Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadapi Akhir Tahun, Penjual di Tokopedia Manfaatkan Saldo Prioritas dan Voucer Toko

Hadapi Akhir Tahun, Penjual di Tokopedia Manfaatkan Saldo Prioritas dan Voucer Toko Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Purwokerto -

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia kembali menghadirkan beragam inovasi digital untuk mempersiapkan para penjual menghadapi lonjakan pesanan akhir tahun, antara lain Saldo Prioritas dan Voucer Toko.

Fitur Saldo Prioritas menawarkan pembayaran dana di muka untuk para penjual hanya dengan memasukkan resi pengiriman. Fitur ini merupakan terobosan baru dan pertama di dunia e-commerce Indonesia. Inisiatif peluncuran fitur ini didasarkan pada adanya kesenjangan waktu antara penerimaan pesanan dan pemenuhan pesanan oleh penjual. 

Samuel Sentana, Head of Fintech Tokopedia mengungkapkan, "Dengan mendapatkan pembayaran di muka, penjual bisa menggunakan uang tersebut untuk mempercepat perputaran modal bisnisnya."

Adapun Voucer Toko adalah fitur yang memfasilitasi penjual membuat kode voucer promosinya sendiri, misalnya cashback atau potongan ongkos kirim kepada calon pelanggan maupun pelanggan setia mereka di Tokopedia. 

Garri Juanda, Associate VP Seller Experience Tokopedia mengatakan, "Dengan fitur ini, para penjual bisa menawarkan lebih banyak promosi, khusus bagi pelanggan dan menjangkau pembeli yang masih di luar platform Tokopedia dengan menyebarkan voucer toko mereka di berbagai jejaring sosial, aplikasi chatting, bahkan mencantumkan kode voucer tokonya di flyers atau di depan kasir toko fisik mereka."

Penjual yang mengajukan Saldo Prioritas bisa langsung mendapatkan 80% dana pembayaran di muka. Sisa dana akan diterima setelah pembeli mengonfirmasi penerimaan barang. Para penjual yang membutuhkan arus kas lebih cepat mengaku terbantu dengan kehadiran fitur baru ini.

"Semenjak ada Saldo Prioritas, stok barang saya jadi ada terus. Sebelumnya, saya harus menunggu pembeli sampai konfirmasi pembayaran, baru saya bisa stok lagi. Menunggu pembeli konfirmasi pembayaran terkadang bisa memakan waktu lama, namun masalah tersebut sudah terpecahkan sejak ada Saldo Prioritas," jelas Jajang, pemilik toko Taman Hijau Daun asal Jakarta.

Begitu pula dengan Voucer Toko. Sejak diluncurkan awal November 2018 lalu, fitur ini mendapatkan respons positif dari para penjual maupun pembeli di Tokopedia. Saat ini, sudah ada lebih dari 30.000 penjual yang memanfaatkan fitur ini sebagai sarana promosi, salah satunya Azi Fahrurozi, pemilik Zeitgeist Leather Store.

"Saya mencoba membuat banyak kode voucer promosi. Ternyata banyak pelanggan yang antusias datang berbelanja di toko saya karena tahu ada voucer yang saya buat itu," kata Azi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: