Portal Berita Ekonomi Minggu, 21 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 19:56 WIB. Jakarta  - Pengamat: Kalau penggunaan air tidak diatur, Jakarta akan tenggelam 2050.
  • 18:44 WIB. Otomotif - Yamaha tingkatkan kapasitas produksi double di Filipina untuk tandingi Honda
  • 18:36 WIB. Investasi - China dan Singapura tingkatkan investasi asing di Myanmar
  • 17:28 WIB. Indonesia Open - Jepang  juara umum Indonesia Open 2019 setelah meraih dua gelar.
  • 15:10 WIB. Investor - Perusahaan global private equity sedang mencari dana segar dari Israel, yang sedang kelebihan dana.
  • 14:54 WIB. Bandara - Menhub ingin runaway 3 bisa dioperasikan pada 17 Agustus.
  • 14:01 WIB. Real Madrid - Zidane berharap Gareth Bale segera keluar dari Madrid.
  • 13:14 WIB. Wagub DKI - Gerindra: Wagub DKI Jakarta urusan DPRD, bukan kami.
  • 12:01 WIB. Plastik - Menteri KKP: Indonesia produsen sampah plastik no.2 di dunia.
  • 07:18 WIB. Apollo - Rekaman asli pendaratan Apollo 11 terjual US$1,8 juta pada lelang di Sotheby's.
  • 05:09 WIB. Bilateral - China puji hubungan diplomatik 35 tahun dengan Uni Emirat Arab sebagai hubungan terbaik 

Nike Berhasil Tambah Saham $6 Miliar dari Iklan, Pebisnis Dapat Tiru Jalannya Ini

Nike Berhasil Tambah Saham $6 Miliar dari Iklan, Pebisnis Dapat Tiru Jalannya Ini - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Belum lama ini, Nike menayangkan iklan Colin Kaepernick saat penurunan stok melanda mereka. Nike mendapat kecaman dari penggemar ketika menayangkan iklan ini, namun tidak sedikit pula yang memuji dan tetap memberikan support untuk merek ini.

Dalam iklan yang ramai dibicarakan ini, Nike berusaha sepenuhnya untuk mendapatkan hati dari masyarakat. Semua jerih payah dalam proses pengiklanan ini tidak sia-sia. Nike mampu menaikkan sahamnya 36 persen, menambahkan $ 6 miliar ke nilai keseluruhannya, dan membantu Nike menjual perlengkapannya di seluruh negeri.

Ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mencontoh Nike, bangkit melalui promosi iklan:

1. Jadilah berani dan ambil risiko

Ketika Nike memutuskan untuk bermitra dengan Kaepernick, itu adalah keputusan yang berani. Dengan kata lain, Nike menggunakan jenis pemasaran yang akan mengusir beberapa penggemar, mendorong banyak pemirsa, berpotensi menghasut kemarahan dan juga membuat pernyataan yang akan menarik demografis khusus penggemar yang sudah mendarah daging dengan merek Nike.

Sebagai bisnis, kapan pun Anda ingin menarik orang lebih dekat, Anda mungkin harus berani, mengambil risiko, dan bersedia mendorong sebagian penggemar Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melampirkan bisnis dan pemasaran Anda ke suatu tujuan.

2. Ambil sikap dan beri tahu dunia

Ketika Nike menggunakan Kaepernick dalam kampanye baru-baru ini, merek itu dengan jelas mengatakan kepada dunia, "Kami berdiri bersama Colin." Dengan satu iklan, Nike memutuskan untuk menggambar garis di pasir dan berkata, "Di sinilah kita berdiri. Jika Anda tidak menyukainya, kami bersedia kehilangan Anda.”

Pemasaran semacam ini memang membutuhkan risiko dan menuntut Anda berdiri untuk sesuatu yang membuat polarisasi dan membuat penggemar Anda memutuskan apakah mereka berdiri dengan Anda dan alasan yang Anda perjuangkan.

3. Bersedia kehilangan pelanggan

Jika Anda takut kehilangan pelanggan yang sudah setia dengan Anda selama ini, Anda tidak akan pernah bisa menambah mereka dalam jumlah yang lebih banyak dari yang sekarang.

Ingat, pelanggan yang setia tidak akan beralih ke merek lain dan akan terus mendukung merek Anda selama merek Anda tidak berubah semakin buruk.

Ketika merek Anda memiliki misi yang lebih besar daripada sekadar menghasilkan uang, bersedia mengambil sikap dan bersedia kehilangan pelanggan, Anda memiliki potensi untuk menarik basis penggemar yang kuat yang akan berinvestasi dalam produk dan layanan Anda. Ini mendorong Anda untuk menjadi lebih dari sekadar membeli barang; itu membuat Anda menjadi landasan yang berdiri dalam aliansi dengan serangkaian keyakinan. Dan itulah hal-hal yang memenangkan penggemar berat.

Tag: Nike Inc, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Theguardian.com

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,728.00 3,690.58
British Pound GBP 1.00 17,543.07 17,366.04
China Yuan CNY 1.00 2,037.30 2,016.90
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,983.00 13,843.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,884.58 9,784.23
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,789.94 1,771.79
Dolar Singapura SGD 1.00 10,307.39 10,202.68
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,750.45 15,588.60
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,403.02 3,366.49
Yen Jepang JPY 100.00 13,003.81 12,872.42

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67