Kementerian Pendidikan Malaysia Bantah Skandal 1MDB Masuk Kurikulum Pelajaran Sejarah

Kementerian Pendidikan Malaysia Bantah Skandal 1MDB Masuk Kurikulum Pelajaran Sejarah Kredit Foto: Reuters/Olivia Harris

Sehari setelah menteri pendidikan Malaysia dilaporkan mengatakan kepada parlemen bahwa skandal 1MDB akan dimasukkan dalam silabus sejarah untuk siswa nasional, kementeriannya justru menyangkal bahwa ada rencana untuk melakukannya.

"Laporan media tentang komentar Menteri Pendidikan Maszlee Malik tidak akurat," ungkap sekretaris persnya dalam sebuah pernyataan pada Selasa (4/12/2018), menjelaskan bahwa Maszlee hanya mengatakan bahwa masalah itu akan dimasukkan dalam sejarah Malaysia.

"Ketika dia membalas pertanyaan tambahan oleh parlemen Pontian, Maszlee hanya mengatakan masalah 1MDB akan dimasukkan dalam sejarah Malaysia," ungkap pernyataan itu.

"Iya atau tidak (1MDB) akan dimasukkan ke dalam silabus terserah komite penelitian kurikulum dari Departemen Pendidikan," ungkapnya.

Pada Senin (3/12/2018), Maszlee yang dikutip oleh berbagai media lokal mengatakan: "Saya dapat meyakinkan Anda bahwa skandal 1MDB akan dimasukkan dalam pelajaran sejarah kami sehingga tidak ada yang akan mengulanginya di masa depan," tuturnya.

Komentarnya mendapat kecaman, dengan beberapa netizen mengatakan bahwa menteri seharusnya tidak menyeret politik ke dalam sistem pendidikan.

Mantan perdana menteri Najib Razak, yang menghadapi beberapa dakwaan terkait dengan 1MDB, mengatakan pada hari Selasa: "Ada waktu dan tempat untuk politik, dan itu bukan di sekolah," pungkasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini