Kabarnya, AI Bakal Semakin Menjamah Dunia Kesehatan, Ahli Bedah Robot?

Kabarnya, AI Bakal Semakin Menjamah Dunia Kesehatan, Ahli Bedah Robot? Kredit Foto: Warta Ekonomi

Perkembangan teknologi semakin mutahir. Kecerdasan buatan (AI) kini sudah menjadi hal yang biasa, karena di  mana-mana menggunakannya. Sampai-sampai AI dikabarkan akan masuk ke dalam ranah dunia kesehatan, seperti yang dilansir dari Entrepreneur.com (19/12/18).

Di sisi lain, perawatan kesehatan adalah area di mana kecerobohan dapat terjadi; itulah sebabnya perkembangan baru diatur dan diimplementasikan secara perlahan dan hati-hati.

Berikut adalah lima cara bahwa pembelajaran AI kemungkinan akan mempengaruhi perawatan kesehatan Anda dalam waktu dekat:

1. Konsultasi digital

Konsultasi digital bukanlah hal baru. Selama bertahun-tahun, ada sistem diagnostik medis online atau di telepon, seperti WebMD atau sistem NHS 111 Kerajaan Inggris. Sistem ini memiliki batasan yang signifikan.

Beberapa perusahaan sudah menawarkan layanan konsultasi digital berbasis AI. Bahkan, startup Babylon Health bekerja sama dengan NHS Inggris untuk menambahkan AI ke layanan 111 nya. Pada akhirnya, konsultasi digital harus membantu mengurangi kunjungan dokter yang tidak perlu dan meningkatkan efisiensi perawatan kesehatan.

2. Radiologi dan gambar

Radiologi adalah bentuk obat yang berhubungan dengan gambar: x-rays dan ultrasound, CTs dan MRI. Ini adalah disiplin perawatan kesehatan yang praktisi-praktisinya menghabiskan banyak waktu dan keahlian untuk melihat gambar dan juga pasien. Ini membuatnya sangat cocok untuk adopsi AI dini. Dengan teknologi visi komputer, sistem dapat dilatih untuk melihat x-ray atau pindaian lainnya dan menerapkan pembelajaran mendalam untuk memahami apa yang ditampilkan gambar.

Tentu saja, seiring berkembangnya teknologi, tidak akan lama sebelum solusi radiologi AI secara konsisten lebih cepat dan lebih akurat daripada dokter manusia.

3. Obat yang dipersonalisasi: diagnosis yang lebih cepat dan lebih akurat

Obat yang dipersonalisasi saat ini adalah jenis istilah gosip utopis: pendekatan perawatan kesehatan di mana diagnosis dan perawatan sangat disesuaikan untuk memenuhi riwayat pribadi dan keluarga pasien serta faktor risiko dan genetika spesifiknya. Saat ini, banyak pilihan obat yang dipersonalisasi sedikit lebih dari sekadar mode, tetapi AI bisa mengubahnya. Karena semakin banyak data yang dikumpulkan dan dianalisis oleh model pembelajaran yang mendalam, obat yang dipersonalisasi mungkin menjadi hal yang biasa.

Ini dimulai pada tahap diagnosis. Diagnosis berbasis AI berbasis rumah masih dalam tahap awal, tetapi beberapa aplikasi menarik sedang diuji. Remidio, misalnya, membuat diagnosis berbasis telepon seluler untuk diabetes dengan menganalisis foto-foto mata pengguna; metode ini telah berhasil digunakan.

4. Ahli bedah robot

Di ujung skala lainnya, AI juga dapat membantu dalam salah satu bidang kedokteran yang paling bertindak langsung, yakni operasi.

Ada solusi robot untuk operasi selama bertahun-tahun, termasuk sistem da Vinci canggih, yang memungkinkan ahli bedah untuk mengendalikan peralatan robotik presisi untuk melakukan prosedur invasif minimal. Namun, ini adalah 100 persen mesin yang dikendalikan manusia, bukan kecerdasan buatan.

5. Cybersecurity

Perkembangan AI baru dalam perawatan kesehatan ini akan membawa manfaat besar bagi pasien dan pada akhirnya bagi kita semua dengan membuat kita lebih sehat lebih lama. Tetapi, mereka juga membawa risiko baru dalam hal keamanan. Untungnya, di sini, AI dan pembelajaran mesin sendiri dapat membantu memberikan solusi juga.

Perangkat medis ada di mana-mana di rumah sakit. Banyak solusi AI harus terhubung ke internet untuk menggunakan back-end berbasis cloud yang kuat. Konektivitas itu memberi penyerang cara yang potensial. Bahkan jika mereka tidak terhubung langsung ke Internet publik, perangkat medis dari segala jenis biasanya terbuka untuk permintaan komunikasi dari luar.

Rumah sakit diretas pada tingkat yang mengkhawatirkan, memaksa semua pemangku kepentingan untuk mengadopsi kebijakan keamanan siber yang lebih ketat. Awal tahun ini, vendor cybersecurity perawatan kesehatan CyberMDX menemukan kerentanan dalam pompa jarum suntik yang populer yang dapat memungkinkan penyerang untuk mengambil alih perangkat dan memberikan dosis obat yang mematikan.

Di sinilah AI bisa membantu. Solusi cybersecurity canggih dapat menggunakan pembelajaran mesin untuk memahami perilaku jaringan normal dan mengidentifikasi dan memblokir setiap kegiatan anomali yang dapat menunjukkan kerentanan atau serangan.

Secara keseluruhan, AI akan datang ke setiap aspek kehidupan kita, dari rumah kita ke mobil kita, ke sekolah, bahkan tempat kerja kita. Dan kabarnya akan masuk ke dalam ranah kesehatan. Jika Anda seorang pengusaha di sektor kesehatan, Anda perlu mencatat itu.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini