Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perluas Jaringan Bisnis, Mbiz Bidik Sektor UKM

Perluas Jaringan Bisnis, Mbiz Bidik Sektor UKM Kredit Foto: Irwan Wahyudi
Warta Ekonomi, Surabaya -

Perusahaan B2B e-commerce Mbiz.co.id tahun ini akan membidik pasar Usaha Kecil Menengah (UKM). Dari data perusahaan Lippo Group ini menyebutkan bahwa, Indonsia memiliki 60 juta Small Medium Enterprise (SME/ UKM).

”Potensinya sangat besar untuk bidik ke sigmen ini. Untuk itu, kami terus menggenjot kinarja kami. Sementara untuk wilayah Jatim sendiri pertumbuhan UKM cukup baik,” kata Chief Commercial Officer Mbiz.co.id, Andik Duana Putra di Surabaya, Jumat (21/12/2018).

Dijelaskan Andik, dengan semakin meningkatnya kompleksitas kebutuhan bisnis telah menjadikan tim pengadaan bank dan jasa (procurement) sebuah perusahaan sebagai bagian vital dalam menentukan efisiensi, produktivitas dan kinerja bisnis. Banyak persoalan yang harus dihadapi oleh tim procurement seperti kerumitan dan lamanya mencari vendor yang sesuai kebutuhan dan kualifikasi serta menjamin terselenggaranya proses pengadaan barang dan jasa secara transparan dan akuntabel.

Hingga saat ini kata Andik   pihaknya  telah memiliki lebih dari 350 corporate buyers yang terdiri dari large corporate, perusahaan publik, perusahaan multinational, dan BUMN.

Sementara produk yang disediakan dibagi dalam 11 kategori, di antaranya peralatan industri, mesin dan bahan baku, otomotif dan transportasi, elektronik dan telekomunikasi, peralatan rumah dan lainnya.

”Untuk perluasan wilayah jangkauan layanan, Surabaya akan menjadi salah satu pasar penting kami. Di kota ini pertumbuhan bisnis menunjukkan tren yang positif. Kami berharap, dapat menjadi salah satu motor pendorong agar pertumbuhan bisnis di Surabaya makin terus melaju berkat efisiensi dan produktivitas bisnis yang terus meningkat,” beber Andik.

Diakuinya, selama dua tahun terakhir, pihaknya telah membukukan total transaksi bersih senilai Rp 2 triliun dan growth mencapai triple digit. Disisi lain, pihaknya juga  sudah menggaet 4.000 vendor yang menyediakan 90.000 produk atau stock keeping unit (SKU).

”Fokus kami menyasar pasar B2B (Business to Business) karena masih belum banyak pemain pengadaan online seperti ini,” jelasnya.

Pria ini juga  menjelaskan, agar mampu menjadi solusi efektif dalam menjawab tantangan dan kebutuhan tersebut, perusahaannya telah dirancang sebagai platform digital yang memungkinkan proses pengadaan barang dan jasa dapat dilakukan didalam satu platform dan transparan bagi seluruh pihak yang terkait.

”Keunggulan platform e-procurement yang lengkap dan menyeluruh dari Mbiz.co.id menjadikan perusahaan- perusahaan penggunanya juga dapat melakukan efisiensi pada jumlah SDM pada departemen pengadaan atau procurement. Departemen ini akan menjadi sebuah tim yang ramping, namun tetap mampu menghadirkan kinerja sesuai ekspektasi perusahaan nantinya,” tutup andik. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: