Portal Berita Ekonomi Kamis, 24 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:08 WIB. Akuisisi - PT Multi Indocitra akuisisi 51% saham PT Nusapangan Sukses Makmur senilai Rp6 miliar. 
  • 10:43 WIB. Wismilak - Jadi top losers, harga saham PT Wismilak Inti Makmur jatuh ke level Rp224 per saham. 
  • 10:10 WIB. Bogasari - Bangun dua pabrik tepung di Cibitung, Bogasari anggarkan dana Rp530 miliar. 
  • 09:41 WIB. Rupiah - Pukul 09.40 WIB, rupiah menguat 0,19% ke level Rp14.153 per dolar AS. 
  • 09:01 WIB. IHSG - IHSG dibuka menguat 0,087 poin di awal sesi I, Kamis (24/01/2019).
  • 08:23 WIB. Xiaomi - Xiaomi kenalkan ponsel lipat pertamanya.
  • 08:21 WIB. Telkomsel - Telkomsel janji streaming video lancar di jalur KRL Commuter Line.
  • 08:18 WIB. Nusantara Satu - Nusantara Satu mau bantu 25 juta orang terkoneksi internet.
  • 08:18 WIB. Grab - Di Singapura, driver Grab ditanggung asuransi saat cuti sakit.
  • 08:17 WIB. Nusantara Satu - Satelit internet Nusantara Satu mengangkasa bulan depan.
  • 08:13 WIB. Instagram - Instagram diprediksi hasilkan Rp198,5 triliun.
  • 08:11 WIB. Google - Google rogoh kocek Rp300 miliar lobi regulator AS.
  • 08:11 WIB. Twitter - Twitter rombak dark mode jadi lebih irit baterai.
  • 08:10 WIB. Ahok - Ahok bebas, warganet ramai cuitkan #WelcomeBackBTP dan #BTPpulang.

Berkarier di Industri Game? Ide yang Bagus!

Foto Berita Berkarier di Industri Game? Ide yang Bagus!
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Dari hobi hingga pekerjaan penuh waktu, transisi dalam pilihan karier telah terbukti dalam beberapa tahun terakhir. Bidang yang mulanya tidak terpikirkan sama sekali untuk dijadikan sebagai pekerjaan tetap memenuhi mata pencaharian, bidang games kini tidak lagi sekadar hobi, namun mampu menghasilkan uang darinya.

Karier yang dibentuk melalui game dapat mulai dari perancang game yang mahir seperti Shigeru Miyamoto (pencipta Mario) hingga esports superstar seperti Danil 'Dendi' Ishutin, kemungkinannya tidak terbatas.

Industri game adalah sektor besar yang tidak hanya mencakup pengembangan, pemasaran, dan monetisasi game video, tetapi juga produksi, distribusi, dan konsumsi konten yang dihasilkan oleh game video. Video game adalah bentuk hiburan yang mencakup game PC, game seluler, dan game konsol dan merupakan industri senilai $ 115,8 miliar secara global.

Dua Divisi Luas dalam Gaming

Industri ini dapat dibagi menjadi dua vertikal, tergantung pada tahap pengiriman hiburan tersebut. Di satu sisi, ada pengembang game, yang terdiri dari perusahaan yang membuat game. Di sisi lain, ada juga yang memiliki gamer, yang bertanggung jawab untuk mengambil game ini dan menarik hiburan melalui interaksi, partisipasi, dan pemirsa. Ada juga sektor non-endemik lainnya yang tumpang tindih dengan industri game dan sering kali saling bergandengan tangan.

Mengembangkan Games

Pengembangan permainan dimulai dalam konseptualisasi permainan dan berakhir pada rilis dan penerbitan gameGame ini menjalani perawatan bahkan setelah dirilis dalam bentuk pembaruan rutin dan konten yang sering direfresh sehingga membuat gamer tertarik dan terlibat untuk durasi waktu yang lebih lama. Seluruh proses melibatkan banyak peran dari perancang dan programer hingga penerbit dan penguji.

Pengembang game membutuhkan lebih banyak kemampuan teknis, dengan pemrograman dan merancang keterampilan menjadi yang utama. Orang-orang dengan kemampuan untuk coding sudah memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk membuat game mereka sendiri. Tetapi dengan keterampilan yang lebih tajam dalam pemrograman, permainan yang lebih halus diproduksi yang lebih baik diterima oleh para gamer.

Game Studios

Studio game independen adalah tempat terbaik untuk memulai setelah seseorang memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan itu. Dengan kesempatan untuk belajar tentang berbagai proses dalam pengembangan game, pengembangan game indie memberikan eksposur terbanyak untuk seseorang yang ingin membangun karier di industri pengembangan game. Studio pengembangan game yang lebih besar membatasi ruang lingkup pekerjaan tetapi menawarkan peran yang lebih kompleks dengan pendekatan yang lebih mendalam terhadap pengembangan.

Keterampilan yang diperlukan dalam mengejar karier sebagai gamer, benar-benar berbeda dari seorang pengembang game. Untuk menjadi seorang gamers, seseorang harus memiliki koordinasi tangan yang baik untuk mata, refleks yang bagus, dan pengetahuan yang komprehensif tentang permainan. Keterampilan ini dapat diasah melalui pelatihan ketat dan latihan sehari-hari. Seorang gamers profesional menghabiskan setidaknya 12 jam dari hari berlatih dan meningkatkan keterampilannya.

Istilah "esports" tampak baru di telinga masyarakat, tetapi konsepnya tidak. Esports adalah bagian dari game yang kompetitif, di mana berbagai genre game dimainkan secara kompetitif melawan pemain lain, pada platform yang berbeda. Dari berperang melawan teman Anda di arcade lokal dengan rentetan pukulan virtual dan tendangan untuk duduk bersama dan terhubung ke 100 pemain lain dan menjadi orang terakhir yang hidup di pulau terpencil yang berbahaya.

Satu-satunya perbedaan yang kita lihat saat ini adalah taruhannya yang lebih tinggi dan pemain-pemain yang berdedikasi untuk mencapai puncak. Dengan kolam hadiah yang mengalir dalam jutaan dan penonton setia yang melakukan perjalanan di belahan dunia untuk menonton tim mereka bermain, esports telah menjadi fenomena global dengan merek-merek besar berinvestasi besar dalam industri dan perusahaan membangun stadion yang lebih besar dari stadion olahraga konvensional.

Cosplay

Cosplay adalah bagian integral dari game juga. Dengan seluruh komunitas yang ditujukan untuk menghirup kehidupan ke dalam karakter permainan fiktif favorit mereka, cosplayer telah berkembang menjadi bagian penting dari permainan.

Kompetisi cosplay besar kini telah menjadi tradisi yang bergandengan tangan dengan turnamen esports. Cosplayer menghabiskan hari, bahkan bulan, menyempurnakan kostum mereka dan menyempurnakan tindakan mereka. Cosplay mengharuskan seseorang untuk menjadi sangat baik dalam menyusun kostum mereka sendiri dan tinggal dalam karakter selama berjam-jam untuk menambah realisme pada kostum mereka.

Peluang karier cukup luas di industri game. Sifat penting dalam gamers harus menemukan keseimbangan yang tepat dalam gaya hidup sehat dan kebiasaan bermain game mereka. Industri game sedang berkembang pesat dengan ekspansi ke beberapa domain dan prospek untuk orang-orang berbakat tidak pernah lebih tinggi.

Tag: Industri Game, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: CATCHPLAY Group

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6451.170 -17.392 627
2 Agriculture 1640.427 -7.445 21
3 Mining 1864.844 1.106 47
4 Basic Industry and Chemicals 904.219 1.419 71
5 Miscellanous Industry 1406.336 0.714 46
6 Consumer Goods 2610.330 -8.382 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.669 2.928 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1152.073 -1.667 71
9 Finance 1230.662 -13.605 91
10 Trade & Service 803.833 8.815 155
No Code Prev Close Change %
1 MLPL 94 124 30 31.91
2 WIIM 183 236 53 28.96
3 CLAY 476 595 119 25.00
4 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
5 ISSP 91 113 22 24.18
6 INCF 264 320 56 21.21
7 INPP 860 1,040 180 20.93
8 OCAP 264 318 54 20.45
9 SQMI 252 300 48 19.05
10 MPPA 163 192 29 17.79
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 645 560 -85 -13.18
2 KIOS 1,580 1,410 -170 -10.76
3 TBMS 1,035 940 -95 -9.18
4 SIDO 810 750 -60 -7.41
5 INCI 580 540 -40 -6.90
6 TNCA 266 248 -18 -6.77
7 TIRA 300 280 -20 -6.67
8 BPTR 83 78 -5 -6.02
9 KPAS 185 174 -11 -5.95
10 BKSW 184 174 -10 -5.43
No Code Prev Close Change %
1 HOME 142 144 2 1.41
2 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
3 ERAA 2,410 2,450 40 1.66
4 BMRI 7,750 7,475 -275 -3.55
5 BNLI 900 970 70 7.78
6 ADRO 1,410 1,380 -30 -2.13
7 BBRI 3,770 3,770 0 0.00
8 DOID 575 660 85 14.78
9 PWON 680 690 10 1.47
10 BUMI 167 180 13 7.78