Portal Berita Ekonomi Rabu, 20 Maret 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 06:49 WIB. Internet - Operator seluler perkuat sinyal internet di area wisata.
  • 06:26 WIB. Go-Jek - Go-Jek tersandung lagi regulasi di Filipina.
  • 06:23 WIB. Palapa Ring - Kemenkominfo sebut Telkom dan Indosat sudah uji Palapa Ring Tengah.
  • 06:21 WIB. Trump - Trump tuduh Facebook dan Twitter diskriminatif.
  • 01:11 WIB. IPCC - Ekspansi IPCC di luar negeri diharapkan bakal tingkatkan layanan.
  • 01:09 WIB. SMF - SMF gencar menerbitkan surat berharga untuk merealisasi target pembiayaan KPR sebesar Rp10 triliun tahun ini.
  • 01:08 WIB. Mandiri - Bank Mandiri yakin migrasi 50% kartu debit berchip rampung November.
  • 01:06 WIB. MRT - MRT Fase dua segera Groundbreaking.
  • 01:05 WIB. Mandiri - Bank Mandiri menaikkan suku bunga deposito dolar 0,75 Persen.
  • 01:04 WIB. Pertamina - Pertamina & Hiswana Migas berjanji menjaga harga LPG jelang Pemilu.
  • 21:43 WIB. BNI - Kemenkop menunjuk BNI menjadi bank penyalur KPR untuk seluruh pegawainya.

Jadikan Pameran Sebagai Ajang Pemasaran UKM Anda

Jadikan Pameran Sebagai Ajang Pemasaran UKM Anda - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Alat pemasaran sebuah UKM ada banyak jenisnya, salah satunya melalui pameran. Pameran yang diadakan dan melibatkan UKM di dalamnya dapat menjadi kunci pemasaran agar UKM dapat dilihat dan diketahui masyarakat yang hadir.

Dalam menjajakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh UKM di pameran, Anda dapat ‘mencari muka’ dan menarik perhatian konsumen dengan berbagai macam cara, sekreatif dan semenarik mungkin.

Pameran sebagai Alat Pemasaran

Pameran adalah alat pemasaran paling efektif untuk sektor UKM, yang menyediakan platform besar bagi perusahaan untuk terlibat dan bertemu calon pelanggan secara langsung.

Hari ini, pameran dagang menawarkan peluang maksimum di satu tempat dalam periode terbatas untuk UKM dan menghasilkan banyak prospek dan transaksi. Mereka juga menawarkan berbagai macam tayangan dan inspirasi baru.

Selain itu, mereka memfasilitasi pertukaran dan kerja sama, yang mengarah ke visi dan proyek yang dapat memberikan putaran baru bagi UKM. Selain itu, pameran dagang juga mendukung UKM melalui dimasukkannya fitur-fitur seperti paviliun khusus untuk UKM, bersama dengan kehadiran perusahaan modal ventura untuk menyediakan investasi benih untuk ide-ide yang menarik; job fair dan seminar yang berwawasan luas oleh para pemimpin pemikiran industri.

Dukungan & Inisiatif Pemerintah

Berpartisipasi dalam pameran dagang besar dapat menjadi mahal untuk unit bisnis kecil dan sangat penting untuk meluangkan waktu dalam due diligence untuk merencanakan biaya dan strategi untuk pemasaran di pameran dagang.

Menurut laporan industri baru-baru ini oleh Asosiasi Industri Pameran India (IEIA), pemerintah India telah memperkenalkan beberapa skema untuk mendukung partisipasi UKM dalam pameran dagang. The National Small Industries Corporation di bawah Kementerian UMKM menyediakan skema untuk mengatur dan berpartisipasi dalam pameran dan mendukung co-sponsoring dari pameran. Kementerian UMKM akan mendukung penyediaan ruang untuk pameran dengan harga bersubsidi kepada peserta pameran yang terlibat dalam promosi & pengembangan pertumbuhan UMKM di India.

Peran penting dalam Pembangunan Bangsa

UKM adalah pemain kunci dalam ekonomi dan ekosistem perusahaan yang lebih luas. Memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan berkembang dalam lingkungan yang lebih terbuka dan berpartisipasi lebih aktif dalam transformasi digital sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memberikan globalisasi yang lebih inklusif.

Di India, jumlahnya adalah UKM diperkirakan sekitar 42,50 juta dan mempekerjakan sekitar 40 persen dari tenaga kerja yang hanya di samping sektor pertanian. Industri pameran menciptakan berbagai platform dan peluang bagi UKM dan memulai untuk mengembangkan dan memamerkan layanan mereka dan terlibat dengan para pemangku kepentingan mereka.

Tag: Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Cahyo Prayogo

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,813.17 3,774.39
British Pound GBP 1.00 18,984.78 18,789.17
China Yuan CNY 1.00 2,132.21 2,111.03
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,299.00 14,157.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,159.44 10,051.47
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,821.58 1,803.46
Dolar Singapura SGD 1.00 10,586.36 10,477.35
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,217.93 16,055.45
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,511.54 3,473.26
Yen Jepang JPY 100.00 12,859.97 12,729.97

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6480.276 -29.171 628
2 Agriculture 1503.229 -7.168 21
3 Mining 1873.047 3.764 47
4 Basic Industry and Chemicals 893.501 -9.954 71
5 Miscellanous Industry 1289.313 -14.320 46
6 Consumer Goods 2662.032 -26.975 51
7 Cons., Property & Real Estate 461.343 1.179 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1174.299 -11.551 72
9 Finance 1244.347 -0.730 91
10 Trade & Service 829.161 2.341 155
No Code Prev Close Change %
1 MLPT 1,135 1,415 280 24.67
2 ATIC 825 990 165 20.00
3 JSKY 1,045 1,245 200 19.14
4 KPAL 262 312 50 19.08
5 MFMI 730 850 120 16.44
6 HDFA 156 180 24 15.38
7 MINA 720 825 105 14.58
8 TMAS 700 800 100 14.29
9 BALI 1,220 1,385 165 13.52
10 BBLD 442 496 54 12.22
No Code Prev Close Change %
1 INCF 386 290 -96 -24.87
2 JAYA 268 202 -66 -24.63
3 INCI 645 560 -85 -13.18
4 KDSI 1,175 1,025 -150 -12.77
5 BCAP 189 168 -21 -11.11
6 CSAP 640 575 -65 -10.16
7 KBLV 520 470 -50 -9.62
8 MFIN 1,100 995 -105 -9.55
9 AKRA 5,300 4,820 -480 -9.06
10 SAPX 740 675 -65 -8.78
No Code Prev Close Change %
1 JAYA 268 202 -66 -24.63
2 SIMA 394 396 2 0.51
3 BNLI 980 920 -60 -6.12
4 BMRI 7,100 7,400 300 4.23
5 MYRX 105 103 -2 -1.90
6 LPPF 4,100 4,010 -90 -2.20
7 BBRI 4,040 3,990 -50 -1.24
8 AKRA 5,300 4,820 -480 -9.06
9 KBLI 316 352 36 11.39
10 TLKM 3,830 3,780 -50 -1.31