Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Program Tol Listrik Sumut Ditargetkan Rampung Desember 2018

Program Tol Listrik Sumut Ditargetkan Rampung Desember 2018 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Medan -

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIP SBU) terus mengebut proses pembangunan jaringan dari Simangkuk, Kab. Tobasamosir ke Galang, di Deliserdang yang menjadi bagian dari program tol listrik Sumatera bertegangan 275 kV.

GM PLN UIP SBU Octavianus Padudung mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam proses pembangunan jaringan yang sebenarnya dilakukan untuk memperkuat jaringan 150 kV yang sudah beroperasi sebelumnya.

"Selain faktor cuaca yang menjadi kendala teknis, juga soal penolakan dari masyarakat yang akan dipakai lahannya," katanya, Kamis (29/11/2018).

Padahal, katanya, berdasarkan aturan, PLN hanya bisa memberikan kompensasi sebesar 15 persen permeter dari nilai tanah yang terpakai untuk pertapakan, atau areal warga yang terkena bagian dari infrastruktur termasuk yang terkena lintasan tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

"Tapi faktanya ada saja masyarakat yang tidak memahami ini. Ya ujung-ujungnya minta lebih. Padahal kita sudah melakukan sosialisasi dan menjelaskan bahwa pembangunan ini bakal membuat listrik kita akan semakin baik," ujarnya.

Tol listrik 275 KV itu, jika rampung akan menambah keandalan listrik di Sumatera Utara. Surplus listrik di Sumut juga akan bertambah dengan seluruh pembangkitnya.

"Jika target jalur Simangkuk-Galang ini selesai tepat waktu, pada Maret 2019 mendatang, pihaknya akan memulai pembangunan jalur Sarulla-Simangkuk, sehingga tol listrik itu akan terwujud secara utuh," pungkasnya. 

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: