasi online Gojek dan Grab.

Kefleksibelitasan yang konsumen dapatkan membuat mereka rela menghabiskan uang untuk belanja online. Mereka tidak perlu repot-repot mencari barang yang diinginkan, cukup dengan duduk manis mencari barang dengan gawai melalui aplikasi toko online, pilih barang, pilih jasa kurir, pilih metode pembayaran sesuai keinginan, tinggal tunggu deh! Barang akan mendarat sempurna di tangan konsumen.

Tag: Millennials, Belanja Online

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Brooke Cagle

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,816.90 3,778.13
British Pound GBP 1.00 19,020.55 18,830.42
China Yuan CNY 1.00 2,133.47 2,112.30
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,313.00 14,171.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,150.78 10,042.99
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,823.43 1,805.31
Dolar Singapura SGD 1.00 10,579.50 10,472.99
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,215.20 16,047.24
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,500.37 3,462.25
Yen Jepang JPY 100.00 12,826.42 12,695.75

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6509.447 48.264 628
2 Agriculture 1510.397 -3.951 21
3 Mining 1869.283 -10.413 47
4 Basic Industry and Chemicals 903.455 9.107 71
5 Miscellanous Industry 1303.633 23.743 46
6 Consumer Goods 2689.007 5.911 51
7 Cons., Property & Real Estate 460.164 4.459 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1185.850 22.162 72
9 Finance 1245.077 9.833 91
10 Trade & Service 826.820 2.781 155
No Code Prev Close Change %
1 BCAP 147 189 42 28.57
2 MLPT 910 1,135 225 24.73
3 PNSE 610 760 150 24.59
4 GLOB 358 446 88 24.58
5 KDSI 975 1,175 200 20.51
6 OCAP 1,775 2,100 325 18.31
7 INCI 550 645 95 17.27
8 DILD 324 372 48 14.81
9 KBLV 456 520 64 14.04
10 DART 272 306 34 12.50
No Code Prev Close Change %
1 PGLI 294 262 -32 -10.88
2 SHID 4,200 3,770 -430 -10.24
3 ALKA 430 388 -42 -9.77
4 IDPR 840 760 -80 -9.52
5 GAMA 55 50 -5 -9.09
6 STAR 92 84 -8 -8.70
7 BALI 1,330 1,220 -110 -8.27
8 GSMF 119 110 -9 -7.56
9 RELI 230 214 -16 -6.96
10 JAYA 288 268 -20 -6.94
No Code Prev Close Change %
1 SIMA 398 394 -4 -1.01
2 MYRX 106 105 -1 -0.94
3 LPPF 3,840 4,100 260 6.77
4 BBRI 3,980 4,040 60 1.51
5 JAYA 288 268 -20 -6.94
6 TLKM 3,740 3,830 90 2.41
7 BKSL 110 111 1 0.91
8 ANTM 975 955 -20 -2.05
9 FREN 332 348 16 4.82
10 CSIS 151 164 13 8.61