Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Cara 5 CEO Hadapi Konflik di Perusahaan

Begini Cara 5 CEO Hadapi Konflik di Perusahaan Kredit Foto: Unsplash/Chris Benson
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di setiap perusahaan, proses pekerjaannya pasti tidak selalu berjalan mulus. Terlebih lagi ada banyak kepala di dalam perusahaan itu yang kerap memiliki perbedaan pendapat dan memunculkan konflik.

Lantas, bagaimana para CEO menghadapi itu? Menghadapi berbagai argumen dari karyawan atau bahkan rekanan mereka sendiri. Kelima CEO ini membagikan pendapatnya:

1. Hadapi itu

“Jika orang-orang mendatangi saya dengan konflik, pertanyaan pertama saya adalah apakah mereka sudah memanggil orang atau orang itu secara langsung. Jika mereka belum, saya mengirim mereka kembali. Saya jelas tentang harapan ini sejak hari pertama, dan tinjauan kinerja karyawan mencakup peringkat kemampuan mereka untuk memberikan umpan balik yang membangun. Mengalihkan insentif untuk nilai ini telah menyebabkan tidak ada drama dan gosip di tempat kerja, tempat kerja nol-gosip," kata Lauren Schulte, CEO dan pendiri, The Flex Company.

2.  Tahu kapan harus memutuskan ikatan

“Saya mendukung gagasan bahwa ada tiga sisi dari setiap cerita—kisah Anda, milik saya dan kebenaran yang ada di antara keduanya. Mengatasi konflik dan bekerja untuk menemukan tujuan bersama adalah cara terbaik untuk menangani bentrokan dan bahkan menemukan cara untuk berkolaborasi lebih dalam. Semua yang dikatakan, terkadang masalah tidak dapat diselesaikan. Dan kadang-kadang pembubaran adalah resolusi terbaik untuk semua orang, pemecatan misalnya,” ucap Aaron Kwittken, pendiri dan CEO, KWT Global.

3.  Bawa keluar

“Kami cenderung menyelesaikan konflik kecil dan masalah dengan cepat. Yang mengatakan, ketika orang memiliki perbedaan mendasar dalam cara mereka mendekati keputusan individu atau tim, saya menemukan yang terbaik adalah hanya mengambil waktu sambil minum kopi atau bir di luar kantor. Berada dalam situasi yang berbeda cenderung menambah kesempitan pada situasi yang terkadang hanya membutuhkan perspektif semacam itu," ungkap Paul Hedrick, pendiri dan CEO, Tecovas.

4.  Rangkullah

“Saya telah bekerja dengan salah satu pendiri saya, selama lebih dari 20 tahun, dan kami senang berdebat. Ini mungkin tampak seperti berkelahi kadang-kadang, tetapi itu hanya mendorong kita satu sama lain menuju hasil terbaik. Jadi dalam konteks ini, konflik itu bagus. Konflik yang terjadi pada kami tidak pernah kami hindari, kami selalu berusaha berkompromi dan bergerak maju dengan kejelasan dan tujuan,” kata Michael Serbinis, pendiri dan CEO, League.

5.  Tetap konstruktif

“Konflik itu sehat jika dilakukan dengan benar. Kami memiliki satu perbedaan penting antara konflik yang sehat dan tidak sehat: Jika perselisihan dalam perspektif meningkatkan sesuatu, itu bagus. Tetapi jika tujuannya adalah untuk meruntuhkan atau menghalangi, itu tidak sehat. Kami berkata, 'Jadilah kritis, bukan sinis," jelas Christian Lanng, CEO, Tradeshift.

Apakah cara Anda menghadapi konflik dan perdebatan di dalam perusahaan dengan cara yang sama dengan kelima CEO tersebut?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: