Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ternyata, Downtime Wi-Fi Sebabkan Kerugian $51 Juta di Perusahaan APAC pada 2018

Ternyata, Downtime Wi-Fi Sebabkan Kerugian $51 Juta di Perusahaan APAC pada 2018 Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bayangkan Anda sedang duduk di ruang konferensi kantor Anda, mendiskusikan kesepakatan dengan klien luar negeri melalui Skype, dan tiba-tiba koneksi Wi-Fi terputus. Bukankah itu hal yang menyebalkan bukan? Ternyata, hal itulah menjadi salah satu penyumbang kerugian perusahaan. Downtime konektivitas Wi-Fi telah menyebabkan kerugian US $51 juta selama setahun terakhir untuk perusahaan di kawasan Asia-Pasifik (APAC).

Gigitan realitas

Sebuah studi oleh Ruckus Networks, sebuah perusahaan ARRIS, yang menjual peralatan dan perangkat lunak jaringan kabel dan nirkabel, mensurvei 1.200 pemimpin bisnis dan TI di delapan pasar di APAC, termasuk Cina, Hong Kong, Taiwan, Australia, Jepang, India, Singapura dan Indonesia, dan menemukan bahwa satu dari dua organisasi APAC (47 persen) mengalami setidaknya enam kali downtime konektivitas selama 12 bulan terakhir, dengan satu dari sepuluh (9 persen) dari mereka mengindikasikan bahwa mereka telah mengalami lebih dari 20 kali downtime konektivitas.

Di antara yang disurvei adalah 1.200 pemimpin bisnis dan TI, dan responden termasuk karyawan yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan TI atau menerapkan inisiatif terkait TI untuk organisasi menengah hingga besar dengan staf lebih dari 250 orang.

Online, selalu

Temuan ini memprihatinkan karena lebih dari setengah pemimpin bisnis dan TI di APAC (58 persen) dan Singapura (54 persen) menggunakan video streaming atau panggilan suara melalui Wi-Fi. Konten multimedia dan menjamurnya perangkat yang terhubung adalah penggerak utama untuk konektivitas berkecepatan tinggi dan andal dalam pengalaman pengguna Wi-Fi saat ini, kata laporan tersebut.

Terlebih lagi, hampir setengah dari responden di APAC (49 persen) dan Singapura (43 persen) membawa setidaknya empat perangkat berkemampuan Wi-Fi, yang meliputi smartphone, tablet, laptop, dan jam tangan pintar.

William Ho, wakil presiden senior, Asia Pasifik dan Jepang, ARRIS, percaya gangguan pada kelancaran fungsi teknologi nirkabel dapat sangat berdampak pada nama merek perusahaan mana pun. “Wi-Fi adalah dasar dari ekonomi digital Asia Pasifik yang sedang berkembang. Ini bukan hanya alat produktivitas yang memberdayakan karyawan untuk bekerja dan berkolaborasi dengan lebih baik, tetapi juga merupakan platform yang memungkinkan organisasi berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka melalui aplikasi, situs web, dan layanan digital lainnya di Internet," katanya, dalam laporan tersebut.

“Mengingat peran penting yang dimainkan Wi-Fi dalam mendukung operasi fundamental organisasi dan inisiatif digital baru, penghentian Wi-Fi dapat menyebabkan gangguan yang signifikan, yang menyebabkan hilangnya pendapatan, produktivitas, dan peluang pertumbuhan lainnya di lingkungan digital yang dinamis dan kompetitif saat ini."

Ini juga salah satu kekhawatiran utama para pemimpin bisnis. Para pemimpin bisnis dan TI di seluruh APAC (76 persen) dan Singapura (80 persen) mengakui dalam penelitian ini bahwa kecepatan koneksi Wi-Fi yang lambat berada di puncak daftar kekhawatiran mereka, diikuti oleh area jangkauan terbatas dan penurunan koneksi. Sembilan dari 10 pemimpin setuju bahwa pengalaman Wi-Fi yang buruk akan berdampak negatif terhadap reputasi merek.

Melampaui produktivitas

Selain kehilangan produktivitas, downtime konektivitas dapat menghambat dimulainya inovasi digital baru juga.

Studi ini menemukan bahwa lebih dari sepertiga (37 persen) dari departemen TI di APAC dan organisasi Singapura harus menghabiskan seminggu atau lebih setiap bulan untuk mengelola Wi-Fi atau masalah terkait jaringan. "Ini mengalihkan waktu dan sumber daya dari departemen TI, menghalangi mereka untuk mengimplementasikan inisiatif baru yang dapat membantu organisasi mendorong dan memberikan produk digital baru, layanan, dan model pendapatan," katanya.

“Membangun konektivitas Wi-Fi yang hebat dengan pengalaman pengguna yang unggul adalah dasar dari praktik kerja yang fleksibel dan ekonomi global yang terhubung,” kata Ho.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: