Portal Berita Ekonomi Senin, 21 Januari 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 06:30 WIB. WeChat - WeChat kabarnya segera ekspos pengutang di China.
  • 06:19 WIB. Netflix - Pelanggan Netflix tembus 139 juta.
  • 06:17 WIB. Apple - Apple obral murah iPhone SE, harganya lebih murah dari Pocophone.
  • 18:51 WIB. PLN - PLN sedang mengupayakan pemenuhan daya listrik untuk kompor listrik.
  • 18:49 WIB. PLN - PLN masih mempunyai batas hutang 300% atau hingga Rp2.000 triliun.
  • 18:46 WIB. Kemenpupera - Kemenpupera menargetkan pembangunan 51.000 unit rumah untuk MBR melalui skema pembiayaan BP2BT.
  • 18:22 WIB. AFPI - AFPI menargetkan penyaluran pinjaman Rp40 triliun pada 2019.
  • 17:55 WIB. AP I - Bandara NYIA sudah mencapai 30% fisik pembangunan.
  • 17:54 WIB. AP I - AP I buka peluang rute penerbangan dari Asia dan Timur Tengah via Bandara NYIA.
  • 17:53 WIB. Telkomsel - Telkomsel melalui T-Cash jalin kerja sama strategis dengan CRP Group.

6 Trik Bangun Bisnis Perangkat Lunak di India

Foto Berita 6 Trik Bangun Bisnis Perangkat Lunak di India
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Di India, pertumbuhan dan kemajuan yang signifikan dalam industri perangkat lunak B2B semakin terlihat. Selama beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan jumlah perusahaan B2B di berbagai bidang seperti ritel, perjalanan, dan jasa keuangan.

Ada satu rim yang ditulis tentang kemungkinan mengembangkan aplikasi perangkat lunak B2B yang berhasil untuk negara-negara maju seperti AS, di India, dan ada beberapa studi kasus untuk membuktikan hal yang sama. Artikel ini membahas tentang jenis yang berbeda dari perusahaan, mereka yang menargetkan perusahaan India.

1. Membuat Produk Menggunakan Umpan Balik Pelanggan

Penting untuk mengembangkan produk berdasarkan riset pasar yang memadai dengan pulsa pada kebutuhan pelanggan. Harus ada mekanisme yang secara terus menerus mengevaluasi umpan balik pasar. Orang India secara tradisional belum terpikat oleh layanan perangkat lunak yang menyediakan banyak fitur sekaligus, mereka menghargai efisiensi dan kecepatan.

2. Software-as-a-Service

Bisnis SaaS biasanya memiliki sentuhan ringan, online melalui model dukungan email/obrolan saja. Namun, pembelajaran yang tepat justru sebaliknya. Tidak mengherankan, mengingat bahwa India terkenal dengan industri layanannya. Memiliki kehadiran fisik lokal untuk dukungan disukai oleh bisnis India.

Jadi mungkin model dukungan sentuhan ringan, yang populer secara global, akan membutuhkan waktu untuk mendapatkan daya tarik di India, mengingat harapan kami seputar pemberian layanan. Jalan keluarnya adalah membuat produk sekuat mungkin dan UI sesederhana mungkin, untuk meminimalkan kesalahan.

3. Orang India yang Tidak Membayar adalah Mitos

Orang India atau lebih tepatnya perusahaan India membayar dan secara substansial juga, tetapi ini ditentukan oleh keberhasilan yang dicapai merek atau layanan. Jadi, pemeriksaan awal mungkin tidak besar, tetapi sangat penting untuk mendapatkan studi kasus yang ditetapkan.

4. Perjalanan adalah Kunci untuk Mencapai Keberhasilan

Metro besar adalah 30 persen pasar atau lebih, tetapi ada pasar besar yang belum dimanfaatkan di kota-kota kecil di mana akses dan pengetahuan terbatas. Belum ada kisah 'Software as a service' yang sukses menyasar bisnis pedesaan dan semi-pedesaan ini, namun ada cukup potensi yang dibuktikan dengan tingginya tingkat konsumsi di sini. Pertumbuhan di sini dapat didorong oleh strategi roadshow yang intensif. Ini adalah sesuatu yang telah bekerja dengan baik untuk kita.

5. Pasar Pembeli Muda

Saat ini tidak hanya di India tetapi juga internasional, pembeli B2B adalah generasi millenial. Saat ini mayoritas pembeli masih muda dan mengerti teknologi. Memahami pola pembelian unik dari pembeli muda ini akan sangat penting untuk pertumbuhan jangka panjang penyedia layanan B2B. Antarmuka layanan mandiri dan ketersediaan e-commerce 24/7 adalah suatu keharusan.

6. Integrasi Multi-Sistem Berguna

Untuk memberikan layanan yang efisien kepada pelanggan, penyedia B2B harus mengintegrasikan sistem e-commerce mereka dengan platform inti lainnya, dari perangkat lunak rantai pasokan back-end yang besar hingga sistem manajemen hubungan pelanggan. Solusi yang terintegrasi penuh meruntuhkan silo fungsional, memberikan tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan kemampuan untuk bekerja sama secara efisien.

Tag: Tips Bisnis, India

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar

Foto: Reuters/Via Asia Times

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,909.74 3,869.89
British Pound GBP 1.00 18,754.69 18,562.19
China Yuan CNY 1.00 2,114.10 2,093.06
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,667.00 14,521.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,673.18 10,561.12
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,872.96 1,854.27
Dolar Singapura SGD 1.00 10,659.93 10,553.05
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,630.91 16,462.46
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,501.31 3,462.33
Yen Jepang JPY 100.00 12,933.86 12,801.73

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6448.156 24.376 627
2 Agriculture 1583.292 -1.764 21
3 Mining 1880.920 11.361 47
4 Basic Industry and Chemicals 889.696 -3.628 71
5 Miscellanous Industry 1443.379 27.257 46
6 Consumer Goods 2607.292 -13.145 51
7 Cons., Property & Real Estate 471.624 -0.108 74
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1149.241 6.910 71
9 Finance 1234.248 10.015 91
10 Trade & Service 797.089 4.778 155
No Code Prev Close Change %
1 CLAY 180 306 126 70.00
2 NATO 103 175 72 69.90
3 SQMI 306 382 76 24.84
4 KMTR 268 334 66 24.63
5 JIHD 476 590 114 23.95
6 INRU 640 785 145 22.66
7 TNCA 206 250 44 21.36
8 INCF 296 358 62 20.95
9 DUTI 3,630 4,390 760 20.94
10 PADI 920 1,090 170 18.48
No Code Prev Close Change %
1 TFCO 735 620 -115 -15.65
2 OCAP 266 226 -40 -15.04
3 YPAS 660 575 -85 -12.88
4 CTTH 126 110 -16 -12.70
5 MFMI 725 635 -90 -12.41
6 BUKK 2,000 1,800 -200 -10.00
7 PYFA 180 163 -17 -9.44
8 TIRA 270 250 -20 -7.41
9 STTP 3,750 3,490 -260 -6.93
10 ASJT 300 280 -20 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 INPC 79 80 1 1.27
2 UNTR 26,850 26,925 75 0.28
3 INDY 2,090 2,180 90 4.31
4 ASII 8,275 8,475 200 2.42
5 TLKM 3,990 4,020 30 0.75
6 BUMI 164 174 10 6.10
7 BBRI 3,810 3,820 10 0.26
8 KPAS 210 208 -2 -0.95
9 ERAA 2,310 2,310 0 0.00
10 TSPC 1,600 1,575 -25 -1.56