Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Stasiun Senen dan Gambir Siapkan 79 Perjalanan Hadapi Pekan Natal dan Tahun Baru 2019

Stasiun Senen dan Gambir Siapkan 79 Perjalanan Hadapi Pekan Natal dan Tahun Baru 2019 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Kereta Api Indnesia (Persero) atau KAI khususnya Daop 1 Jakarta, memastikan kesiapan jelang masa angkutan Natal & Tahun Baru 2019 (Nataru). Tahun ini masa angkutan Nataru ditetapkan selama 18 hari yakni mulai tanggal 20 Desember 2018 sampai dengan 6 Januari 2019.

Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen yang masuk dalam operasional KAI Daop 1 menyediakan 79 perjalanan. Dari total 79 perjalanan ini, 60 diantaranya merupakan KA Reguler dan 19 lainnya adalah KA Tambahan. Bila dirinci lebih lanjut, Stasiun Gambir melayani 46 perjalanan dan Stasiun Senen melayani 33 perjalanan.

EVP KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, mengatakan, KA Fakultatif (5 Perjalanan KA) dan KA Tambahan (14 perjalanan KA) dengan total kapasitas seat sebanyak 10.470 akan mulai berperasi pada 20 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019.

"Untuk jumlah perjalanan KA reguler yang beroperasi sebanyak 60 perjalanan dengan jumlah tempat duduk yang disediakan sebanyak 35.336 seat. Sehingga total jumlah KA yang siap melayani penumpang pada masa angkutan Nataru kali ini 79 perjalanan KA. Jumlah ini meningkat 9% dibanding masa angkutan Nataru sebelumnya yakni sebesar 72 perjalanan KA," jelas Dadan di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Lanjut Dadan, beberapa KA seperti Brantas Tambahan dan Mataram Premium operasional akan dimulai sejak 13 Desember. Sehingga total tempat duduk yang disediakan sebanyak 69.850 seat. Angka ini meningkat 12% jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu yang sebesar 62.264 seat.

KAI Daop 1 juga memperkirakan, volume selama 18 hari masa angkuan tersebut diprediksi meningkat ebesar 5% atau sebanyak 1.216.442 penumpang dibandingkan masa angkutan Nataru tahun 2017/2018 yang sebanyak 1.159.513 penumpang.

Bagi para calon pengguna jasa kereta, dapat melakukan pembelian di seluruh channel resmi penjualan mulai 16 November 2018, antara lain aplikasi ponsel resmi KAI yakni KAI Access, situs kai.id, call center 121, loket, maupun channel eksternal seperti gerai minimarket dan aplikasi Online seperti Traveloka, Tiket.com, dan lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: