Portal Berita Ekonomi Rabu, 19 Desember 2018

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 06:30 WIB. BRI Life -  BRI Life menargetkan perolehan premi senilai Rp8 triliun pada 2019.
  • 06:29 WIB. Mandiri - Mandiri dengan JCB International Indonesia menerbitkan kartu kredit JCB Precious.
  • 06:28 WIB. BTN - BTN bekerja sama dengan Jamkrindo dalam penjaminan kredit maupun ekspansi pembiayaan. 
  • 06:27 WIB. AP I - AP I memproyeksikan capex periode 2019—2023 mencapai Rp76 triliun.
  • 06:25 WIB. Perinus - Perinus menargetkan peningkatan hasil tangkapan sekitar 22,41% untuk tahun depan menjadi 35.127 ton.
  • 06:24 WIB. Pertamina - Pertamina menargetkan pembentukan perusahaan patungan bersama Saudi Aramco untuk proyek Kilang Cilacap dapat terealisasi tahun depan. 
  • 06:21 WIB. Pelindo IV - Pelindo IV akan membangun Car Terminal di Makassar.
  • 06:19 WIB. Jiwasraya - Korban kasus gagal bayar produk saving plan Jiwasraya kini berjumlah 156 pemegang polis.
  • 06:17 WIB. BRI - Kementerian BUMN meminta BRI untuk membantu kasus yang mendera Jiwasraya. 
  • 06:15 WIB. WSKT - Waskita sedang mengkaji investasi di Bandara Palangkaya bersama dengan AP II.
  • 06:14 WIB. WSKT - Waskita akan membidik infastruktur bandara sebagai investasi baru.
  • 06:12 WIB. JSMR - Jasamarga menargetkan akan mengoperasikan sekitar 200 km jalan tol tahun depan.
  • 06:11 WIB. JSMR -  Akhir tahun 2018, Jasa Marga akan mengoperasikan total jalan tol sepanjang 998,4 km.
  • 06:06 WIB. PLN - Apkabel mengatakan kebutuhan dari PLN tahun ini membuat permintaan kabel naik 20%.
  • 20:41 WIB. Tik Tok - Tik Tok rilis pusat keamanan.

Jadikan Pameran Sebagai Ajang Pemasaran UKM Anda

Foto Berita Jadikan Pameran Sebagai Ajang Pemasaran UKM Anda
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Alat pemasaran sebuah UKM ada banyak jenisnya, salah satunya melalui pameran. Pameran yang diadakan dan melibatkan UKM di dalamnya dapat menjadi kunci pemasaran agar UKM dapat dilihat dan diketahui masyarakat yang hadir.

Dalam menjajakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh UKM di pameran, Anda dapat ‘mencari muka’ dan menarik perhatian konsumen dengan berbagai macam cara, sekreatif dan semenarik mungkin.

Pameran sebagai Alat Pemasaran

Pameran adalah alat pemasaran paling efektif untuk sektor UKM, yang menyediakan platform besar bagi perusahaan untuk terlibat dan bertemu calon pelanggan secara langsung.

Hari ini, pameran dagang menawarkan peluang maksimum di satu tempat dalam periode terbatas untuk UKM dan menghasilkan banyak prospek dan transaksi. Mereka juga menawarkan berbagai macam tayangan dan inspirasi baru.

Selain itu, mereka memfasilitasi pertukaran dan kerja sama, yang mengarah ke visi dan proyek yang dapat memberikan putaran baru bagi UKM. Selain itu, pameran dagang juga mendukung UKM melalui dimasukkannya fitur-fitur seperti paviliun khusus untuk UKM, bersama dengan kehadiran perusahaan modal ventura untuk menyediakan investasi benih untuk ide-ide yang menarik; job fair dan seminar yang berwawasan luas oleh para pemimpin pemikiran industri.

Dukungan & Inisiatif Pemerintah

Berpartisipasi dalam pameran dagang besar dapat menjadi mahal untuk unit bisnis kecil dan sangat penting untuk meluangkan waktu dalam due diligence untuk merencanakan biaya dan strategi untuk pemasaran di pameran dagang.

Menurut laporan industri baru-baru ini oleh Asosiasi Industri Pameran India (IEIA), pemerintah India telah memperkenalkan beberapa skema untuk mendukung partisipasi UKM dalam pameran dagang. The National Small Industries Corporation di bawah Kementerian UMKM menyediakan skema untuk mengatur dan berpartisipasi dalam pameran dan mendukung co-sponsoring dari pameran. Kementerian UMKM akan mendukung penyediaan ruang untuk pameran dengan harga bersubsidi kepada peserta pameran yang terlibat dalam promosi & pengembangan pertumbuhan UMKM di India.

Peran penting dalam Pembangunan Bangsa

UKM adalah pemain kunci dalam ekonomi dan ekosistem perusahaan yang lebih luas. Memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan berkembang dalam lingkungan yang lebih terbuka dan berpartisipasi lebih aktif dalam transformasi digital sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memberikan globalisasi yang lebih inklusif.

Di India, jumlahnya adalah UKM diperkirakan sekitar 42,50 juta dan mempekerjakan sekitar 40 persen dari tenaga kerja yang hanya di samping sektor pertanian. Industri pameran menciptakan berbagai platform dan peluang bagi UKM dan memulai untuk mengembangkan dan memamerkan layanan mereka dan terlibat dengan para pemangku kepentingan mereka.

Tag: Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Cahyo Prayogo

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6081.867 -7.438 621
2 Agriculture 1530.458 0.983 20
3 Mining 1720.067 -20.197 47
4 Basic Industry and Chemicals 829.258 6.156 71
5 Miscellanous Industry 1407.197 10.701 46
6 Consumer Goods 2485.081 -0.352 49
7 Cons., Property & Real Estate 442.497 -5.069 73
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1050.648 2.298 71
9 Finance 1157.320 -4.652 91
10 Trade & Service 782.748 -0.305 153
No Code Prev Close Change %
1 GLOB 282 352 70 24.82
2 AGRS 230 286 56 24.35
3 TRUS 268 322 54 20.15
4 KICI 270 320 50 18.52
5 KONI 424 500 76 17.92
6 LUCK 655 770 115 17.56
7 ABBA 89 104 15 16.85
8 DUCK 1,435 1,615 180 12.54
9 TFCO 590 660 70 11.86
10 VIVA 117 130 13 11.11
No Code Prev Close Change %
1 SSTM 478 400 -78 -16.32
2 POLL 1,760 1,550 -210 -11.93
3 SDRA 850 750 -100 -11.76
4 TIRA 150 133 -17 -11.33
5 ENRG 63 56 -7 -11.11
6 AHAP 68 61 -7 -10.29
7 SQMI 300 270 -30 -10.00
8 POOL 4,690 4,240 -450 -9.59
9 ETWA 79 72 -7 -8.86
10 HEAL 2,850 2,600 -250 -8.77
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 360 362 2 0.56
2 BBCA 25,825 25,325 -500 -1.94
3 BBRI 3,600 3,630 30 0.83
4 TLKM 3,710 3,740 30 0.81
5 LPPF 5,825 5,825 0 0.00
6 PTBA 4,390 4,230 -160 -3.64
7 UNTR 28,700 29,125 425 1.48
8 RIMO 140 141 1 0.71
9 ADRO 1,280 1,240 -40 -3.12
10 ITMG 20,150 20,000 -150 -0.74