Portal Berita Ekonomi Kamis, 13 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 17:14 WIB. Pertamina - Pertamina gandeng BMW kenalkan stasiun pengisian energi listrik.
  • 17:08 WIB. Lazada - Pierre Poignant jadi CEO baru Lazada Group.
  • 17:04 WIB. Apple - Apple ingin bikin modem sendirI untuk iPhone.
  • 17:02 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi masih galau soal impor Pajero Sport.
  • 16:53 WIB. Telkomsel - Pelanggan Telkomsel keluhkan SMS iklan mengganggu.
  • 16:52 WIB. SoftBank - SoftBank Group asal Jepang bakal ganti perangkat Huawei dengan Nokia dan Ericsson
  • 16:50 WIB. Samsung - Samsung tutup satu pabrik ponsel di China pada akhir 2018.
  • 16:48 WIB. Yamaha - Yamaha suntik dana Rp2,1 triliun ke Grab.
  • 16:45 WIB. Google - Google bakal buka kantor dan data center di Vietnam.
  • 16:03 WIB. IHSG - Akhir sesi II, IHSG ditutup menghijau ,02% ke level 6.177,71. 

Mau Iklan? Manfaatkan Pemasaran Digital Saja!

Foto Berita Mau Iklan? Manfaatkan Pemasaran Digital Saja!
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Salah satu pengubah permainan terbesar dalam dekade terakhir adalah bagaimana orang mengonsumsi konten. Iklan telah beradaptasi dengan perubahan itu dengan menempatkan produk mereka di depan orang-orang, di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan layar.

Ruang untuk mengomunikasikan konten pribadi dan terhubung sekarang sudah berubah menjadi ruang untuk mengetahui berita atau tren terbaru ketika mereka terbentang.

Perdebatan tentang pro dan kontra media digital versus media tradisional sedang berlangsung. Memiliki strategi pemasaran digital sangat penting bagi perusahaan usia baru:

1. Terukur

Salah satu keuntungan terbesar dari iklan digital adalah hal itu dapat diukur sejauh mana tayangan, klik, dan konversi. Perusahaan dapat menghitung pengembalian tepat atas investasi mereka dan mengoptimalkan berdasarkan platform atau penempatan mana yang memberi mereka hasil terbaik.

Berbeda dengan media tradisional di mana pengiklan melempar panah dalam gelap berharap investasi mereka akan menghasilkan hasil selama periode mereka. Ada cara untuk mengukur nilai uang dari media tradisional tetapi pada akhirnya, itu sebagian besar relatif dan hanya dapat menjadi perkiraan. Dengan media digital, bukan itu masalahnya. Ini spesifik, bertarget dan melibatkan banyak angka yang dapat Anda lihat hasilnya dalam bentuk moneter.

2. Biaya Efektif

Media digital, tidak seperti tradisional, tidak menuntut kita membayar semuanya di muka dan kemudian menunggu hasilnya. Biasanya mengikuti model pay-as-you-go; apakah Anda memilih bayar per tayang atau klik atau konversi yang hanya Anda bayar untuk apa yang Anda gunakan.

Seperti media tradisional, Anda perlu menyisihkan anggaran sebelumnya, tetapi uang yang digunakan biasanya didasarkan pada model yang Anda buat. Ini mensyaratkan bahwa Anda tidak membayar seluruh anggaran, tetapi membayar hanya sesuai dengan klik atau keterlibatan yang Anda terima. Sebaliknya, iklan TV, majalah, dan OOH terkenal mahal dan tidak dapat diprediksi.

3. Fleksibel

Dengan media tradisional, seseorang dapat memilih medium mana yang terbaik untuk mereka dan menggunakan slot berdasarkan itu. Seperti apa saluran TV untuk memilih atau slot apa di radio untuk beriklan, dll. Namun, setelah investasi dibuat, ada sedikit perubahan yang dapat terjadi dalam rencana tersebut karena slot atau saluran tidak dapat dengan mudah dipertukarkan jika kampanye tidak berjalan dengan baik.

Pemasaran digital memungkinkan kita untuk menargetkan audiens yang tepat yang ingin kita dapatkan di depan dan dengan cara yang lebih beresonansi dengan mereka, dan jika kampanye tidak berjalan dengan baik, digital dapat memperbarui, mengubah, atau sepenuhnya menghapusnya jika perlu.

