Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2019, Beragam Gender di Perusahaan Jadi Sorotan, Gimana Caranya?

2019, Beragam Gender di Perusahaan Jadi Sorotan, Gimana Caranya? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kandidat karyawan yang membantu di perusahaan Anda dengan latar belakang STEM (Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika) adalah yang paling dicari di 2019, sebab perusahaan bertujuan untuk mengisi posisi teknis yang sangat khusus. Tetapi, dalam menarik kandidat-kandidat tersebut, banyak perusahaan berjuang untuk mencapai keseimbangan gender agar lebih produktif.

Mayoritas perusahaan saat ini, karyawan wanita masih sangat sedikit dibandingkan laki-laki, hanya mencapai 18 persen di antaranya. Itu merupakan suatu tantangan bagi setiap perusahaan. Namun, berdasarkan hasil kutipan Redaksi Warta Ekonomi melalui Entrepreneur.com (20/12/2018), ada perusahaan yang berhasil melewati tantangan tersebut, yakni tiga perusahaan top dunia: Nokia, 3M, dan Autodesk.

Mereka pun dengan senang hati membagikan tipsnya untuk mempertahankan dan mengedepankan keseimbangan gender di perusahaan. Berikut penjabarannya:

1. Buat investasi publik jangka panjang

Jika Anda hanya fokus pada beragam perekrutan untuk waktu yang singkat, Anda tidak dapat berharap untuk segera melihat hasilnya. Kurangnya perempuan di bidang STEM adalah masalah yang kompleks dan multifaset yang membutuhkan tindakan jangka panjang yang terus-menerus untuk melihat hasilnya.

Mengetahui hal ini, tim kepemimpinan di perusahaan telekomunikasi Nokia telah membuat rencana multi-tahun dengan tujuan yang dinyatakan publik untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap keragaman dan membuat diri mereka bertanggung jawab terhadap tujuan yang mereka nyatakan.

“Nokia mengeksekusi strategi lima tahun tentang keseimbangan gender, diperkuat oleh keyakinan dan tindakan pemimpin kami,” kata Mohamed Habib, sumber daya dan pekerjaan di Nokia, “kesadaran adalah langkah besar pertama. Kami telah mengambilnya dengan sangat serius,  melatih para pemimpin, manajer, dan karyawan kami tentang praktik terbaik keseimbangan gender.”

2. Hilangkan bias dalam proses perekrutan

Perusahaan memiliki waktu yang cukup sulit untuk menarik wanita di bidang STEM ke peran terbuka mereka. Terlalu sering, mereka melakukannya. Bias implisit sering tertanam dalam deskripsi pekerjaan, pertanyaan wawancara, sikap pewawancara dan banyak lagi. Ini adalah sesuatu yang dirancang oleh perusahaan peranti lunak, AutoDesk.

Autodesk secara aktif mempertimbangkan bagaimana meminimalkan bias, "Dari cara kami menulis deskripsi pekerjaan hingga bagaimana kami mewawancarai kandidat," kata Danny Guillory, Kepala Keragaman Global dan Inklusi di Autodesk.

Salah satu cara Anda mungkin ingin mempertimbangkan mengurangi bias dalam deskripsi pekerjaan adalah dengan memanfaatkan layanan seperti  Textio, yang mengidentifikasi bahasa bias dan memungkinkan Anda untuk memperbaikinya. Anda juga akan melakukannya dengan baik untuk memisahkan keterampilan yang dibutuhkan dari keterampilan "poin plus jika memiliki". Berdasarkan penelitian, wanita tidak mungkin untuk melamar posisi kecuali mereka memenuhi 100 persen dari persyaratan, sementara pria akan berlaku jika mereka hanya memenuhi 60 persen dari persyaratan.

3. Mendukung upaya inklusif

Keanekaragaman tanpa inklusif adalah resep untuk kegagalan. Jika Anda tidak dapat mempertahankan lingkungan yang inklusif, Anda akan menghadapi masalah dengan keragaman di setiap tahap perekrutan. Wanita yang mencari peran STEM akan kurang tertarik pada perusahaan Anda dalam proses penelitian, sementara kandidat STEM wanita akan cenderung menerima tawaran dari Anda setelah proses wawancara.

Oleh karena itu, perusahaan manufaktur 3M menjadikan inklusif sebagai prioritas utama. Perusahaan ini menawarkan jaringan sumber daya karyawan seperti Forum Kepemimpinan Perempuan, yang "Memperkuat keterampilan kepemimpinan dan meningkatkan kolaborasi lintas budaya, gaya hidup dan jenis kelamin," kata Ann Anaya, Kepala Petugas Keragaman di 3M.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: