Portal Berita Ekonomi Kamis, 21 Februari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 20:32 WIB. Bulog - Bulog berharap pelepasan cadangan beras pemerintah dicarikan saluran baru.
  • 20:31 WIB. AP Kargo - AP Kargo sedang mengalami penurunan volume kargo kelolaan hingga 20% pada Januari 2019.
  • 20:31 WIB. Pelni - Pelni menyediakan layanan Redpack untuk memudahkan penumpang hingga UMKM.
  • 20:31 WIB. BRI -  BRI mengincar dua perusahaan asuransi umum.
  • 20:30 WIB. ANTM - Antam berharap bisa meraih kuota ekspor bijih nikel kadar rendah hingga 5 juta ton per tahun.
  • 20:28 WIB. RAJA - Rukun Raharja memiliki peluang untuk melanjutkan kontrak dengan PLN di 2019.
  • 20:27 WIB. Pindad - Pindad mencapai laba bersih hingga 3 digit sepanjang 2018.
  • 20:27 WIB. Mandiri - Mandiri mampu menjual ST003 sebanyak Rp773 miliar.
  • 20:26 WIB. BTN - BTN meraup Rp80 miliar dari penjualan ST003 dari target Rp75 miliar.
  • 20:19 WIB. BRI - BRI meminta relaksasi aturan BMPK untuk menyalurkan kredit kepada BUMN.
  • 20:02 WIB. BNI - BNI berharap kelonggaran batas maksimum pemberian kredit khusus untuk kredit infrastruktur.
  • 20:01 WIB. Pelindo II - Pelindo II rencanakan lepas saham Pelabuhan Tanjung Priok ke publik lewat IPO.
  • 19:57 WIB. Pelindo II - Pelindo II catat laba bersih Rp 2,43 triliun pada 2018.
  • 19:55 WIB. Pelindo II - Saat ini seluruh transaksi di Pelindo II sudah cashless.
  • 19:51 WIB. Pelindo II - Pelindo II sedang menyiapkan aplikasi digital.

Mau Iklan? Manfaatkan Pemasaran Digital Saja!

Foto Berita Mau Iklan? Manfaatkan Pemasaran Digital Saja!
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Salah satu pengubah permainan terbesar dalam dekade terakhir adalah bagaimana orang mengonsumsi konten. Iklan telah beradaptasi dengan perubahan itu dengan menempatkan produk mereka di depan orang-orang, di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan layar.

Ruang untuk mengomunikasikan konten pribadi dan terhubung sekarang sudah berubah menjadi ruang untuk mengetahui berita atau tren terbaru ketika mereka terbentang.

Perdebatan tentang pro dan kontra media digital versus media tradisional sedang berlangsung. Memiliki strategi pemasaran digital sangat penting bagi perusahaan usia baru:

1. Terukur

Salah satu keuntungan terbesar dari iklan digital adalah hal itu dapat diukur sejauh mana tayangan, klik, dan konversi. Perusahaan dapat menghitung pengembalian tepat atas investasi mereka dan mengoptimalkan berdasarkan platform atau penempatan mana yang memberi mereka hasil terbaik.

Berbeda dengan media tradisional di mana pengiklan melempar panah dalam gelap berharap investasi mereka akan menghasilkan hasil selama periode mereka. Ada cara untuk mengukur nilai uang dari media tradisional tetapi pada akhirnya, itu sebagian besar relatif dan hanya dapat menjadi perkiraan. Dengan media digital, bukan itu masalahnya. Ini spesifik, bertarget dan melibatkan banyak angka yang dapat Anda lihat hasilnya dalam bentuk moneter.

2. Biaya Efektif

Media digital, tidak seperti tradisional, tidak menuntut kita membayar semuanya di muka dan kemudian menunggu hasilnya. Biasanya mengikuti model pay-as-you-go; apakah Anda memilih bayar per tayang atau klik atau konversi yang hanya Anda bayar untuk apa yang Anda gunakan.

Seperti media tradisional, Anda perlu menyisihkan anggaran sebelumnya, tetapi uang yang digunakan biasanya didasarkan pada model yang Anda buat. Ini mensyaratkan bahwa Anda tidak membayar seluruh anggaran, tetapi membayar hanya sesuai dengan klik atau keterlibatan yang Anda terima. Sebaliknya, iklan TV, majalah, dan OOH terkenal mahal dan tidak dapat diprediksi.

3. Fleksibel

Dengan media tradisional, seseorang dapat memilih medium mana yang terbaik untuk mereka dan menggunakan slot berdasarkan itu. Seperti apa saluran TV untuk memilih atau slot apa di radio untuk beriklan, dll. Namun, setelah investasi dibuat, ada sedikit perubahan yang dapat terjadi dalam rencana tersebut karena slot atau saluran tidak dapat dengan mudah dipertukarkan jika kampanye tidak berjalan dengan baik.

Pemasaran digital memungkinkan kita untuk menargetkan audiens yang tepat yang ingin kita dapatkan di depan dan dengan cara yang lebih beresonansi dengan mereka, dan jika kampanye tidak berjalan dengan baik, digital dapat memperbarui, mengubah, atau sepenuhnya menghapusnya jika perlu.

4. Optimasi otomatis per platform

Merek yang lebih kecil terkadang tidak memiliki sumber daya untuk diterapkan pada iklan dan analisis data karena mereka berfokus pada produk. Platform pemasaran digital membantu dengan mengoptimalkan iklan berdasarkan jenis orang yang terlibat dengan mereka dan menampilkan iklan hanya kepada orang-orang itu. Yang sedang berkata itu penting untuk meninjau iklan Anda secara teratur karena pada akhir hari tidak ada yang tahu pelanggan Anda seperti yang Anda lakukan.

5. Memberi ruang untuk bercerita kreatif

Dengan semakin banyak format iklan digital yang diperkenalkan setiap hari, kemungkinan dalam bercerita sepertinya tak ada habisnya. Setiap format memiliki tujuan pada jenis bercerita yang ingin Anda lakukan.

Misalnya, Facebook menawarkan iklan kanvas yang memungkinkan pengguna untuk mengklik iklan dan dialihkan ke halaman Facebook asli dengan produk, video, dan teks Anda yang memungkinkan Anda menganyam sebuah cerita seputar produk Anda. Google memperkenalkan iklan pajangan di bawah iklan belanja yang memungkinkan berbagai produk dari kategori yang sama untuk dipukuli bersama dan ditampilkan kepada pelanggan. Ada iklan berbasis visual lain dan iklan berbasis teks yang dapat Anda uji dari dan melihat format mana yang memungkinkan Anda untuk mewakili produk Anda dengan cara yang paling kreatif.

6. Pemahaman pelanggan

Belum pernah ada waktu di mana pengiklan bisa mendapatkan umpan balik tentang produk mereka dalam hitungan klik. Pemasaran digital memberi ruang untuk interaksi langsung dengan pelanggan. Meskipun iklan melalui platform, orang dapat melihat bagaimana pelanggan terlibat, apa yang mereka sukai atau sukai dari yang lain.

Ini memberi pemasar digital banyak cakupan untuk memahami perspektif pelanggan pada kampanye ini dan bagaimana mereka dapat meningkatkan dan membangunnya lebih lanjut. Penting untuk memahami bahwa periklanan bergerak dengan bagaimana konsumen berinteraksi satu sama lain dan dari mana mereka mendapatkan informasi.

Secara tradisional konsumen menggunakan majalah dan surat kabar, sekarang mereka mengonsumsi informasi di Google, Facebook dan Instagram. Penting bagi pengiklan untuk mengenali tren ini dan menyesuaikan strategi periklanan mereka dengan tepat.

Tag: digital advertising

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,766.77 3,728.54
British Pound GBP 1.00 18,468.44 18,283.99
China Yuan CNY 1.00 2,090.80 2,070.07
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,125.00 13,985.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,136.10 10,034.24
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,799.66 1,781.76
Dolar Singapura SGD 1.00 10,456.77 10,349.29
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,040.35 15,877.17
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,474.78 3,436.12
Yen Jepang JPY 100.00 12,744.74 12,615.01

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6512.784 18.117 627
2 Agriculture 1601.214 -11.059 21
3 Mining 1907.000 12.070 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.650 14.153 71
5 Miscellanous Industry 1359.890 0.132 46
6 Consumer Goods 2660.281 3.855 51
7 Cons., Property & Real Estate 458.747 4.624 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1206.870 -9.689 71
9 Finance 1236.721 2.980 91
10 Trade & Service 825.628 2.708 155
No Code Prev Close Change %
1 LEAD 75 92 17 22.67
2 PSDN 222 260 38 17.12
3 MPPA 306 356 50 16.34
4 CSAP 520 600 80 15.38
5 NATO 515 590 75 14.56
6 AKSI 352 390 38 10.80
7 TALF 300 332 32 10.67
8 ARTA 890 980 90 10.11
9 INTP 18,000 19,500 1,500 8.33
10 SIPD 955 1,030 75 7.85
No Code Prev Close Change %
1 ALDO 2,510 1,900 -610 -24.30
2 PUDP 442 356 -86 -19.46
3 SIMA 300 250 -50 -16.67
4 YULE 208 175 -33 -15.87
5 TRIO 250 214 -36 -14.40
6 RELI 236 206 -30 -12.71
7 KONI 438 386 -52 -11.87
8 INCF 360 322 -38 -10.56
9 SMDM 188 170 -18 -9.57
10 CLAY 1,700 1,540 -160 -9.41
No Code Prev Close Change %
1 BMRI 7,200 7,100 -100 -1.39
2 FREN 288 284 -4 -1.39
3 JPFA 2,440 2,310 -130 -5.33
4 ANTM 1,025 1,060 35 3.41
5 BBCA 26,900 27,500 600 2.23
6 LEAD 75 92 17 22.67
7 TLKM 3,920 3,870 -50 -1.28
8 ADRO 1,295 1,345 50 3.86
9 GIAA 474 482 8 1.69
10 BBRI 3,910 3,890 -20 -0.51