Portal Berita Ekonomi Kamis, 24 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:43 WIB. Wismilak - Jadi top losers, harga saham PT Wismilak Inti Makmur jatuh ke level Rp224 per saham. 
  • 10:10 WIB. Bogasari - Bangun dua pabrik tepung di Cibitung, Bogasari anggarkan dana Rp530 miliar. 
  • 09:41 WIB. Rupiah - Pukul 09.40 WIB, rupiah menguat 0,19% ke level Rp14.153 per dolar AS. 
  • 09:01 WIB. IHSG - IHSG dibuka menguat 0,087 poin di awal sesi I, Kamis (24/01/2019).
  • 08:23 WIB. Xiaomi - Xiaomi kenalkan ponsel lipat pertamanya.
  • 08:21 WIB. Telkomsel - Telkomsel janji streaming video lancar di jalur KRL Commuter Line.
  • 08:18 WIB. Nusantara Satu - Nusantara Satu mau bantu 25 juta orang terkoneksi internet.
  • 08:18 WIB. Grab - Di Singapura, driver Grab ditanggung asuransi saat cuti sakit.
  • 08:17 WIB. Nusantara Satu - Satelit internet Nusantara Satu mengangkasa bulan depan.
  • 08:13 WIB. Instagram - Instagram diprediksi hasilkan Rp198,5 triliun.
  • 08:11 WIB. Google - Google rogoh kocek Rp300 miliar lobi regulator AS.
  • 08:11 WIB. Twitter - Twitter rombak dark mode jadi lebih irit baterai.
  • 08:10 WIB. Ahok - Ahok bebas, warganet ramai cuitkan #WelcomeBackBTP dan #BTPpulang.
  • 07:10 WIB. Garuda - Garuda membidik pertumbuhan jumlah penumpang sepanjang 2019 sebesar 20%, menjadi 50 juta penumpang.
  • 07:10 WIB. PTPN III - PTPN III berencana menambah luasan kebun kelapa sawit.

Bisakah Waralaba Bawa Bisnis Anda Go Internasional?

Foto Berita Bisakah Waralaba Bawa Bisnis Anda Go Internasional?
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Waralaba sebagai model ekspansi bisnis telah berkembang dalam popularitas selama beberapa dekade terakhir. Struktur yang ditawarkan oleh model waralaba dapat merampingkan proses bagi organisasi untuk pindah ke pasar luar negeri secara lebih efisien. Waralaba juga bisa lebih hemat biaya daripada model ekspansi lainnya, seperti gerai rantai perusahaan.

Model waralaba juga memungkinkan pemilik waralaba untuk bergabung dengan operator lokal yang tidak hanya memahami budaya dan pasar, tetapi juga wilayah yang sesuai. Ini adalah keuntungan luar biasa untuk merek baru, yang jika tidak akan menghabiskan banyak waktu dan uang semakin cepat.

Operator lokal ini juga dapat memberikan umpan balik yang berharga, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk menyesuaikan bisnis untuk pasar. Misalnya, restoran mungkin perlu menawarkan item menu yang berbeda untuk menarik pelanggan di pasar tertentu yang memiliki harapan diet tertentu.

Beberapa tantangan memperluas secara internasional sudah jelas. Lainnya lebih halus dan dapat menyelinap pada suatu merek. Beberapa tantangan yang jelas termasuk:

1. Bahasa

Dalam banyak kasus manual operasi perusahaan, materi pelatihan dan jaminan pemasaran dan situs web harus diterjemahkan. Ini bisa mahal dan dapat menimbulkan tantangan terkait konten tertentu yang tidak langsung diterjemahkan.

2. Mata uang

Perbedaan mata uang dan nilai tukar dapat membuat pengumpulan royalti dan biaya lain yang menantang. Ini juga dapat mempengaruhi model keuangan unit secara keseluruhan dan profitabilitas pemilik waralaba.

3. Rantai suplai

Banyak model waralaba bergantung pada persediaan khusus untuk mengoperasikan dan mempertahankan produk dan layanan berkualitas. Variasi dalam rantai pasokan dapat menyebabkan masalah sistemik yang dapat membatasi keberhasilan unit.

Beberapa tantangan yang kurang jelas termasuk masalah biaya dan logistik yang timbul dari mendukung operator waralaba dari jarak jauh. Banyak pemilik waralaba akhirnya memasuki pasar luar negeri sebelum mereka siap. Seringkali, ini terjadi karena minat yang kuat di wilayah tersebut dari operator potensial.

Peluncuran prematur di pasar baru yang jauh dapat menyebabkan seluruh sistem menderita atau bahkan gagal. Merek harus menyelesaikan analisis menyeluruh sebelum mengambil keputusan untuk menjadi perusahaan internasional.

Seseorang yang berinvestasi dalam peluang waralaba asing yang baru ke pasar harus menyelidiki untuk memastikan tantangan yang berkelanjutan telah ditangani dan merek tersebut benar-benar siap, bersedia dan mampu melakukan ekspansi di wilayah tersebut.

Model waralaba juga memiliki beberapa opsi struktural yang dapat membuat ekspansi internasional lebih efisien dan menarik bagi pemilik waralaba dan operator di wilayah tersebut. Yang paling populer adalah Perjanjian Pengembang Wilayah dan Pengembang Regional.

Area Developer Agreements (ADA) mengizinkan operator (individu atau entitas) untuk membuka beberapa lokasi selama jangka waktu tertentu. Ini bisa jauh lebih menguntungkan bagi operator karena mereka memiliki hak untuk mengembangkan pasar yang lebih besar. Ini juga menguntungkan bagi pemilik waralaba karena lebih efisien untuk memiliki pengembang satu area yang dapat melayani seperti pengelola area, dibandingkan beberapa operator unit tunggal.

Banyak negara memiliki insentif dan memiliki program pemerintah dan pejabat yang ditunjuk yang membantu pemilik waralaba ketika mereka memasuki negara mereka. Mereka biasanya menawarkan insentif ini untuk menarik organisasi untuk menciptakan lapangan kerja dan menambah ekonomi mereka. Agensi-agensi ini juga dapat menawarkan sumber daya untuk pembeli waralaba.

Franchisors biasanya menginvestasikan banyak waktu dan sumber daya untuk menyempurnakan sistem mereka untuk mempersiapkan ekspansi sehingga pembeli waralaba dapat merasa yakin bahwa merek telah melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk memasuki pasar baru jika mereka memiliki rekam jejak yang terbukti dari waralaba yang sukses di pasar lain.

Sebagian besar negara juga memiliki peraturan yang mengatur industri waralaba dan memerlukan tingkat kepatuhan tertentu untuk melindungi warganya dan mengurangi tingkat kegagalan secara keseluruhan. Calon waralaba dapat memeriksa dengan instansi pemerintah mereka untuk mengkonfirmasi kepatuhan pemilik waralaba dan belajar tentang sumber daya lain.

Tag: waralaba, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Lonely Planet

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6451.170 -17.392 627
2 Agriculture 1640.427 -7.445 21
3 Mining 1864.844 1.106 47
4 Basic Industry and Chemicals 904.219 1.419 71
5 Miscellanous Industry 1406.336 0.714 46
6 Consumer Goods 2610.330 -8.382 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.669 2.928 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1152.073 -1.667 71
9 Finance 1230.662 -13.605 91
10 Trade & Service 803.833 8.815 155
No Code Prev Close Change %
1 MLPL 94 124 30 31.91
2 WIIM 183 236 53 28.96
3 CLAY 476 595 119 25.00
4 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
5 ISSP 91 113 22 24.18
6 INCF 264 320 56 21.21
7 INPP 860 1,040 180 20.93
8 OCAP 264 318 54 20.45
9 SQMI 252 300 48 19.05
10 MPPA 163 192 29 17.79
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 645 560 -85 -13.18
2 KIOS 1,580 1,410 -170 -10.76
3 TBMS 1,035 940 -95 -9.18
4 SIDO 810 750 -60 -7.41
5 INCI 580 540 -40 -6.90
6 TNCA 266 248 -18 -6.77
7 TIRA 300 280 -20 -6.67
8 BPTR 83 78 -5 -6.02
9 KPAS 185 174 -11 -5.95
10 BKSW 184 174 -10 -5.43
No Code Prev Close Change %
1 HOME 142 144 2 1.41
2 ISAT 2,380 2,960 580 24.37
3 ERAA 2,410 2,450 40 1.66
4 BMRI 7,750 7,475 -275 -3.55
5 BNLI 900 970 70 7.78
6 ADRO 1,410 1,380 -30 -2.13
7 BBRI 3,770 3,770 0 0.00
8 DOID 575 660 85 14.78
9 PWON 680 690 10 1.47
10 BUMI 167 180 13 7.78