Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hingga Kuartal III 2018, GMV Shopee Tumbuh 152,7%

Hingga Kuartal III 2018, GMV Shopee Tumbuh 152,7% Kredit Foto: Tanayastri Dini Isna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform e-commerce Shopee mengalami pertumbuhan dengan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar 152,7% di kuartal ketiga 2018, meningkat bila dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun lalu. Selain itu, jumlah pengguna juga mengalami pertumbuhan sekitar 150% di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan, dibandingkan dengan kuartal ketiga 2017.

Director of Shopee Indonesia, Christin Juarto mengaku optimistis dengan pertumbuhan bisnis perusahaannya. Menurutnya, perkembangan sebesar dua digit sudah sangat baik dalam bisnis, sehingga pertumbuhan Shopee yang mencapai tiga digit sejak tahun lalu dinilai sebagai hal yang positif. 

"Pertumbuhan, kami bandingkan kuarter III tahun ini dengan tahun lalu, sudah berkembang lebih dari 150%. Dari tahun ke tahun itu biasanya bisnis berkembang dua digit saja sudah luar biasa, ini hingga tiga digit untuk kami. Itu juga baru sampai kuarter III, belum termasuk 11.11, jadi kami sangat positif dengan pertumbuhan kami," jelas Christin kepada Warta Ekonomi.

Selain pada GMV, pertumbuhan karyawan yang dimiliki Shopee juga mengalami kenaikan hingga lima kali lipat, dari yang awalnya tiga karyawan menjadi 30.000 karyawan. Pertumbuhan karyawan itu menandakan berkembangnya minat terhadap bisnis e-commerce di Indonesia.

Pada Rabu (28/11/2018) sore, Christin berkata, "Hingga saat ini kami sudah memiliki sekitar 30.000 karyawan, luar biasa sekali. Saya sendiri dulu fokusnya ada di bisnis online gaming, sama-sama di internet juga."

Ketika ditanya mengenai strategi dalam menumbuhkan bisnisnya di Indonesia, Christin mengklaim strategi big sale seperti 11.11 Single's Day dan promosi di angka cantik menjadi salah satu faktor pendukungnya. Selain itu, penawaran langsung dalam bentuk gratis ongkos kirim dan cashback juga menjadi daya tarik perusahaannya bagi konsumen.

"Di luar strategi big sale, kami juga mengadakan inovasi lain lagi, seperti Goyang Shopee, Kuis Shopee. Kami bisa lakukan live quiz dijawab dan diikuti lebih dari satu juta pengguna dalam waktu bersamaan. Menurut kami, itu sangat efektif untuk membuat pembeli tertarik untuk selalu bertransaksi di Shopee."

Menyambut 2019, Shopee berkomitmen untuk selalu berinovasi dalam bisnisnya. Dalam kesempatan yang sama, Christin mengatakan akan mengembangkan promosi, melebarkan bisnis ke bidang hiburan yang lebih besar lagi, dan berencana melibatkan pasar gim mobile pada aplikasi Shopee.

"Tahun ini, kami berhasil menggandeng Blackpink sebagai brand ambassador di bidang hiburan. Untuk tahun depan, kami akan berinovasi pada promosi, brand ambassador atau entertainment yang lebih besar lagi, kami juga akan membawa hiburan dari sisi lain, seperti gim dalam smartphone dan sebagainya," jelas Christin.

Shopee juga menginisiasi rangkaian edukasi untuk para pengusaha lokal dalam masuk ke dunia e-commerce melalui Kampus Shopee. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 30.000 peserta dilebih dari 30 kota. Sampai saat ini, aplikasi Shopee di Google Play dan App Store sudah diunduh sekitar 74 juta pengguna di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: