Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Efek Amazon?

Apa Itu Efek Amazon? Kredit Foto: Antara/Pascal Rossignol
Warta Ekonomi, Jakarta -

Baik atau buruk, ekonomi AS dan ekonomi global berada dalam pergolakan "Amazon Effect," sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keberhasilan Amazon.com, yang telah mengubah praktik ritel dan harapan pelanggan, baik online maupun offline. Pada pertengahan 2018, Amazon sudah bertanggung jawab atas sekitar 50 persen dari penjualan e-commerce nasional dan 5 persen dari semua penjualan offline dan online gabungan.

Menawarkan 11 kuartal berturut-turut dari keuntungan, rekor penjualan $1,9 untuk musim liburan yang baru saja berakhir, dan orang terkaya di dunia sebagai CEO-nya, Amazon tentu melihat cara untuk melakukan sesuatu yang berhasil bagi perusahaan.

Apa Efek Amazon Itu?

Jadi, apa itu Efek Amazon? Arti dari frasa tersebut dapat bervariasi tergantung pada industri yang dikutip, tetapi umumnya merujuk pada kesulitan yang dihadapi banyak took, terutama took ritel offline ketika mereka bersaing dengan Amazon. Pilihan luas pengecer online, pengiriman cepat, pengembalian gratis, harga murah, dan layanan berlangganan "Perdana" semuanya berfungsi untuk menciptakan harapan pelanggan yang tinggi bagi setiap pengecer yang berharap dapat bersaing.

Apakah itu berarti Amazon melenyapkan kompetisi? Studi menunjukkan bahwa keberhasilan Amazon telah menyebabkan beberapa penutupan bisnis, tetapi banyak perusahaan, pada kenyataannya, telah menangani efek Amazon secara kreatif dan efektif untuk bersaing mendapatkan pelanggan dan mempertahankan mereka. Singkatnya, Efek Amazon hanyalah alasan lain mengapa lingkungan ritel selalu berubah.

Tentu saja fenomena ini tidak mempengaruhi penyedia e-commerce semata-mata; Namun, penyedia ini yang berada di garis paling depan dan harus tetap gesit agar pesaing raksasa mereka, Amazon, menggeser dan mengambil pelanggan mereka.

Secara keseluruhan, Efek Amazon adalah nyata, tetapi itu tidak berarti bahwa Amazon adalah satu-satunya pemain e-commerce yang akan berpengaruh pada 2019. Persaingan akan tetap sengit hingga 2019 karena berbagai tren saat ini bermain dan karena dunia e-commerce terus bergeser.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: