Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Trafik Layanan Data XL Axiata Naik 58%

Trafik Layanan Data XL Axiata Naik 58% Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Yogyakarta -

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah meningkatkan performa perusahaan. Dengan jumlah pelanggan yang mencapai 21 juta per akhir September 2018, mendorong peningkatan trafik layanan, terutama layanan data hingga mencapai 58% dalam setahun.

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti mengatakan, sepanjang 2018, pihaknya menghadapi dinamika industri yang menantang. Tantangan tersebut tidak hanya dari luar berupa kompetisi dengan operator lain, tetapi juga dari sisi perusahaan sendiri, di mana dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan dan trafik, maka pihaknya harus mampu memenuhi ekspektasi pelanggan.

"Kami sadar benar, pelanggan sangat sensitif dengan kualitas layanan. Kami harus bekerja keras menjaga kualitas layanan," katanya kepada wartawan di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018) malam.

Menurut Sofia, di sebagian besar area di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, trafik layanan data terus meningkat pesat seiring dengan peningkatan jumlah pengguna smartphone dan aktivitas digital pelanggan

Sepanjang tahun ini, Central Region XL Axiata telah menggelar sejumlah inisiatif untuk mendukung pertumbuhan tersebut, terutama dalam menyediakan infrastruktur jaringan data. Sampai saat ini, XL Axiata di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta telah memiliki lebih dari 37.000 BTS. Terdiri dari BTS 2G sebanyak lebih dari 12.500 BTS, BTS 3G lebih dari 16.000 BTS, dan BTS 4G lebih dari 9.000 BTS dengan sebaran masing-masing, untuk BTS 4G lebih dari 5.500 BTS di Jawa Barat dan lebih dari 3.500 BTS di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sementara untuk BTS 3G, lebih dari 9.500 BTS di Jawa Barat dan lebih dari 6.500 BTS di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Meski sejak tahun lalu layanan 4G telah masuk ke semua kota dan kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta, namun pembangunan infrastruktur internet ini terus berlangsung. Penambahan BTS 4G dan 3G tetap dilanjutkan demi meningkatkan kualitas layanan seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan, juga perluasan ke area-area yang belum dapat mengakses layanan data secara maksimal, seperti di area pinggir kota dan pedesaan.

"Ini sekaligus mengindikasikan bahwa pelanggan yang aktif mengakses layanan data juga terus tumbuh di area pinggiran kota dan pedesaan, di mana aktivitas ekonomi digital yang dilakukan masyarakat juga terus tumbuh," jelasnya.

Tumbuhnya aktivitas ekonomi digital masyarakat menjadi perhatian Central Region XL Axiata. Apalagi di wilayah operasi ini, terutama tiga provinsi yang berada di Pulau Jawa, memiliki potensi wisata yang sangat besar. Industri wisata yang mengandalkan indahnya panorama alam, banyak di antaranya berlokasi jauh di pedesaan, telah mampu menggerakkan ekonomi warga melalui promosi di media sosial dan saluran informasi digital lain.

Aktivitas ini selanjutnya memicu tren pemasaran digital untuk produk-produk UKM yang dikelola warga, yang berarti pula menjadi peluang bagi XL Axiata untuk memperluas jangkauan layanan data berkualitasnya.

Sofia mengungkapkan, dalam mengembangkan usaha, selain berorientasi bisnis, XL Axiata berusaha semaksimal mungkin untuk ikut mendukung visi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Infrastruktur layanan data berkualitas tinggi yang XL bangun hingga pelosok daerah akan bisa menggerakkan roda perekonomian rakyat, juga meningkatkan kinerja di berbagai sektor lain, terutama pelayanan publik, seperti pendidikan dan kesehatan.

"Mengingat besarnya manfaat yang bisa masyarakat peroleh dari layanan berbasis teknologi digital, maka kami pun menyelenggarakan program-program edukasi pemanfaatan sarana digital bagi berbagai kalangan masyarakat, antara lain petani, nelayan, kaum perempuan, pendidikan, hingga anak-anak muda kreatif," jelasnya

Sejumlah produk layanan terutama data, telah XL Axiata sediakan untuk menjawab beragam kebutuhan masyarakat. Untuk pelanggan layanan prabayar XL, terdapat paket unggulan, seperti paket Xtra Combo Lite, Xtra Kuota, serta paket smartphone 4G Xtream. Sedangkan untuk layanan Axis, terdapat produk 4G Owsem, Aigo, dan Hyphone. Pada layanan pascabayar, pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari beragam pilihan paket Prio Plan, Prio Go+, serta program XL Prioritas Shopping Points. 

"Seluruh produk ini terbukti mampu meningkatkan penetrasi layanan XL Axiata oleh semua tingkatan usia sesuai dengan kebutuhan masing-masing," ujarnya

Sementara itu, untuk program tanggung jawab sosial perusahaan, XL Axiata menjalankan komitmennya untuk membangun Indonesia melalui Gerakan Donasi Kuota (GDK), termasuk di wilayah Central Region. 

"Pada bulan ini, Central Region telah menyalurkan donasi modem dan kuota data sebesar 240 GB untuk masing-masing sekolah selama satu tahun yang tersebar di beberapa area, seperti Tasikmalaya, Indramayu, Purwokerto, Cirebon, Kudus, Martapura, Cianjur, Purwakarta, Subang, Kebumen, Pekalongan, Tegal, Tanjung, Palangkaraya, dan Banjar," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: