Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pak Sutopo Pastikan Letusan Gunung Anak Krakatau Tak Bakal Sedahsyat Tahun 1883

Pak Sutopo Pastikan Letusan Gunung Anak Krakatau Tak Bakal Sedahsyat Tahun 1883 Kredit Foto: Antara/Weli Ayu Rejeki
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan erupsi Gunung Anak Krakatau jikapuĀ  meletus maka kekuatannya tidak akan sedahsyat erupsi gunung Krakatau pada 1883.

"Tidak akan, kenapa? Karena saat itu tiga gunung di Selat Sunda yang meletus bersamaan yaitu Gunung Krakata, Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan," kata Sutopo di Jakarta, Selasa (25/12/2018)

Pada 27 Agustus 1883, Gunung Krakatau meletus dimana letusan ini adalah salah satu letusan gunung api paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah, menimbulkan setidaknya 36.417 korban jiwa akibat letusan dan tsunami yang dihasilkannya.

Dampak letusan juga dirasakan di seluruh penjuru dunia. Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer.

Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.

Sutopo menjelaskan, saat itu setelah letusan terjadi ketiga gunung juga habis akibat erupsi, baru pada 1927 muncul anak Gunung Krakatau yang dinamakan Gunung Anak Krakatau.

Lebih lanjut Sutopo mengatakan, banyak para ahli menyatakan bahwa untuk menghasilkan letusan yang besar masih diperlukan waktu 500 tahun ke depan. Gunung Anak Krakatau terus meninggi karena setiap tahun tumbuh antara empat hingga enam meter.

Pada Sabtu (22/12) terjadi tsunami yang disebabkan longsoran akibat tremor terus menerus gunung Anak Krakatau.

Tsunami yang terpantau setinggi 2,5 meter tersebut menerjang Banten dan Lampung hingga menimbulkan 429 korban meninggal 1.485 orang luka-luka, 154 hilang dan 16.082 orang mengungsi

Karena masih terus erupsi, Badan Geologi merekomendasikan agar tidak ada aktivitas dengan jarak dua kilometer dari kawah gunung, sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar masyarakat untuk sementara menjauhi wilayah pantai.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: