Portal Berita Ekonomi Kamis, 20 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 19:32 WIB. PGN - PGN dan Krakatau Steel teken MoU pengembangan energi.
  • 19:22 WIB. PTPP - PT PP meneken nota kesepahaman dengan PT Hyundai Engineering & Construction.
  • 19:04 WIB. Pelindo III - Pelindo III segera menerapkan gate in online di pelabuhan Tanjung Perak.
  • 18:48 WIB. Pelindo III - Pelindo III tambah fasilitas shore connection di pelabuhan Tanjung Emas.
  • 18:36 WIB. Minyak - Harga minyak naik sampai US$63 per barel saat Iran menembak drone militer AS.
  • 18:24 WIB. BTN - BTN mengaku sedang melakukan penjajakan untuk mengakuisisi Bank Syariah Bukopin.

E-Sport di Indonesia Berkembang, Karier Atletnya Bakal Panjang?

E-Sport di Indonesia Berkembang, Karier Atletnya Bakal Panjang? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Perkembangan e-sport atau olahraga elektonik di era digital ini dinilai semakin positif. Salah satu indikasi dari perkembangan tersebut, saat e-sport dijadikan cabang olahraga (cabor) pada perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang Agustus lalu. Keikutsertaan Indonesia dalam cabor tersebut menunjukkan sebuah pencapaian besar bagi tim e-sport negara ini.

Berdasarkan hal itu, penggagas plaform Famous.id sekaligus Co-Founder WaW E-Sport, Aoura Lovenson Chandra mengatakan, industri E-Sport Indonesia akan menjadi sebuah pasar yang besar, sama seperti ketika banyak kreator digital bermunculan pada enam tahun lalu. Ia mengatakannya pada Introduction Day: We Against The World (WaW), Senin (12/11/2018).

"Potensi e-sport luar biasa, pada 2019, olahraga ini akan menjadi sesuatu yang besar. Oleh karena itu, saat Reza 'Arap' menyampaikan keinginannya untuk membuat E-Sport Management, saya tertarik untuk terlibat," tambah Auora. 

Tujuan dari dibentuknya sebuah E-Sport Management untuk menyediakan ekosistem bagi para professional player e-sports dalam berkarier. Jadi, menurut Auora, mereka memiliki infrastruktur yang dapat mendukung sustainibility para atlet e-sport di industrinya.

"Sustainibility menjadi isu yang besar di dunia e-sport karena itu dibutuhkan pembangunan infrastruktur agar ekosistem industri e-sport dapat berkembang dan bertahan lama, tak hanya selama satu atau dua tahun, hingga nantinya dapat menciptakan jenjang karier sebagai atlet e-sport. Sama seperti yang terjadi di dunia konten kreator," jelas Auora lagi. 

Ia berharap, dengan diadakannya manajemen olahraga elektronik, para professional player pun dapat bertahan di industri e-sport yang terus berkembang. Auora ingin membantu mereka memperoleh karier yang panjang dengan penghasilan yang tetap. Tanpa manajemen, karier seorang professional player akan cenderung pendek.

Auora memaparkan, "Salah satu kontribusi sebagai manajemen, yakni membantu pemain e-sport agar punya karier panjang dan pendapatan yang sustainable. Seorang pro gamers, kalau tidak dipikirkan dari segi manajemennya, mungkin kariernya akan pendek. Kuncinya, mereka harus mau terlibat langsung di dunia e-sport, main di turnamen, dan sebagainya."

Selain mengikuti turnamen, menurutnya, seorang professional player yang baik juga harus membuat konten secara rutin untuk bertahan di industri e-sport. Di situlah peran sebuah manajemen dapat membantu gamers yang mereka naungi.

Tag: e-Sports

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Tanayastri Dini Isna

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,814.89 3,776.33
British Pound GBP 1.00 18,144.14 17,956.97
China Yuan CNY 1.00 2,079.35 2,058.72
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,307.00 14,165.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,856.09 9,751.19
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,829.80 1,811.57
Dolar Singapura SGD 1.00 10,506.72 10,400.91
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,112.54 15,946.96
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,439.18 3,401.78
Yen Jepang JPY 100.00 13,277.96 13,142.51

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6335.698 -3.564 636
2 Agriculture 1412.814 5.106 21
3 Mining 1618.711 2.675 46
4 Basic Industry and Chemicals 770.641 11.276 71
5 Miscellanous Industry 1309.244 -10.662 47
6 Consumer Goods 2443.659 -20.168 52
7 Cons., Property & Real Estate 498.736 6.765 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1196.374 -1.489 74
9 Finance 1290.556 -2.124 90
10 Trade & Service 804.307 -0.238 159
No Code Prev Close Change %
1 SQMI 189 254 65 34.39
2 MTPS 1,010 1,260 250 24.75
3 SFAN 318 396 78 24.53
4 GLOB 258 318 60 23.26
5 SRAJ 222 270 48 21.62
6 INKP 8,175 9,900 1,725 21.10
7 SIMA 87 104 17 19.54
8 POLL 1,560 1,850 290 18.59
9 CNTX 490 580 90 18.37
10 SDMU 58 68 10 17.24
No Code Prev Close Change %
1 BRAM 12,500 10,000 -2,500 -20.00
2 NICK 274 230 -44 -16.06
3 PNSE 600 525 -75 -12.50
4 BOLA 422 376 -46 -10.90
5 MNCN 1,125 1,015 -110 -9.78
6 SIPD 890 805 -85 -9.55
7 SSTM 400 362 -38 -9.50
8 ZONE 600 550 -50 -8.33
9 TFCO 510 470 -40 -7.84
10 MFMI 525 486 -39 -7.43
No Code Prev Close Change %
1 INKP 8,175 9,900 1,725 21.10
2 CSIS 97 103 6 6.19
3 MNCN 1,125 1,015 -110 -9.78
4 BMTR 400 376 -24 -6.00
5 TKIM 11,075 12,725 1,650 14.90
6 BBRI 4,290 4,310 20 0.47
7 TLKM 4,100 4,040 -60 -1.46
8 BTPS 3,050 2,860 -190 -6.23
9 BBCA 29,700 29,550 -150 -0.51
10 APLN 234 226 -8 -3.42