Portal Berita Ekonomi Kamis, 13 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 17:14 WIB. Pertamina - Pertamina gandeng BMW kenalkan stasiun pengisian energi listrik.
  • 17:08 WIB. Lazada - Pierre Poignant jadi CEO baru Lazada Group.
  • 17:04 WIB. Apple - Apple ingin bikin modem sendirI untuk iPhone.
  • 17:02 WIB. Mitsubishi - Mitsubishi masih galau soal impor Pajero Sport.
  • 16:53 WIB. Telkomsel - Pelanggan Telkomsel keluhkan SMS iklan mengganggu.
  • 16:52 WIB. SoftBank - SoftBank Group asal Jepang bakal ganti perangkat Huawei dengan Nokia dan Ericsson
  • 16:50 WIB. Samsung - Samsung tutup satu pabrik ponsel di China pada akhir 2018.
  • 16:48 WIB. Yamaha - Yamaha suntik dana Rp2,1 triliun ke Grab.
  • 16:45 WIB. Google - Google bakal buka kantor dan data center di Vietnam.
  • 16:03 WIB. IHSG - Akhir sesi II, IHSG ditutup menghijau ,02% ke level 6.177,71. 
  • 15:07 WIB. BUVA - BUVA bentuk entitas anak perusahaan baru bernama PT Abirama Raya Prima.
  • 15:07 WIB. Bank Indonesia - BI imbau masyarakat waspadai peredaran Sertifikat Bank Indonesia (SBI) palsu. 
  • 14:04 WIB. Fintech - Ingat! Penyelenggara fintech tak boleh akses daftar kontak, gambar, dan informasi pribadi dari ponsel pengguna. 
  • 14:03 WIB. Fintech - Fintech P2P jadi alternatif pendanaan, namun masyarakat harus paham mendalam soal penyelenggaraan fintech.
  • 11:40 WIB. WhatsApp - WhatsApp sediakan tombol Group Call untuk iOS.

Penuh Kekecewaan, Begini Alasan Mitra Pengemudi Grab Migrasi ke Go-Jek

Foto Berita Penuh Kekecewaan, Begini Alasan Mitra Pengemudi Grab Migrasi ke Go-Jek
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Kantor Go-Jek yang terletak di Jalan Kemang Timur Nomor 21, Jakarta Selatan mendadak dipenuhi oleh mitra pengemudi Grab hari ini, Jumat (16/11/2018). Ternyata, Go-Jek memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin mendaftarkan diri menjadi mitranya, meskipun mereka telah terdaftar sebagai mitra di perusahaan pesaing. Penawaran tersebut disambut baik oleh para pengemudi yang mengaku kecewa pada mitra sebelumnya, Grab. 

Salah satu mitra pengemudi Grab yang tidak mau disebutkan identitasnya mengaku, meski sudah melakukan unjuk rasa berkali-kali pada perusahaan, tak ada perubahan yang dirasakan olehnya dan teman-teman mitra pengemudi lain. Malahan, ia merasa sistem di Grab semakin merugikan mitra pengemudi.

"Saya sudah hampir 2,5 tahun menjadi mitra Grab, saya mengalami tiga sistem berbeda di sini, terhitung sejak 2016 lalu. Kalau di akhir atau pertengahan tahun itu, biasanya memang ada pergantian sistem," aku pengemudi ini.

Ia bercerita, di bulan-bulan pertama menjadi mitra pengemudi Grab, penghasilan kotornya bisa mencapai Rp1 juta per hari. Dengan yakin, ia menceritakan ulang hal yang terjadi di 2016 itu.

"Di 3 sampai 4 bulan pertama itu, bukannya sombong ya, saya bisa dapat Rp1 juta dalam sehari. Namun, begitu masuk bulan kedelapan, sistemnya berubah," ujar pengemudi yang menggunakan jaket Grab ini.

Di bulan kedelapan ia menjadi mitra, sistem berubah menjadi sistem argo. Sejak saat itu, ia mengaku pendapatannya mulai menurun sekitar Rp200 hingga Rp300 ribu per hari. 

"Buat kami, jumlah penurunan sebesar itu lumayan besar," ujar seorang pengemudi lain yang juga tidak mau disebutkan identitasnya kepada Warta Ekonomi, Jumat (16/11/2018).

Belum cukup dengan penurunan pendapatan karena sistem argo, sistem berlian sudah muncul ke permukaan. Sistem berlian tersebut serupa dengan poin yang ada di Go-Jek. Menurut para mitra pengemudi ini, sistem tersebut cenderung memberatkan mereka.

"Kalau sekarang tuh, dapat Rp200.000 per hari saja, ibaratnya sudah lelah sekali. Kalau diistilahkan, seperti muntah darah," katanya lagi.

Narasumber menjelaskan, dalam sistem berlian pengemudi harus meraih 550 berlian untuk mendapatkan bonus. Layanan GrabFood menghasilkan 30 berlian di jam biasa dan 60 berlian di jam sibuk. Sementara layanan GrabBike menghasilkan 18 berlian per penumpang.

"Kalau dapat 300 berlian, baru dapat Rp120.000 per harinya. Belum digunakan untuk bensin, makan, dan kebutuhan lain. Ada juga potongan 20% kan," ujarnya lagi.

Bila tidak mencapai 300, pengemudi hanya bisa memperoleh Rp4.000 per penumpang. Misal, bila dalam sehari pengemudi mendapat empat trip, dikalikan empat, berarti ia mendapatkan Rp16.000. Itu pun harus dipotong sebesar 20%.

Perbedaan Bonus Harian Grab dan Go-Jek

Di samping kekecewaan, alasan lain yang membuat para mitra pengemudi Grab bermigrasi ke Go-Jek adalah perbedaan bonus harian antara kedua perusahaan tersebut. Go-Jek menerapkan sistem akumulasi pada bonus harian pengemudi, sementara Grab tidak.

"Kalau di Grab, trip pertamanya misal Rp110 ribu, dapat bonus Rp15 ribu, Go-Jek juga sama. Namun, di trip kedua, yang dapat bonusnya Rp30.000, di Grab itu tidak diakumulasikan, sedangkan Go-Jek diakumulasi. Harusnya kan ketika dapat uang Rp180 ribu, bonusnya kalau diakumulasi menjadi 15 ribu ditambah Rp30 ribu, total Rp45 ribu. Kalau di Grab, Rp180 ribu cuma dapat bonus Rp30 ribu, Rp15 ribunya ke mana?" ujar pengemudi tadi dengan nada penuh skeptis.

Tag: Grab, Go-Jek

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Cahyo Prayogo

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6115.577 38.990 621
2 Agriculture 1505.088 -1.455 20
3 Mining 1755.401 7.640 47
4 Basic Industry and Chemicals 834.495 13.819 71
5 Miscellanous Industry 1393.243 11.184 46
6 Consumer Goods 2499.289 15.900 49
7 Cons., Property & Real Estate 451.558 6.736 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1041.077 9.161 71
9 Finance 1164.990 2.978 91
10 Trade & Service 792.381 1.998 153
No Code Prev Close Change %
1 ZONE 298 446 148 49.66
2 SOTS 350 436 86 24.57
3 AKSI 286 344 58 20.28
4 KPAS 600 710 110 18.33
5 ESSA 272 314 42 15.44
6 PNSE 650 750 100 15.38
7 SSTM 450 510 60 13.33
8 TRAM 144 163 19 13.19
9 IBFN 246 278 32 13.01
10 YPAS 570 640 70 12.28
No Code Prev Close Change %
1 SQMI 740 555 -185 -25.00
2 TFCO 780 610 -170 -21.79
3 OCAP 306 244 -62 -20.26
4 PDES 1,700 1,445 -255 -15.00
5 APEX 1,400 1,210 -190 -13.57
6 RIMO 162 142 -20 -12.35
7 RDTX 6,150 5,550 -600 -9.76
8 HDTX 140 127 -13 -9.29
9 YULE 220 200 -20 -9.09
10 MDKI 298 274 -24 -8.05
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 370 372 2 0.54
2 RIMO 162 142 -20 -12.35
3 KPAS 600 710 110 18.33
4 PTBA 4,280 4,310 30 0.70
5 ADRO 1,285 1,255 -30 -2.33
6 TLKM 3,620 3,650 30 0.83
7 TRAM 144 163 19 13.19
8 PTPP 1,900 2,020 120 6.32
9 WSKT 1,795 1,855 60 3.34
10 PGAS 2,060 2,130 70 3.40