Apa Itu Kemitraan Bisnis?

Apa Itu Kemitraan Bisnis? Foto: Unsplash/Rawpixel

Manusia ditakdirkan menjadi makhluk sosial, yang membutuhkan bantuan satu dengan yang lainnya. Mereka tidak bisa mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Itulah mengapa kemitraan hadir. Kemitraan dalam segi apapun itu rumit, salah satunya kemitraan dalam berbisnis.

Kemitraan bisnis memerlukan pertahanan waktu yang besar agar sukses. Dengan kemitraan, bisnis terbukti lebih tahan lama daripada yang pernah dibayangkan siapa pun. Ketahui dahulu tentang kemitraan bisnis sebelum Anda memulainya.

Apa itu Kemitraan Bisnis?

Kemitraan bisnis adalah kontrak di antara para mitra perusahaan di mana syarat dan ketentuan kemitraan dinyatakan secara jelas termasuk rasio bagi hasil, kewajiban, aset, investasi, dll.

Kemitraan bisa membuat bisnis Anda meroket jika Anda memainkan kartu Anda dengan benar. Inilah bagaimana Anda dapat memastikan bahwa angin kemitraan poin positif terhadap Anda dan perusahaan Anda.

Kekuatan Dialog dan Komunikasi

Memiliki aliran komunikasi yang jelas sebelum menetapkan akta kemitraan dan selama berjalan normal dari perusahaan adalah aspek yang sangat penting. Kekuatan dialog sangat besar, oleh karena itu, penting bahwa para mitra menggunakan bentuk komunikasi ini untuk menghilangkan kerutan dalam fungsi sehari-hari perusahaan.

Sudhanshu Sinhal, seorang pengusaha EdTech dan direktur pengelola Sinhal Classes Pvt. Ltd mengatakan, “Banyak fall-out di mitra bisnis terjadi karena sistem nilai yang berbeda. Jadi sangat penting bahwa seseorang membutuhkan waktu untuk mengetahui calon pasangan mereka dengan melakukan percakapan yang bermakna."

Perjuangan Bersama

Dalam kemitraan, kedua pihak berbagi lebih banyak dari apa yang disebutkan dalam kontrak atau akta.

“Beberapa hal yang saya pikir harus dipertimbangkan sebelum memasuki kemitraan bisnis apa pun termasuk memiliki visi bersama jangka panjang, perjanjian pemegang saham kedap udara yang membawa banyak diskusi sulit di awal, tetapi membantu menghindari banyak kepahitan di kemudian hari dan tentu saja, peran dan tanggung jawab yang jelas,” kata Prateek N Kumar, CEO & MD, NeoNiche Integrated Solutions Pvt. Ltd.

Yang terpenting adalah Kerangka

Dalam kemitraan, mitra tidak boleh melupakan pentingnya memiliki kerangka kerja sebelum meletakkan pedoman lain.

"Menjaga investasi modal dan keuangan di tempat sangat penting untuk pembagian kekuatan yang sama di antara para mitra," tambah Kapahi.

Kumar lebih lanjut menjelaskan bahwa untuk skenario terburuk; mitra harus mencapai dan menyusun "Anggaran Dasar" yang berkelanjutan dan dapat dilaksanakan untuk menjaga situasi bergolak di teluk.

Kesatuan

Sangat penting bagi para mitra yang menjalankan perusahaan untuk selaras dengan harapan masing-masing dan benar-benar sesuai dengan tujuan dan visi perusahaan.

Mukhija menjelaskan, “Kami pertama-tama menetapkan kecocokan jangka panjang dari calon mitra dengan etos merek."

Dia juga menambahkan bahwa fokus mereka sebagai tim bergantung pada produk berkualitas tinggi dan edgy di atas segalanya. Jadi, menyimpulkan fakta bahwa para mitra harus bersatu untuk memimpin usaha mereka menuju kemenangan di jalan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini