Portal Berita Ekonomi Minggu, 16 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:34 WIB. BM - Distributor ponsel lokal keluhkan rugi akibat ponsel BM.
  • 16:33 WIB. Kemenkominfo - Kemenkominfo ungkap aduan pornografi tembus 868 ribu.
  • 16:32 WIB. Youtube - Youtube Rewind 2018 jadi video dengan dislike terbanyak.
  • 16:31 WIB. Mobile Legends - Mobile Legends siap rilis hero baru Kadita yang mirip Nyi Roro Kidul.
  • 16:30 WIB. Grab - Grab punya 220 engineer di pusat riset Jakarta.
  • 16:29 WIB. WhasApp - Pengguna WhatsApp Indonesia bisa nonton Youtube sambing chatting.
  • 16:22 WIB. California - Warga California akan kena pajak SMS.
  • 16:21 WIB. SoftBank - SoftBank tak lagi pakai Huawei.
  • 16:21 WIB. Apple - Fitur Connect Apple Music dimatikan.
  • 16:20 WIB. Apple - Apple digugat soal layar iPhone baru.
  • 16:19 WIB. Samsung - Samsung tambal celah berbahaya di situsnya.

Hipnotis Pelanggan di Musim Liburan dengan 3 Tips Berikut

Foto Berita Hipnotis Pelanggan di Musim Liburan dengan 3 Tips Berikut
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Musim liburan akhir tahun sebentar lagi akan tiba. Berbagai promo yang digencar para penjual sudah mulai marak. Salah satu strategi yang digunakan para penjual untuk menarik peminat dengan memanfaatkan musim liburan ini.

Namun, konsumen harus teliti terhadap barang yang ia ingin belanjakan ketika diskon dan promo sedang marak-maraknya. Pasalnya, tidak jarang penjual yang asal-asalan menjual barang atau jasanya karena harga yang mereka tawarkan tidak semestinya, hanya untuk menarik pelanggan saja.

Sebagai penjual pun, sebaiknya apabila itu merupakan sebuah strategi untuk mengembangkan bisnis, alangkah baiknya jika Anda juga mengutamakan kualitas agar pelanggan Anda tidak hanya membeli saat itu, tetapi kembali lagi dan lagi untuk membeli.

Berikut beberapa kiat untuk menarik pelanggan di musim liburan dan tetap mengutamakan kualitas penjualan:

Buat pembelian yang Anda dorong relevan dengan pembelian asli

Salah satu kiat paling penting untuk meningkatkan pelanggan yang sudah ada adalah dengan membuat penjualan lebih relevan dengan pembelian asli mereka. Bayangkan Anda baru saja membeli kasur baru. Jika penjual segera mencoba menjual kasur lain kepada Anda, Anda tidak akan melakukannya; Anda tidak perlu kasur lain sekarang.

Tetapi jika orang ini menyarankan Anda perlu bantal baru untuk pergi dengan kasur baru Anda, sekarang lebih masuk akal. Jadi, jika Anda yang melakukan strategi penjualan di musim liburan, tidak hanya produk yang relevan dengan pembelian asli, tetapi juga harus menyelesaikan masalah. Anda bahkan dapat memperkenalkan masalah tambahan yang mungkin belum dipikirkan oleh pelanggan.

Gunakan diskon dan urgensi

Segala upaya Anda untuk merekomendasikan belanja yang mahal tidak akan meyakinkan pelanggan yang sudah menghabiskan uang dengan perusahaan Anda untuk membeli lagi. Pelanggan tahu ketika Anda mencoba untuk meningkatkan penjualan mereka, jadi jika Anda mencoba menjual pelanggan dengan harga yang sangat mahal, mereka akan melihat bahwa Anda hanya berusaha mendapatkan uang sebanyak mungkin dari mereka. Namun, menawarkan diskon akan membantu membuat penjualan lebih mudah bagi pelanggan untuk menerima.

Tips lain adalah menggunakan urgensi untuk meyakinkan pelanggan agar melakukan penjualan lebih tinggi. Jika Anda menawarkan diskon kepada pelanggan yang melakukan penjualan lebih tinggi, pastikan untuk memberi tahu mereka bahwa penawaran tersebut hanya tersedia untuk waktu yang terbatas.

Karena jika pelanggan tahu diskon akan selalu tersedia, mereka tidak akan terburu-buru untuk meningkatkan. Jadi, tetapkan batas waktu pada diskon Anda atau beri tahu pelanggan bahwa ada sejumlah barang yang tersisa.

Dapatkan pelanggan untuk meningkatkan diri

Anda bahkan tidak perlu bertanya atau meyakinkan pelanggan untuk melakukan penjualan lebih tinggi; Anda dapat benar-benar mendapatkan pelanggan untuk meningkatkan diri.

Untuk bisnis SaaS khususnya, mendapatkan pelanggan yang sudah ada untuk meningkatkan diri sendiri adalah mudah, ketika Anda dapat membuat paket harga dengan batasan. Ketika pelanggan menyadari bahwa mereka menginginkan lebih banyak penyimpanan, fitur atau kemampuan, mereka akan membuat keputusan untuk melakukan penjualan sendiri.

Dengan kiat-kiat ini untuk meningkatkan pelanggan yang sudah ada, Anda tidak perlu khawatir akan mematikan orang dan kehilangan bisnis mereka. Selama Anda meningkatkan hal yang benar pada saat yang tepat, kegiatan penting ini tidak akan tampil agresif. Pelanggan setia Anda akan melihatnya seperti apa adanya.

Tag: Tips Bisnis, strategi bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Sunyu

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6169.843 -7.877 621
2 Agriculture 1522.036 5.966 20
3 Mining 1764.925 -11.589 47
4 Basic Industry and Chemicals 841.598 -5.250 71
5 Miscellanous Industry 1418.274 -2.043 46
6 Consumer Goods 2529.665 13.782 49
7 Cons., Property & Real Estate 454.173 -0.929 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1056.334 -5.796 71
9 Finance 1173.614 -2.714 91
10 Trade & Service 791.592 0.061 153
No Code Prev Close Change %
1 ZONE 555 690 135 24.32
2 GLOB 182 226 44 24.18
3 PADI 655 810 155 23.66
4 YPAS 610 750 140 22.95
5 PNSE 935 1,100 165 17.65
6 KICI 260 300 40 15.38
7 RIMO 151 172 21 13.91
8 KINO 2,470 2,810 340 13.77
9 ETWA 72 79 7 9.72
10 PTSN 880 965 85 9.66
No Code Prev Close Change %
1 KONI 450 340 -110 -24.44
2 SQMI 418 316 -102 -24.40
3 SSTM 510 396 -114 -22.35
4 SOTS 545 444 -101 -18.53
5 MTSM 228 202 -26 -11.40
6 GDYR 2,140 1,900 -240 -11.21
7 META 244 220 -24 -9.84
8 TRAM 180 165 -15 -8.33
9 INCF 242 222 -20 -8.26
10 ASJT 380 350 -30 -7.89
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 360 352 -8 -2.22
2 TLKM 3,750 3,730 -20 -0.53
3 BBRI 3,680 3,680 0 0.00
4 KPAS 705 705 0 0.00
5 RIMO 151 172 21 13.91
6 TRAM 180 165 -15 -8.33
7 ADRO 1,280 1,285 5 0.39
8 BHIT 61 61 0 0.00
9 MERK 7,200 7,500 300 4.17
10 ASII 8,450 8,450 0 0.00

Recommended Reading