Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2019, Jalur Tol Semarang-Demak Dibangun

2019, Jalur Tol Semarang-Demak Dibangun Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan jalur tol Semarang-Demak di Jawa Tengah bisa dimulai pada 2019.

"Tol Semarang-Demak ini sedang mengajukan penlok-nya (penetapan lokasi, red.)," katanya saat launching proyek KBPU Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM) Semarang Barat, di Semarang, Rabu (12/12/2018).

Setelah itu, kata dia, akan ditenderkan sehingga pada 2019 bisa mulai dibangun mulai dari Semarang hingga Demak, kemudian terus berlanjut hingga ke timur sampai Surabaya.

Jalur tol Semarang-Demak, kata dia, dibangun untuk mengurangi kepadatan kendaraan di jalur pantai utara (Pantura), sekaligus untuk mengatasi rob dan banjir di wilayah pesisir.

"Nanti dari Semarang, Demak, sampai Kudus, Pati, Rembang, Lasem, Tuban, Lamongan, hingga Surabaya. Sekarang ini lagi sampai di Demak, sambil mengatasi rob," katanya.

Basuki menambahkan pemerintah juga berencana membangun jalur tol trans Jawa selatan, mulai dari Bogor, Ciawi, Ciranjang, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Cilacap, Yogyakarta, hingga Solo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: