Portal Berita Ekonomi Rabu, 17 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:32 WIB. Samsung - Samsung Galaxy A80 mendarat di Indonesia seharga Rp9,499 juta.
  • 16:05 WIB. Garuda - Garuda Indonesia didesak segera perbaiki laporan keuangan.
  • 16:00 WIB. IHSG - IHSG ditutup merah 0,11% di akhir sesi II.
  • 15:57 WIB. Rupiah -  Rupiah melemah 0,32% ke level Rp13.980 per dolar AS. 
  • 15:51 WIB. Indonesia - Morgan Stanley meramalkan Bank Indonesia akan menurunkan suku bunga acuan.
  • 15:26 WIB. Ganja - Bea Cukai gagalkan penyeludupan 39 kg ganja di wilayah Dumai.
  • 14:57 WIB. Ericsson - Ericsson mengatakan bahwa on track mencapai target laba.
  • 14:01 WIB. Go-Jek - Go-Jek dapat investasi baru dari Visa.
  • 11:59 WIB. Facebook - Facebook rekrut mantan CEO Vine, Jason Toff untuk bergabung dengan tim eksperimen produk baru.
  • 11:36 WIB. Realme - Realme disebut mau rilis ponsel flagship lagi tahun ini.
  • 11:26 WIB. Facebook - Facebook tak akan rilis Libra sampai penuhi aturan.
  • 11:15 WIB. Libra - Senator AS: Jangan percaya dengan 'rencana gila' uang kripto Facebook.
  • 10:26 WIB. NATO - Trump berjanji tidak akan jual pesawat F-35 ke Turki.

Bisakah Waralaba Bawa Bisnis Anda Go Internasional?

Bisakah Waralaba Bawa Bisnis Anda Go Internasional? - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Waralaba sebagai model ekspansi bisnis telah berkembang dalam popularitas selama beberapa dekade terakhir. Struktur yang ditawarkan oleh model waralaba dapat merampingkan proses bagi organisasi untuk pindah ke pasar luar negeri secara lebih efisien. Waralaba juga bisa lebih hemat biaya daripada model ekspansi lainnya, seperti gerai rantai perusahaan.

Model waralaba juga memungkinkan pemilik waralaba untuk bergabung dengan operator lokal yang tidak hanya memahami budaya dan pasar, tetapi juga wilayah yang sesuai. Ini adalah keuntungan luar biasa untuk merek baru, yang jika tidak akan menghabiskan banyak waktu dan uang semakin cepat.

Operator lokal ini juga dapat memberikan umpan balik yang berharga, yang pada gilirannya dapat digunakan untuk menyesuaikan bisnis untuk pasar. Misalnya, restoran mungkin perlu menawarkan item menu yang berbeda untuk menarik pelanggan di pasar tertentu yang memiliki harapan diet tertentu.

Beberapa tantangan memperluas secara internasional sudah jelas. Lainnya lebih halus dan dapat menyelinap pada suatu merek. Beberapa tantangan yang jelas termasuk:

1. Bahasa

Dalam banyak kasus manual operasi perusahaan, materi pelatihan dan jaminan pemasaran dan situs web harus diterjemahkan. Ini bisa mahal dan dapat menimbulkan tantangan terkait konten tertentu yang tidak langsung diterjemahkan.

2. Mata uang

Perbedaan mata uang dan nilai tukar dapat membuat pengumpulan royalti dan biaya lain yang menantang. Ini juga dapat mempengaruhi model keuangan unit secara keseluruhan dan profitabilitas pemilik waralaba.

3. Rantai suplai

Banyak model waralaba bergantung pada persediaan khusus untuk mengoperasikan dan mempertahankan produk dan layanan berkualitas. Variasi dalam rantai pasokan dapat menyebabkan masalah sistemik yang dapat membatasi keberhasilan unit.

Beberapa tantangan yang kurang jelas termasuk masalah biaya dan logistik yang timbul dari mendukung operator waralaba dari jarak jauh. Banyak pemilik waralaba akhirnya memasuki pasar luar negeri sebelum mereka siap. Seringkali, ini terjadi karena minat yang kuat di wilayah tersebut dari operator potensial.

Peluncuran prematur di pasar baru yang jauh dapat menyebabkan seluruh sistem menderita atau bahkan gagal. Merek harus menyelesaikan analisis menyeluruh sebelum mengambil keputusan untuk menjadi perusahaan internasional.