4. Optimasi otomatis per platform

Merek yang lebih kecil terkadang tidak memiliki sumber daya untuk diterapkan pada iklan dan analisis data karena mereka berfokus pada produk. Platform pemasaran digital membantu dengan mengoptimalkan iklan berdasarkan jenis orang yang terlibat dengan mereka dan menampilkan iklan hanya kepada orang-orang itu. Yang sedang berkata itu penting untuk meninjau iklan Anda secara teratur karena pada akhir hari tidak ada yang tahu pelanggan Anda seperti yang Anda lakukan.

5. Memberi ruang untuk bercerita kreatif

Dengan semakin banyak format iklan digital yang diperkenalkan setiap hari, kemungkinan dalam bercerita sepertinya tak ada habisnya. Setiap format memiliki tujuan pada jenis bercerita yang ingin Anda lakukan.

Misalnya, Facebook menawarkan iklan kanvas yang memungkinkan pengguna untuk mengklik iklan dan dialihkan ke halaman Facebook asli dengan produk, video, dan teks Anda yang memungkinkan Anda menganyam sebuah cerita seputar produk Anda. Google memperkenalkan iklan pajangan di bawah iklan belanja yang memungkinkan berbagai produk dari kategori yang sama untuk dipukuli bersama dan ditampilkan kepada pelanggan. Ada iklan berbasis visual lain dan iklan berbasis teks yang dapat Anda uji dari dan melihat format mana yang memungkinkan Anda untuk mewakili produk Anda dengan cara yang paling kreatif.

6. Pemahaman pelanggan

Belum pernah ada waktu di mana pengiklan bisa mendapatkan umpan balik tentang produk mereka dalam hitungan klik. Pemasaran digital memberi ruang untuk interaksi langsung dengan pelanggan. Meskipun iklan melalui platform, orang dapat melihat bagaimana pelanggan terlibat, apa yang mereka sukai atau sukai dari yang lain.

Ini memberi pemasar digital banyak cakupan untuk memahami perspektif pelanggan pada kampanye ini dan bagaimana mereka dapat meningkatkan dan membangunnya lebih lanjut. Penting untuk memahami bahwa periklanan bergerak dengan bagaimana konsumen berinteraksi satu sama lain dan dari mana mereka mendapatkan informasi.

Secara tradisional konsumen menggunakan majalah dan surat kabar, sekarang mereka mengonsumsi informasi di Google, Facebook dan Instagram. Penting bagi pengiklan untuk mengenali tren ini dan menyesuaikan strategi periklanan mereka dengan tepat.

Tag: digital advertising

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6177.720 62.143 621
2 Agriculture 1516.070 10.982 20
3 Mining 1776.514 21.113 47
4 Basic Industry and Chemicals 846.848 12.353 71
5 Miscellanous Industry 1420.317 27.074 46
6 Consumer Goods 2515.883 16.594 49
7 Cons., Property & Real Estate 455.102 3.544 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1062.130 21.053 71
9 Finance 1176.328 11.338 91
10 Trade & Service 791.531 -0.850 153
No Code Prev Close Change %
1 AKSI 344 430 86 25.00
2 SOTS 436 545 109 25.00
3 PNSE 750 935 185 24.67
4 ZONE 446 555 109 24.44
5 KICI 212 260 48 22.64
6 SAFE 171 206 35 20.47
7 JKSW 60 68 8 13.33
8 KAEF 2,550 2,850 300 11.76
9 TRAM 163 180 17 10.43
10 OASA 318 350 32 10.06
No Code Prev Close Change %
1 SQMI 555 418 -137 -24.68
2 INPP 605 480 -125 -20.66
3 GMTD 14,900 13,425 -1,475 -9.90
4 BTEK 137 125 -12 -8.76
5 SMDM 152 139 -13 -8.55
6 DSSA 14,725 13,500 -1,225 -8.32
7 BBLD 492 454 -38 -7.72
8 AKPI 780 720 -60 -7.69
9 ETWA 78 72 -6 -7.69
10 OCAP 244 226 -18 -7.38
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 372 360 -12 -3.23
2 KPAS 710 705 -5 -0.70
3 RIMO 142 151 9 6.34
4 TLKM 3,650 3,750 100 2.74
5 TRAM 163 180 17 10.43
6 PGAS 2,130 2,150 20 0.94
7 PTBA 4,310 4,500 190 4.41
8 BBRI 3,620 3,680 60 1.66
9 CPIN 6,500 6,950 450 6.92
10 UNTR 29,300 29,300 0 0.00