Portal Berita Ekonomi Selasa, 23 Juli 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 16:41 WIB. Apple - Apple dikabarkan bakal beli bisnis modem Intel.
  • 16:28 WIB. Tekno - Rudiantara tegaskan Traveloka dan Tokopedia bukan penyelenggara umrah.

Berlaku Regulasi Baru, Didi Chuxing Terancam Kehilangan 50% Mitra Pengemudi

Berlaku Regulasi Baru, Didi Chuxing Terancam Kehilangan 50% Mitra Pengemudi - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Pada Selasa (1/1/2019), aplikasi ride-hailing Didi Chuxing China mengharuskan pengemudinya memiliki lisensi ganda, satu untuk mengemudi dan yang lainnya untuk mobil yang dikendarai. Pemerintah kotamadya di seluruh negeri Tirai Bambu telah mengubah ketentuan tentang itu. Namun, kebijakan baru itu mengancam mata pencaharian pengemudi paruh waktu Didi Chuxing.

Berdasarkan laporan Konsultan Bain and Company pada Oktober 2017, mayoritas pengemudi Didi Chuxing menekuni pekerjaannya sebagai paruh waktu. Laporan itu menyebutkan setengah pengemudi startup di sektor ride-hailing bekerja kurang dari 2 jam per hari.

"Tidak ada pengemudi paruh waktu yang ingin mendaftarkan mobil pribadi mereka sebagai mobil komersial karena tingginya biaya yang harus ditanggung oleh mereka. Seharusnya para pekerja paruh waktu tidak harus membayar tagihan asuransi dan sebagainya," ujar seorang pengemudi di Shenzhen, dilansir dari TechCrunch, Rabu (2/2/2019).

Untuk mendapat izin mengemudi di sejumlah kota, pengemudi harus memenuhi persyaratan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Dalam beberapa kasus ekstrim, merek juga harus memiliki Kartu Keluarga (hukou) lokal, izin tinggal yang mengontrol lokasi bekerja penduduk secara legal. Banyak pengemudi Didi yang tidak memiliki hukou perkotaan karena mereka adalah pekerja imigran dari pedesaan China. Sulit bagi mereka untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Di sisi lain, lisensi mobil mengharuskan kendaraan beroperasi secara komersial, membuat pengemudinya harus membayar biaya asuransi dan pemeliharaan mobil, dan harus mencicil kendaraan mereka selama delapan tahun.

Pada 2017, Didi menguasai 90% pasar ride-hailing di China. Didi pun dianggap sebagai lambang sharing economy di China, istilah yang digunakan untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Menurut Pusat Informasi dari Pusat Penelitian Ekonomi Berbagi China, berbagai platform dari mobilitas hingga perawatan lansia, mampu menghimpun US$764 miliar pada 2017.

Namun, kejayaan industri ride-hailing China akan terancam bila regulasi baru diberlakukan oleh pihak penyedia aplikasi dan pemerintah. Kabarnya, regulasi itu akan membuat para pekerja paruh waktu mengeluarkan lebih banyak biaya.

Tag: Didi Chuxing Technology Co, Didi Chuxing Technology Co, Startup

Penulis: Tanayastri Dini Isna

Editor: Rosmayanti

Foto: Techcrunch

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,744.00 3,706.58
British Pound GBP 1.00 17,507.41 17,325.92
China Yuan CNY 1.00 2,040.60 2,020.26
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,043.00 13,903.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,869.42 9,768.25
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,797.94 1,779.83
Dolar Singapura SGD 1.00 10,310.57 10,204.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,729.56 15,567.19
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,411.81 3,375.33
Yen Jepang JPY 100.00 13,000.37 12,867.19

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6456.539 53.245 652
2 Agriculture 1359.948 0.169 21
3 Mining 1656.555 1.125 49
4 Basic Industry and Chemicals 836.222 20.201 72
5 Miscellanous Industry 1262.035 -2.850 49
6 Consumer Goods 2419.754 33.936 53
7 Cons., Property & Real Estate 497.831 2.310 80
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1241.954 8.326 74
9 Finance 1325.581 8.757 91
10 Trade & Service 819.503 2.647 163
No Code Prev Close Change %
1 POLU 1,260 1,575 315 25.00
2 PAMG 416 520 104 25.00
3 GLOB 505 630 125 24.75
4 PICO 486 605 119 24.49
5 KIOS 520 630 110 21.15
6 FUJI 123 143 20 16.26
7 ASBI 340 384 44 12.94
8 ARKA 1,035 1,165 130 12.56
9 TMPO 162 180 18 11.11
10 IKBI 274 298 24 8.76
No Code Prev Close Change %
1 KBLV 436 390 -46 -10.55
2 KAYU 498 448 -50 -10.04
3 IIKP 62 57 -5 -8.06
4 SRAJ 310 286 -24 -7.74
5 SAPX 745 690 -55 -7.38
6 MINA 1,400 1,300 -100 -7.14
7 NICK 266 248 -18 -6.77
8 PBSA 760 710 -50 -6.58
9 TNCA 324 304 -20 -6.17
10 DSFI 135 127 -8 -5.93
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 350 352 2 0.57
2 BHIT 81 85 4 4.94
3 MNCN 1,365 1,435 70 5.13
4 IPTV 242 248 6 2.48
5 BPTR 97 104 7 7.22
6 POSA 214 204 -10 -4.67
7 BDMN 4,840 5,100 260 5.37
8 ANTM 950 940 -10 -1.05
9 LPKR 278 284 6 2.16
10 BBRI 4,450 4,480 30 0.67