Seseorang yang berinvestasi dalam peluang waralaba asing yang baru ke pasar harus menyelidiki untuk memastikan tantangan yang berkelanjutan telah ditangani dan merek tersebut benar-benar siap, bersedia dan mampu melakukan ekspansi di wilayah tersebut.

Model waralaba juga memiliki beberapa opsi struktural yang dapat membuat ekspansi internasional lebih efisien dan menarik bagi pemilik waralaba dan operator di wilayah tersebut. Yang paling populer adalah Perjanjian Pengembang Wilayah dan Pengembang Regional.

Area Developer Agreements (ADA) mengizinkan operator (individu atau entitas) untuk membuka beberapa lokasi selama jangka waktu tertentu. Ini bisa jauh lebih menguntungkan bagi operator karena mereka memiliki hak untuk mengembangkan pasar yang lebih besar. Ini juga menguntungkan bagi pemilik waralaba karena lebih efisien untuk memiliki pengembang satu area yang dapat melayani seperti pengelola area, dibandingkan beberapa operator unit tunggal.

Banyak negara memiliki insentif dan memiliki program pemerintah dan pejabat yang ditunjuk yang membantu pemilik waralaba ketika mereka memasuki negara mereka. Mereka biasanya menawarkan insentif ini untuk menarik organisasi untuk menciptakan lapangan kerja dan menambah ekonomi mereka. Agensi-agensi ini juga dapat menawarkan sumber daya untuk pembeli waralaba.

Franchisors biasanya menginvestasikan banyak waktu dan sumber daya untuk menyempurnakan sistem mereka untuk mempersiapkan ekspansi sehingga pembeli waralaba dapat merasa yakin bahwa merek telah melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk memasuki pasar baru jika mereka memiliki rekam jejak yang terbukti dari waralaba yang sukses di pasar lain.

Sebagian besar negara juga memiliki peraturan yang mengatur industri waralaba dan memerlukan tingkat kepatuhan tertentu untuk melindungi warganya dan mengurangi tingkat kegagalan secara keseluruhan. Calon waralaba dapat memeriksa dengan instansi pemerintah mereka untuk mengkonfirmasi kepatuhan pemilik waralaba dan belajar tentang sumber daya lain.

Tag: waralaba, Tips Bisnis

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Unsplash/Lonely Planet

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,738.00 3,699.88
British Pound GBP 1.00 17,403.19 17,223.84
China Yuan CNY 1.00 2,036.85 2,016.51
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,019.00 13,879.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,828.72 9,729.18
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,794.23 1,776.19
Dolar Singapura SGD 1.00 10,317.95 10,211.15
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,718.10 15,555.58
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,408.46 3,371.14
Yen Jepang JPY 100.00 12,962.55 12,829.54

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6394.609 -7.271 652
2 Agriculture 1360.695 -1.524 21
3 Mining 1639.706 -0.398 49
4 Basic Industry and Chemicals 799.891 -0.595 72
5 Miscellanous Industry 1259.816 -47.920 49
6 Consumer Goods 2371.485 22.616 53
7 Cons., Property & Real Estate 495.215 -0.879 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1230.336 -6.362 74
9 Finance 1326.341 -0.371 91
10 Trade & Service 817.488 -0.352 163
No Code Prev Close Change %
1 SSTM 400 500 100 25.00
2 KAYU 360 450 90 25.00
3 ARKA 665 830 165 24.81
4 GLOB 326 406 80 24.54
5 MINA 1,010 1,250 240 23.76
6 TALF 286 348 62 21.68
7 MTPS 1,050 1,200 150 14.29
8 OCAP 420 480 60 14.29
9 TOPS 605 665 60 9.92
10 WIIM 242 266 24 9.92
No Code Prev Close Change %
1 POSA 322 242 -80 -24.84
2 KIOS 620 515 -105 -16.94
3 CASS 730 620 -110 -15.07
4 DWGL 93 80 -13 -13.98
5 YULE 179 154 -25 -13.97
6 MYTX 72 63 -9 -12.50
7 INCF 82 72 -10 -12.20
8 INPP 820 720 -100 -12.20
9 ASBI 386 340 -46 -11.92
10 PALM 258 228 -30 -11.63
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 340 344 4 1.18
2 MNCN 1,445 1,420 -25 -1.73
3 POSA 322 242 -80 -24.84
4 ASII 7,450 7,100 -350 -4.70
5 IPTV 246 244 -2 -0.81
6 ANTM 895 900 5 0.56
7 BIPI 52 52 0 0.00
8 MAMI 93 94 1 1.08
9 SWAT 117 116 -1 -0.85
10 BBRI 4,550 4,520 -30 -0.66