Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak Sinergikan UMKM Jadi Pahlawan Ekonomi Baru

Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak Sinergikan UMKM Jadi Pahlawan Ekonomi Baru Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bukalapak berkomitmen untuk memberdayakan UMKM melalui pemanfaatan digital. Memiliki lebih dari empat juta pelapak di seluruh Indonesia. Bukalapak percaya bahwa UMKM merupakan pahlawan ekonomi baru yang dapat membantu mewujudkan agenda pemerintah dalam mendorong perekonomian nasional. Bukalapak merangkul seluruh pelapak untuk sama-sama tumbuh dan menjadi pahlawan ekonomi baru dalam gelaran Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018, Sabtu (24/11/2018).

Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak ke-3 ini dihadiri oleh ribuan pelapak dan pengguna setia Bukalapak, kegiatan tahunan ini hadir untuk menjadi wadah berkembang dan saling bertukar pikiran antar pelapak se-Indonesia. Dalam Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak kali ini, Achmad Zaky (Founder & CEO Bukalapak) dan Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif) turut hadir untuk berbagi insight dan gambaran mengenai potensi UMKM di era digital serta pemanfaatan teknologi dalam memaksimalkannya.

Achmad Zaky selaku Founder dan CEO Bukalapak mengatakan, “Para pelapak-pelapak ini adalah pahlawan ekonomi kreatif dimana mereka adalah termasuk orang-orang yang mampu mendobrak keterbatasan, mampu berinovasi dan berkreasi untuk mendorong kemajuan perekonomian bangsa. Mampu mendobrak keterbatasan untuk menjadi lebih baik.”

Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak kali ini mengangkat tema ‘Pahlawan Ekonomi Baru’ dan menghadirkan sembilan kelas workshop bisnis kreatif yang dapat diikuti oleh seluruh pelapak dan pengguna Bukalapak. Lebih dari itu, pada kesempatan ini seluruh pelapak dapat berdiskusi lebih dekat dengan Fajrin Rasyid (Co-Founder dan President Bukalapak) dan Ibrahim Arief (Vice President of Engineering Bukalapak). Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018 juga semakin meriah dengan hadirnya pameran produk dari pelapak Bukalapak se-Tanah Air dan aksi panggung sederet musisi papan atas.

Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak selalu menjadi agenda besar yang ditunggu-tunggu oleh seluruh pelapak Bukalapak, karena ini momen dimana para pelapak di seluruh Indonesia berkumpul, bersinergi, untuk bersama-sama menyatukan energi berkreativitas bersama Bukalapak.

"Acara ini kami persembahkan sebagai bentuk apresiasi kami kepada seluruh pelapak yang telah memberikan performa terbaiknya untuk berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Bukalapak berharap para pelapak-pelapak di berbagai daerah dapat bertumbuh dengan pesat sehingga hadir pahlawan-pahlawan ekonomi baru di dunia digital," katanya. 

Selain itu, pada kesempatan ini Bukalapak juga turut mengundang komunitas difabel untuk berpartisipasi dalam kegiatan konferensi dan workshop. Ini merupakan kegiatan UMKM (digital) pertama di Indonesia yang turut mengajak teman-teman dari komunitas difabel untuk mengambil peran aktif sebagai pahlawan ekonomi baru sebagai entrepreneur.

Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018 juga disambut hangat dan turut didukung oleh TIKI dan Mondelez Indonesia.

"TIKI senang dapat menjadi bagian dari Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak 2018. Kegiatan ini menunjukkan betapa berkembangnya UMKM di Indonesia melalui platform digital dan TIKI siap untuk membantu perkembangan ini melalui berbagai layanan yang kami miliki,” jelas Tomy Sofhian selaku Managing Director TIKI.

Berangkat dari semangat yang sama, Sabrina Purba selaku Brand Manager Chocolate Mondelez Indonesia mengatakan, “Sejalan dengan Bukalapak, Mondelez Indonesia juga memiliki misi untuk memberdayakan komunitas. Senang rasanya bisa hadir di tengah-tengah pelapak dan para pelaku industri kreatif yang memiliki semangat kolaborasi serta inovasi.”

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: