Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Shopee Raih Peringkat Ketiga Platform E-Commerce dengan Visibilitas Tinggi

Shopee Raih Peringkat Ketiga Platform E-Commerce dengan Visibilitas Tinggi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform e-commerce Shopee berhasil memperkuat citranya melalui liputan di media massa dengan jumlah signifikan terutama pada aktivitas pemasaran dan promosi, berdasarkan laporan Maverick E-commerce Media Insights periode April-September 2018. Di antara 13 platform e-commerce yang termasuk dalam laporan tersebut, Shopee merebut posisi ketiga dengan 888 pemberitaan, sementara Bukalapak dan Tokopedia memimpin di posisi pertama dan kedua dengan 1.178 dan 1.020 pemberitaan.

Data dari Maverick E-commerce Media Insights menemukan bahwa aktivitas pemasaran Shopee mendapat visibilitas yang tinggi di media. Sepanjang April-September 2018, Shopee mengadakan 27 aktivitas pemasaran yang menghasilkan total 425 pemberitaan.

Jumlah ini mencakup 23% dari keseluruhan pemberitaan mengenai aktivitas pemasaran dari 13 platform e-commerce. Laporan ini juga menemukan bahwa Shopee menyasar kaum milenial untuk target kegiatan promosi mereka.

Direktur Monitoring and Analytics Maverick, Felicia Nugroho, mengatakan, Di saat persaingan e-commerce semakin ketat, dengan banyaknya brands yang ada, visibilitas di media massa sangat berpengaruh dalam membangun citra dan reputasi brand.

"Hal ini yang terjadi dengan Shopee, berbagai aktivitas pemasaran yang diadakan berhasil menarik perhatian media, sehingga menghasilkan jumlah liputan yang signifikan dan berkualitas. Pencapaian ini menempatkan Shopee di posisi ketiga,” ujar Felicia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Sementara itu, Manager Research Maverick, Charlie Tjokrodinata, menambahkan, ini menunjukkan bahwa strategi Shopee untuk menyasar milenial melalui berbagai aktivitas pemasaran tersebut turut memperkokoh eksistensi platform e-commerce ini di media massa.

"Eksposur yang luas diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pengguna baru sehingga berpengaruh kepada jumlah pembeli dan transaksi penjualan di platform e-commerce,” tambah Charlie.

Pencapaian tersebut diukur melalui Media Performance Index (MPI) yang memperhitungkan tidak hanya jumlah artikel, tetapi juga kualitas pemberitaan. Laporan ini juga menyajikan hasil pemberitaan terhadap juru bicara dan tokoh terkait di industri e-commerce, termasuk juga kegiatan kampanye pemasaran, peluncuran produk, fitur platform dan layanan baru, serta kerja sama.

Maverick E-commerce Media Insights adalah laporan yang mengukur pencapaian strategi komunikasi publik dari 13 platform e-commerce di Indonesia berdasarkan peliputan berita industri e-commerce pada 30 media cetak dan daring. Adapun, laporan ini diluncurkan pada hari Kamis, 22 November 2018, di acara Comms Club, forum diskusi bagi praktisi komunikasi organisasi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Kumairoh
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: