Portal Berita Ekonomi Rabu, 16 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:59 WIB. IHSG - Naik lagi, IHSG dibuka menguat 0,13% ke level 6.417,13 di awal perdagangan, Rabu (16/01/2019).
  • 08:36 WIB. ULN - BI: Total utang Indonesia baik utang pemerintah maupun swasta mencapai US$372,9 miliar.
  • 08:35 WIB. Citilink - Akhir Januari, Citilink akan hapus layanan bagasi gratis.
  • 08:35 WIB. BNI - Kuartal II 2019 BNI berencana menerbitkan surat utang hingga Rp8 triliun.
  • 08:10 WIB. PTBA - PTBA membidik penjualan batu bara pada tahun ini mencapai 24 juta-26 juta ton.
  • 08:07 WIB. Mandiri - Mandiri menargetkan punya 50.000 agen Laku Pandai di 2019.
  • 08:06 WIB. BNI - Kinerja saham BNI tercatat menguat 2,27% sepanjang tahun berjalan 2019.
  • 07:49 WIB. Himbara - Himbara memasang target pertumbuhan bisnis yang lebih moderat pada 2019.
  • 07:48 WIB. PLN - PLN akan memfasilitasi 9 pengembangan listrik swasta dalam proyek energi terbarukan.
  • 07:43 WIB. UMKM - Posisi pembiayaan UMKM ekspor sebesar 15.900 dengan penjaminan sebesar Rp310 miliar.
  • 22:01 WIB. Spotify - Pengguna aktif bulanan Spotify tembus 200 juta.
  • 22:00 WIB. Xiaomi - Xiaomi anggarkan Rp20 triliun demi AI dan IoT.
  • 21:53 WIB. Facebook - Facebook investasi Rp4,2 triliun dalam bisnis berita lokal AS.

Baru! 4 Layanan Pelanggan untuk Bisnis F&B

Foto Berita Baru! 4 Layanan Pelanggan untuk Bisnis F&B
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Pelanggan adalah alasan utama bisnis berkembang. Mereka adalah kunci keberhasilan atau kegagalan bisnis makanan dan minuman, dalam bentuk apa pun. Di zaman sekarang ini, persaingan yang ketat, membuat pelanggan senang adalah langkah pertama menuju untuk tumbuhkan bisnis ke tingkat yang lebih tinggi. Bisnis yang benar-benar peduli dengan layanan pelanggan memiliki keunggulan di atas pesaing mereka.

Selama beberapa dekade terakhir, pengalaman dan harapan pelanggan telah sangat berubah. Konsumen saat ini lebih sadar dari sebelumnya. Mereka menaruh minat besar pada makanan yang mereka makan dan nilai layanan yang mereka gunakan. Memahami lanskap yang berkembang ini dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah, sangat penting untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan.

Berikut adalah empat layanan pelanggan baru yang harus diperhatikan oleh setiap bisnis makanan dan minuman:

Peningkatan Makan Sehat

Konsep ‘Makan sehat’ selalu tidak pernah terkait dengan makanan restoran. Namun, persamaan ini telah melihat perubahan paradigma dalam beberapa tahun terakhir. Dari diet keto ke menu vegan, tahun lalu telah melihat langkah besar menuju pilihan makan sehat. Konsumen sadar tentang apa yang mereka makan. Ketika pelanggan mencari gaya hidup yang lebih sehat, banyak restoran yang memilih menu khusus sesuai selera dan preferensi tamu mereka.

Desain sebagai Diferensiator

Makan bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang pengalaman. Suasana memainkan peran penting dalam seluruh pengalaman makanan pelanggan. Seiring dengan pertumbuhan industri, akan ada ratusan resto-bar, pub dan restoran yang berlomba-lomba untuk mendapatkan bagian dari dompet pelanggan.

