Portal Berita Ekonomi Kamis, 21 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:32 WIB. Bulog - Bulog berharap pelepasan cadangan beras pemerintah dicarikan saluran baru.
  • 20:31 WIB. AP Kargo - AP Kargo sedang mengalami penurunan volume kargo kelolaan hingga 20% pada Januari 2019.
  • 20:31 WIB. Pelni - Pelni menyediakan layanan Redpack untuk memudahkan penumpang hingga UMKM.
  • 20:31 WIB. BRI -  BRI mengincar dua perusahaan asuransi umum.
  • 20:30 WIB. ANTM - Antam berharap bisa meraih kuota ekspor bijih nikel kadar rendah hingga 5 juta ton per tahun.
  • 20:28 WIB. RAJA - Rukun Raharja memiliki peluang untuk melanjutkan kontrak dengan PLN di 2019.
  • 20:27 WIB. Pindad - Pindad mencapai laba bersih hingga 3 digit sepanjang 2018.
  • 20:27 WIB. Mandiri - Mandiri mampu menjual ST003 sebanyak Rp773 miliar.
  • 20:26 WIB. BTN - BTN meraup Rp80 miliar dari penjualan ST003 dari target Rp75 miliar.
  • 20:19 WIB. BRI - BRI meminta relaksasi aturan BMPK untuk menyalurkan kredit kepada BUMN.
  • 20:02 WIB. BNI - BNI berharap kelonggaran batas maksimum pemberian kredit khusus untuk kredit infrastruktur.
  • 20:01 WIB. Pelindo II - Pelindo II rencanakan lepas saham Pelabuhan Tanjung Priok ke publik lewat IPO.
  • 19:57 WIB. Pelindo II - Pelindo II catat laba bersih Rp 2,43 triliun pada 2018.
  • 19:55 WIB. Pelindo II - Saat ini seluruh transaksi di Pelindo II sudah cashless.
  • 19:51 WIB. Pelindo II - Pelindo II sedang menyiapkan aplikasi digital.

Bagaimana Karakteristik Konsumen E-Commerce di Indonesia?

Foto Berita Bagaimana Karakteristik Konsumen E-Commerce di Indonesia?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Tak dapat dipungkiri, salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan e-commerce adalah pola perilaku konsumennya. Berdasarkan riset yang dilakukan Kata Data pada awal November 2018,  mayoritas orang yang biasa melakukan belanja online adalah pengguna gadget.

Chief Content Officer Katadata.id, Heri Susanto, menjelaskan, ia melakukan riset terhadap 508 responden dan 74% di antaranya terbiasa berbelanja secara online. Bahkan, 26% dari 74% itu rutin belanja online 4 hingga 5 kali dalam sebulan. Berdasarkan gender, 56% orang yang suka belanja online adalah perempuan, sedangkan 46% adalah laki-laki

“Survei dilakukan di 5 tempat di Indonesia, yakni Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, dan Jabodetabek. Uniknya, lokasi yang menunjukkan kegiatan belanja online paling banyak bukan Jakarta dan sekitarnya, melainkan Surabaya (23%), Bandung (13%), dan Medan (14%),” jelas Heri di Jakarta, Senin (13/11/2018)

Lalu, apa saja yang membuat konsumen tertarik untuk berbelanja online?

Pertama, promo dan potongan harga yang ditawarkan platform e-commerce. Kedua, variasi dan harga barang lebih murah dibanding pada toko ritel offline. Ketika, pencarian barang dapat dilakukan dengan lebih mudah. Keempat, waktu pengiriman barang. Kelima, toko fisiknya jauh atau bahkan tidak tersedia. Keenam, metode pembayaran beragam. Kemudian yang terakhir, mudah untuk melakukan pembandingan harga.

“Faktor promo dan diskon itu membuat banyak orang aktif dalam melakukan belanja online. Sementara, promosi yang dapat menarik perhatian para konsumen e-commerce adalah diskon, gratis ongkos kirim, lebih murah dibanding toko offline, flash sale, dan cashback," tambah Heri.

Untuk jenis produk lokal, konsumen e-commerce cenderung menyukai groceries, pakaian wanita, pakaian pria, aksesoris, dan perlengkapan rumah tangga. Sementara, untuk handphone atau alat elektronik, konsumen cenderung membeli produk dari luar negeri.

“Handphone, alat elektronik, dan aksesoris elektronik itu masih lebih diminati yang dari luar,” ujar Heri.

Sementara itu, konsumen di era digital ini lebih rata-rata lebih menyukai sistem pembayaran menggunakan transfer bank. Jumlah nominal belanja yang paling besar, Rp100.000 hingga Rp500.000.

Tag: E-commerce

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Kumairoh

Foto: Tanayastri Dini Isna

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,766.77 3,728.54
British Pound GBP 1.00 18,468.44 18,283.99
China Yuan CNY 1.00 2,090.80 2,070.07
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,125.00 13,985.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,136.10 10,034.24
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,799.66 1,781.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,456.77 10,349.29
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,040.35 15,877.17
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,474.78 3,436.12
Yen Jepang JPY 100.00 12,744.74 12,615.01

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6512.784 18.117 627
2 Agriculture 1601.214 -11.059 21
3 Mining 1907.000 12.070 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.650 14.153 71
5 Miscellanous Industry 1359.890 0.132 46
6 Consumer Goods 2660.281 3.855 51
7 Cons., Property & Real Estate 458.747 4.624 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1206.870 -9.689 71
9 Finance 1236.721 2.980 91
10 Trade & Service 825.628 2.708 155
No Code Prev Close Change %
1 LEAD 75 92 17 22.67
2 PSDN 222 260 38 17.12
3 MPPA 306 356 50 16.34
4 CSAP 520 600 80 15.38
5 NATO 515 590 75 14.56
6 AKSI 352 390 38 10.80
7 TALF 300 332 32 10.67
8 ARTA 890 980 90 10.11
9 INTP 18,000 19,500 1,500 8.33
10 SIPD 955 1,030 75 7.85
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 2,510 1,900 -610 -24.30
2 PUDP 442 356 -86 -19.46
3 SIMA 300 250 -50 -16.67
4 YULE 208 175 -33 -15.87
5 TRIO 250 214 -36 -14.40
6 RELI 236 206 -30 -12.71
7 KONI 438 386 -52 -11.87
8 INCF 360 322 -38 -10.56
9 SMDM 188 170 -18 -9.57
10 CLAY 1,700 1,540 -160 -9.41
No Code Prev Close Change %
1 BMRI 7,200 7,100 -100 -1.39
2 FREN 288 284 -4 -1.39
3 JPFA 2,440 2,310 -130 -5.33
4 ANTM 1,025 1,060 35 3.41
5 BBCA 26,900 27,500 600 2.23
6 LEAD 75 92 17 22.67
7 TLKM 3,920 3,870 -50 -1.28
8 ADRO 1,295 1,345 50 3.86
9 GIAA 474 482 8 1.69
10 BBRI 3,910 3,890 -20 -0.51