Portal Berita Ekonomi Sabtu, 16 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 13:42 WIB. Ani Yudhoyono - Khofifah dan Emil Dardak jenguk Ani Yudhoyono di Singapura. 
  • 12:08 WIB. Batubara - Harga batubara acuan di Februari 2019 sebesar US$91,80 per ton.
  • 12:06 WIB. Ketahanan Pangan - Dukung ketahanan pangan nasional, Astra Agro Lestari ternakan sapi di area perkebunan. 
  • 12:05 WIB. CPO - Astra Agro Lestari bukukan produksi CPO tahun 2018 sebesar 1,9 juta ton.
  • 12:03 WIB. Aset - Transcoal tambah aset perusahaan berupa mother vessel senilai US13,2 juta. 
  • 12:03 WIB. Wakaf - Prudential Indonesia hadirkan program wakaf dari Prusyariah di Makassar.
  • 11:06 WIB. Internasional - IPB jalin kerja sama penelitian dengan beberapa universitas di ASEAN. 
  • 11:04 WIB. CPO - Harga CPO Jambi meningkat menjadi Rp6.823 per kilogram.
  • 11:02 WIB. Mafia Bola - PSSI: Joko Diyono jadi tersangka bukan karena pengaturan skor. 
  • 09:48 WIB. Kereta - Pengaktifan rel ganda anatara Stasiun Kroya dan Stasiun Purwokerto akibatkan keterlambatan kedatangan ketera api di Stasiun Senen dan Stasiun Gambir.
  • 09:28 WIB. CPNS - Berkas perkara penipuan CPNS 2013 telah siap disidangkan. 
  • 18:42 WIB. Jokowi - Usai Bukalapak, #UninstallJokowi kian menggema.

Nike Berhasil Tambah Saham $6 Miliar dari Iklan, Pebisnis Dapat Tiru Jalannya Ini

Foto Berita Nike Berhasil Tambah Saham $6 Miliar dari Iklan, Pebisnis Dapat Tiru Jalannya Ini
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Belum lama ini, Nike menayangkan iklan Colin Kaepernick saat penurunan stok melanda mereka. Nike mendapat kecaman dari penggemar ketika menayangkan iklan ini, namun tidak sedikit pula yang memuji dan tetap memberikan support untuk merek ini.

Dalam iklan yang ramai dibicarakan ini, Nike berusaha sepenuhnya untuk mendapatkan hati dari masyarakat. Semua jerih payah dalam proses pengiklanan ini tidak sia-sia. Nike mampu menaikkan sahamnya 36 persen, menambahkan $ 6 miliar ke nilai keseluruhannya, dan membantu Nike menjual perlengkapannya di seluruh negeri.

Ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mencontoh Nike, bangkit melalui promosi iklan:

1. Jadilah berani dan ambil risiko

Ketika Nike memutuskan untuk bermitra dengan Kaepernick, itu adalah keputusan yang berani. Dengan kata lain, Nike menggunakan jenis pemasaran yang akan mengusir beberapa penggemar, mendorong banyak pemirsa, berpotensi menghasut kemarahan dan juga membuat pernyataan yang akan menarik demografis khusus penggemar yang sudah mendarah daging dengan merek Nike.

Sebagai bisnis, kapan pun Anda ingin menarik orang lebih dekat, Anda mungkin harus berani, mengambil risiko, dan bersedia mendorong sebagian penggemar Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah melampirkan bisnis dan pemasaran Anda ke suatu tujuan.

2. Ambil sikap dan beri tahu dunia

Ketika Nike menggunakan Kaepernick dalam kampanye baru-baru ini, merek itu dengan jelas mengatakan kepada dunia, "Kami berdiri bersama Colin." Dengan satu iklan, Nike memutuskan untuk menggambar garis di pasir dan berkata, "Di sinilah kita berdiri. Jika Anda tidak menyukainya, kami bersedia kehilangan Anda.”

Pemasaran semacam ini memang membutuhkan risiko dan menuntut Anda berdiri untuk sesuatu yang membuat polarisasi dan membuat penggemar Anda memutuskan apakah mereka berdiri dengan Anda dan alasan yang Anda perjuangkan.

3. Bersedia kehilangan pelanggan

Jika Anda takut kehilangan pelanggan yang sudah setia dengan Anda selama ini, Anda tidak akan pernah bisa menambah mereka dalam jumlah yang lebih banyak dari yang sekarang.

Ingat, pelanggan yang setia tidak akan beralih ke merek lain dan akan terus mendukung merek Anda selama merek Anda tidak berubah semakin buruk.

Ketika merek Anda memiliki misi yang lebih besar daripada sekadar menghasilkan uang, bersedia mengambil sikap dan bersedia kehilangan pelanggan, Anda memiliki potensi untuk menarik basis penggemar yang kuat yang akan berinvestasi dalam produk dan layanan Anda. Ini mendorong Anda untuk menjadi lebih dari sekadar membeli barang; itu membuat Anda menjadi landasan yang berdiri dalam aliansi dengan serangkaian keyakinan. Dan itulah hal-hal yang memenangkan penggemar berat.

Tag: Nike Inc, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Theguardian.com

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,783.30 3,744.53
British Pound GBP 1.00 18,150.85 17,967.77
China Yuan CNY 1.00 2,097.95 2,076.96
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,187.00 14,045.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,058.58 9,952.29
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,807.88 1,789.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,440.06 10,334.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,015.70 15,848.38
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,472.95 3,433.99
Yen Jepang JPY 100.00 12,861.03 12,731.15

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6389.085 -30.933 627
2 Agriculture 1592.350 -13.090 21
3 Mining 1834.293 -25.732 47
4 Basic Industry and Chemicals 878.558 -9.993 71
5 Miscellanous Industry 1329.578 -2.798 46
6 Consumer Goods 2604.636 -24.378 51
7 Cons., Property & Real Estate 450.557 -6.160 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1185.805 7.307 71
9 Finance 1216.771 -0.391 91
10 Trade & Service 811.391 -5.665 155
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 1,300 1,625 325 25.00
2 PEHA 2,110 2,630 520 24.64
3 SIMA 330 400 70 21.21
4 LMAS 58 69 11 18.97
5 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
6 LUCK 585 660 75 12.82
7 CASS 640 720 80 12.50
8 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
9 BHIT 84 94 10 11.90
10 DWGL 101 113 12 11.88
No Code Prev Close Change %
1 OCAP 81 54 -27 -33.33
2 HDFA 165 130 -35 -21.21
3 KONI 498 398 -100 -20.08
4 BALI 1,060 860 -200 -18.87
5 PUDP 410 338 -72 -17.56
6 CANI 218 180 -38 -17.43
7 KBLV 585 484 -101 -17.26
8 GLOB 448 372 -76 -16.96
9 JIHD 585 490 -95 -16.24
10 NATO 585 505 -80 -13.68
No Code Prev Close Change %
1 EXCL 2,050 2,340 290 14.15
2 BMTR 398 420 22 5.53
3 BHIT 84 94 10 11.90
4 WSKT 1,865 1,765 -100 -5.36
5 BNLI 1,125 1,260 135 12.00
6 ERAA 1,950 1,955 5 0.26
7 MNCN 855 910 55 6.43
8 TLKM 3,740 3,790 50 1.34
9 ANTM 1,000 950 -50 -5.00
10 BUMI 153 151 -2 -1.31