Desain dan dekorasi restoran yang cantik bisa menjadi pembeda utama. Warna, jenis furnitur, peralatan makan yang digunakan semua ini harus dibuat dengan cermat untuk mempengaruhi pelanggan. Desain restoran harus membangkitkan respons positif dari pelanggan. Dari desain industri hingga dekorasi minimalis, pemilik restoran sekarang memahami dampak mendalam desain yang dapat terjadi pada pelanggan mereka.

Bahan 'Made In-House'

Melanjutkan dengan tren keseluruhan makan sehat, restoran sekarang memilih untuk membuat sebagian besar bahan mereka di rumah. Dari roti dan pasta in-house hingga menggunakan sayuran hijau dan sayuran yang ditanam di rumah, restoran mengambil langkah maju dengan menggunakan bahan-bahan segar dan bebas kimia yang disiapkan dari awal oleh koki mereka.

Restoran saat ini memilih bahan-bahan yang baru dibuat daripada makanan pre-made untuk menunjukkan tingkat perawatan ekstra. Pelanggan saat ini siap untuk mengeluarkan satu sen ekstra untuk hidangan yang dibuat menggunakan bahan-bahan in-house yang bebas dari bahan kimia dan pengawet.

Peran Meningkat dari Media Sosial

Restoran hari ini sudah mulai memperhatikan pentingnya media sosial. Membuat hidangan layak 'instagram' adalah cara baru untuk membangun buzz di antara audiens target. Entah itu hidangan pembuka yang digoreng, koktail yang dramatis, atau hidangan penutup yang penuh dosa, serangkaian posting di Instagram bisa menjadi penarik perhatian.

Posting oleh influencer media sosial dan blogger makanan juga dapat memposisikan restoran sebagai tujuan 'kebetulan' atau liburan. Akun Instagram yang menarik jelas merupakan cara yang baik untuk membuat audiens Anda bersemangat dan membangun kesadaran.

Tag: Tips Bisnis, customer service, Bisnis Makanan

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Antara/Jojon

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6408.784 72.668 625
2 Agriculture 1585.036 -7.210 21
3 Mining 1844.340 15.139 47
4 Basic Industry and Chemicals 895.845 21.295 71
5 Miscellanous Industry 1394.631 2.064 46
6 Consumer Goods 2652.095 37.658 51
7 Cons., Property & Real Estate 480.742 8.835 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1130.455 19.871 71
9 Finance 1213.694 9.336 91
10 Trade & Service 786.524 2.437 153
No Code Prev Close Change %
1 TIRA 186 250 64 34.41
2 INPP 525 650 125 23.81
3 LPCK 1,900 2,340 440 23.16
4 OCAP 268 330 62 23.13
5 MLPL 84 99 15 17.86
6 MTSM 177 206 29 16.38
7 SDMU 55 62 7 12.73
8 UNIT 240 268 28 11.67
9 IMAS 2,560 2,840 280 10.94
10 HDFA 158 174 16 10.13
No Code Prev Close Change %
1 ARTA 1,310 1,000 -310 -23.66
2 ABDA 5,600 4,480 -1,120 -20.00
3 BEEF 318 268 -50 -15.72
4 TFCO 765 665 -100 -13.07
5 KICI 290 260 -30 -10.34
6 SKBM 560 510 -50 -8.93
7 TPMA 242 222 -20 -8.26
8 POLI 1,575 1,445 -130 -8.25
9 INTD 175 161 -14 -8.00
10 RIGS 228 210 -18 -7.89
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 348 342 -6 -1.72
2 INPC 74 79 5 6.76
3 UNTR 26,000 25,600 -400 -1.54
4 WSKT 1,975 2,090 115 5.82
5 TRAM 182 190 8 4.40
6 ASII 8,150 8,150 0 0.00
7 PTSN 1,630 1,520 -110 -6.75
8 TLKM 3,850 3,930 80 2.08
9 KPAS 220 222 2 0.91
10 BBRI 3,790 3,780 -10 -0.26