Portal Berita Ekonomi Selasa, 23 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:41 WIB. Apple - Apple dikabarkan bakal beli bisnis modem Intel.
  • 16:28 WIB. Tekno - Rudiantara tegaskan Traveloka dan Tokopedia bukan penyelenggara umrah.
  • 16:02 WIB. IHSG - IHSG ditutup merah 0,46% di akhir sesi II.
  • 15:24 WIB. INKA - INKA mengirim 26 gerbong kereta ke Chittagong Port, Bangladesh.
  • 15:17 WIB. KRAS - Roy Edison mengajukan pengunduran diri dari jajaran Dewan Komisaris Krakatau Steel.
  • 14:36 WIB. Spa - Industri Spa di Indonesia potensial menangkan persaingan pasar internasional.
  • 14:13 WIB. Ekspor - Ekspor buah Indonesia tembus Argentina.
  • 13:51 WIB. PLN - PLN menargetkan zero accident di 2023.

Berkarier di Industri Game? Ide yang Bagus!

Berkarier di Industri Game? Ide yang Bagus! - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Dari hobi hingga pekerjaan penuh waktu, transisi dalam pilihan karier telah terbukti dalam beberapa tahun terakhir. Bidang yang mulanya tidak terpikirkan sama sekali untuk dijadikan sebagai pekerjaan tetap memenuhi mata pencaharian, bidang games kini tidak lagi sekadar hobi, namun mampu menghasilkan uang darinya.

Karier yang dibentuk melalui game dapat mulai dari perancang game yang mahir seperti Shigeru Miyamoto (pencipta Mario) hingga esports superstar seperti Danil 'Dendi' Ishutin, kemungkinannya tidak terbatas.

Industri game adalah sektor besar yang tidak hanya mencakup pengembangan, pemasaran, dan monetisasi game video, tetapi juga produksi, distribusi, dan konsumsi konten yang dihasilkan oleh game video. Video game adalah bentuk hiburan yang mencakup game PC, game seluler, dan game konsol dan merupakan industri senilai $ 115,8 miliar secara global.

Dua Divisi Luas dalam Gaming

Industri ini dapat dibagi menjadi dua vertikal, tergantung pada tahap pengiriman hiburan tersebut. Di satu sisi, ada pengembang game, yang terdiri dari perusahaan yang membuat game. Di sisi lain, ada juga yang memiliki gamer, yang bertanggung jawab untuk mengambil game ini dan menarik hiburan melalui interaksi, partisipasi, dan pemirsa. Ada juga sektor non-endemik lainnya yang tumpang tindih dengan industri game dan sering kali saling bergandengan tangan.

Mengembangkan Games

Pengembangan permainan dimulai dalam konseptualisasi permainan dan berakhir pada rilis dan penerbitan gameGame ini menjalani perawatan bahkan setelah dirilis dalam bentuk pembaruan rutin dan konten yang sering direfresh sehingga membuat gamer tertarik dan terlibat untuk durasi waktu yang lebih lama. Seluruh proses melibatkan banyak peran dari perancang dan programer hingga penerbit dan penguji.

Pengembang game membutuhkan lebih banyak kemampuan teknis, dengan pemrograman dan merancang keterampilan menjadi yang utama. Orang-orang dengan kemampuan untuk coding sudah memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk membuat game mereka sendiri. Tetapi dengan keterampilan yang lebih tajam dalam pemrograman, permainan yang lebih halus diproduksi yang lebih baik diterima oleh para gamer.

Game Studios

Studio game independen adalah tempat terbaik untuk memulai setelah seseorang memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan itu. Dengan kesempatan untuk belajar tentang berbagai proses dalam pengembangan game, pengembangan game indie memberikan eksposur terbanyak untuk seseorang yang ingin membangun karier di industri pengembangan game. Studio pengembangan game yang lebih besar membatasi ruang lingkup pekerjaan tetapi menawarkan peran yang lebih kompleks dengan pendekatan yang lebih mendalam terhadap pengembangan.

Keterampilan yang diperlukan dalam mengejar karier sebagai gamer, benar-benar berbeda dari seorang pengembang game. Untuk menjadi seorang gamers, seseorang harus memiliki koordinasi tangan yang baik untuk mata, refleks yang bagus, dan pengetahuan yang komprehensif tentang permainan. Keterampilan ini dapat diasah melalui pelatihan ketat dan latihan sehari-hari. Seorang gamers profesional menghabiskan setidaknya 12 jam dari hari berlatih dan meningkatkan keterampilannya.

Istilah "esports" tampak baru di telinga masyarakat, tetapi konsepnya tidak. Esports adalah bagian dari game yang kompetitif, di mana berbagai genre game dimainkan secara kompetitif melawan pemain lain, pada platform yang berbeda. Dari berperang melawan teman Anda di arcade lokal dengan rentetan pukulan virtual dan tendangan untuk duduk bersama dan terhubung ke 100 pemain lain dan menjadi orang terakhir yang hidup di pulau terpencil yang berbahaya.

Satu-satunya perbedaan yang kita lihat saat ini adalah taruhannya yang lebih tinggi dan pemain-pemain yang berdedikasi untuk mencapai puncak. Dengan kolam hadiah yang mengalir dalam jutaan dan penonton setia yang melakukan perjalanan di belahan dunia untuk menonton tim mereka bermain, esports telah menjadi fenomena global dengan merek-merek besar berinvestasi besar dalam industri dan perusahaan membangun stadion yang lebih besar dari stadion olahraga konvensional.

Cosplay

Cosplay adalah bagian integral dari game juga. Dengan seluruh komunitas yang ditujukan untuk menghirup kehidupan ke dalam karakter permainan fiktif favorit mereka, cosplayer telah berkembang menjadi bagian penting dari permainan.

Kompetisi cosplay besar kini telah menjadi tradisi yang bergandengan tangan dengan turnamen esports. Cosplayer menghabiskan hari, bahkan bulan, menyempurnakan kostum mereka dan menyempurnakan tindakan mereka. Cosplay mengharuskan seseorang untuk menjadi sangat baik dalam menyusun kostum mereka sendiri dan tinggal dalam karakter selama berjam-jam untuk menambah realisme pada kostum mereka.

Peluang karier cukup luas di industri game. Sifat penting dalam gamers harus menemukan keseimbangan yang tepat dalam gaya hidup sehat dan kebiasaan bermain game mereka. Industri game sedang berkembang pesat dengan ekspansi ke beberapa domain dan prospek untuk orang-orang berbakat tidak pernah lebih tinggi.

Tag: Industri Game, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: CATCHPLAY Group

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,744.00 3,706.58
British Pound GBP 1.00 17,507.41 17,325.92
China Yuan CNY 1.00 2,040.60 2,020.26
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,043.00 13,903.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,869.42 9,768.25
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,797.94 1,779.83
Dolar Singapura SGD 1.00 10,310.57 10,204.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,729.56 15,567.19
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,411.81 3,375.33
Yen Jepang JPY 100.00 13,000.37 12,867.19

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67