Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Jenis Komunikasi untuk Pelihara Bisnis

3 Jenis Komunikasi untuk Pelihara Bisnis Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam masyarakat yang selalu terhubung, entah itu melalui email, telepon, atau tablet, Anda akan berpikir bahwa kita semua telah menyempurnakan keterampilan komunikasi kita . Tetapi faktanya, kita cenderung membuat hal-hal jauh lebih rumit daripada yang seharusnya, terutama secara professional bisnis.

Keterampilan komunikasi secara langsung memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan bisnis, itulah mengapa sangat penting untuk berkomunikasi dengan jelas kepada audiens Anda yang paling penting.

Bill Gates pernah berkata, "Saya sangat percaya bahwa alat apa pun yang meningkatkan komunikasi memiliki efek mendalam dalam hal bagaimana orang dapat belajar dari satu sama lain." Bagaimana kita bisa meniru kutipan itu untuk lebih efektif mengkomunikasikan bisnis dengan lebih baik?

Komunikasi dengan diri sendiri

Mulailah dengan bagaimana Anda berkomunikasi dengan diri sendiri. Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk mengambil langkah mundur dan benar-benar mengevaluasi kinerja Anda secara pribadi dan bagaimana hal itu memengaruhi bisnis Anda. Sangat penting untuk jujur ??dan jelas dengan diri sendiri. Pertimbangkan apakah Anda telah mencapai tujuan Anda untuk tahun ini dan jujur ??pada diri sendiri jika Anda belum.

Terapkan kepada karyawan Anda

Setelah Anda mengidentifikasi area untuk peningkatan dan memiliki tindakan, penting untuk mengartikulasikannya dengan jelas kepada semua orang yang memiliki kepentingan dalam bisnis Anda, terutama karyawan Anda. Membawa mereka ke dalam rencana awal memastikan tidak ada area abu-abu, bertanya-tanya atau bertanya.

Semua orang akan berada di halaman yang sama dan memiliki harapan yang jelas untuk kinerja. Menjadikan karyawan bagian dari proses juga memberi mereka rasa memiliki dalam keberhasilan bisnis. Ketika Southwest Airlines ingin mendesain ulang seragamnya untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, perusahaan beralih ke karyawannya untuk menjalankan prosesnya.

Libatkan pelanggan Anda

Mungkin orang terpenting yang perlu Anda ajak berkomunikasi adalah pelanggan Anda. Mereka adalah tulang punggung bisnis Anda dan perlu diingat, tanpa mereka Anda tidak akan berhasil.

Bagi mereka, sangat penting untuk menjabarkan dengan jelas tidak hanya produk dan layanan Anda, tetapi apa yang dapat Anda lakukan bagi mereka untuk membuat hidup mereka lebih mudah, lebih produktif, dan lebih menyenangkan.

Menurut Oracle, 89 persen pelanggan telah mengganti loyalitas merek karena pengalaman pelanggan yang buruk. Pengalaman yang mereka miliki dengan Anda sama pentingnya dengan produk aktual yang Anda jual.

Libatkan pelanggan dalam proses refleksi diri Anda dan minta umpan balik mereka pada kinerja Anda. Ini tidak harus menjadi proses formal. Cukup memulai percakapan santai dengan pelanggan dapat memberikan banyak informasi. Ini dapat memberi Anda wawasan tentang apa yang mereka butuhkan dan memberikan inspirasi untuk ide-ide baru.

Komunikasi langsung mungkin tampak seperti tugas yang sederhana, tetapi bermanfaat bagi kita semua untuk memeriksa bagaimana kita sebenarnya berkomunikasi. Anda mungkin menemukan ada perbaikan yang harus dilakukan yang benar-benar dapat berdampak pada keberhasilan bisnis Anda.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: