3 Alasan Waralaba Lebih Beri Untung daripada Mulai Bisnis dari Awal

3 Alasan Waralaba Lebih Beri Untung daripada Mulai Bisnis dari Awal Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Kenapa waralaba dinilai lebih baik daripada memulai bisnis Anda sendiri dari awal? Waralaba adalah sistem yang telah diuji dan disempurnakan dan diuji lagi. Dan mendapatkan akses ke sistem itu memberi Anda, sebagai pemegang waralaba, kemampuan untuk memulai lebih cepat, mengurangi investasi awal Anda, dan menghindari kesalahan.

Sebelum Anda membuka pintu untuk bisnis, sebagian besar pemilik waralaba akan memberikan pelatihan awal pada setiap aspek bisnis, mulai dari menemukan situs hingga membangun hingga merekrut dan melatih tim Anda hingga melayani pelanggan Anda, bahkan sampai mengelola bisnis Anda.

Ada tiga keuntungan utama lainnya untuk membeli waralaba menurut lansiran dari Entrepreneur.com (3/1/2019):

Sudah memiliki nama baik

Terlepas dari apakah pemilik waralaba memiliki satu unit atau 10.000, sudah pasti memiliki lebih banyak pengenalan nama daripada yang Anda miliki sebagai bisnis pemula. Dan jika pengakuan nama itu disertai dengan itikad baik di tingkat konsumen, Anda sebagai pewaralaba akan mendapat manfaat darinya.

Biaya lebih murah

Keuntungan lain untuk membeli waralaba agak berlawanan dengan intuisi, yakni waralaba bisa lebih murah untuk dibuka daripada bisnis independen. Sebagai pewaralaba, Anda akan tahu persis persediaan apa yang harus dibeli dan peralatan apa yang harus disewa.

Selain itum Anda mungkin akan mendapatkan harga yang lebih baik karena kemampuan pemilik waralaba untuk membeli dalam pengaturan volume dan harga dengan pemasok. Anda akan belajar cara mempromosikan bisnis Anda tanpa membuang waktu dan uang untuk iklan yang tidak berhasil. Anda akan dapat mengontrol biaya startup Anda dan menghindari kesalahan yang bisa menelan biaya ratusan juta rupiah.

Daya Tetap

Akhirnya, ketika tiba saatnya bagi Anda untuk menjual bisnis Anda, waralaba dapat memerintahkan harga yang lebih tinggi. Keuntungan ini mudah dipahami: Jika Anda berpikir untuk membeli bisnis dan memiliki pilihan antara McDonald's dan Joe's Burgers, jika semua hal lain (seperti profitabilitas) sama, yang mana yang ingin Anda beli?

Mari kita pikirkan. Meskipun membeli McDonald's tidak menjamin bahwa Anda akan mendapatkan uang, kemungkinan penyerahannya kepada pemilik baru akan mudah. Itu karena McDonald's memiliki manual operasional dan keahlian untuk membantu Anda memastikan transisi yang lancar. Selain itu, pelanggan McDonald's tahu apa yang diharapkan dari restoran McDonald's mana pun.

Sedangkan dengan Joe's Burgers, begitu Joe berjalan keluar, separuh pelanggannya mungkin akan mengikutinya, dan siapa yang akan membantu dalam proses transisi? Siapa yang akan memastikan kontrol kualitas?

Kebanyakan orang tentu akan lebih suka membeli McDonald's, dan dengan demikian pemiliknya dapat memerintahkan harga jual yang lebih tinggi.

Sementara merek adalah bagian dari itu, proposisi nilai riil Anda terletak pada kualitas sistem dan jumlah dukungan yang diberikan oleh pemilik waralaba. Pada akhirnya, rahasia kesuksesan sebagian besar pemilik waralaba adalah mereka menghasilkan banyak uang untuk franchisee mereka. Pemberi waralaba yang franchisee-nya menjadi jutawan tidak memiliki masalah menemukan lebih banyak franchisee.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini