Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bisnis Dapat Gugur Melantai Hanya karena Asumsi

Bisnis Dapat Gugur Melantai Hanya karena Asumsi Kredit Foto: Unsplash/Bernard
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahukah Anda bahwa asumsi yang kerap muncul dalam diri Anda dapat merugikan bisnis? Anda harus melihat penyebabnya dengan mata terbuka agar mampu menyadari efek yang merusak bisnis.

Sebagai pengusaha, tentu Anda mencurahkan waktu dan energi seutuhnya untuk bisnis Anda, menuangkan uang ke dalam produk dan layanan baru. Bisnis Anda akan terpuruk jika Anda terlalu visioner dan keras kepala. Sebagai pengusaha, Anda harus mudah menerima pendapat orang lain dan mencari tahu apa yang tidak Anda ketahui.

Pola pikir seorang visioner berisiko menciptakan pola ketidaktahuan yang disengaja. Bagaimana jika menantang beberapa asumsi Anda sendiri yang dapat mengungkapkan jawaban yang mengubah bisnis Anda menjadi lebih baik?

Dengan penuh keyakinan, semua masyarakat mengetahui bisnis Anda

Itu asumsi yang pertama yang mungkin dapat menjatuhkan bisnis Anda. Jangan terlalu meyakinkan diri sendiri bahwa bisnis Anda sudah diketahui banyak orang. Memberi keyakinan pada diri sendiri boleh saja, menyugestikan hal-hal yang baik, namun jangan sampai itu membuat Anda menutup mata dan tidak menghargai proses.

Anda harus tetap berusaha dalam menjalankan bisnis. Anda harus mampu mengungguli bisnis Anda di antara kompetitor di sekitar Anda.

“Bisnis saya yang terbaik”

Dengan asumsi tersebut yang berlebihan, Anda akan malas berintrospeksi dan menyadari kesalahan. Pasalnya, Anda sudah merasa bahwa bisnis Anda sempurna dan sudah tidak butuh perbaikan. Jika di tahun 2019 Anda masih membesarkan asumsi tersebut, bersiap-siaplah untuk bisnis Anda semakin melantai.

Semua orang di organisasi Anda merasakan tingkat kepemilikan Anda

Tidak diragukan lagi, visi Anda untuk bisnis sangatlah pribadi. Mungkin Anda juga percaya bahwa karyawan Anda perlu peduli dengan perusahaan Anda seperti halnya Anda. Kombinasi itu dapat memiliki efek negatif, mengarahkan Anda untuk mengaduk-aduk karyawan sampai Anda menemukan orang yang sesuai dengan tingkat akuntabilitas Anda sendiri.

Anggota tim Anda mungkin sangat peduli dengan pekerjaan yang Anda bagikan, tetapi mereka tidak akan pernah melakukan pengorbanan yang sama seperti Anda akan mengejar visi Anda. Jangan membebani kru Anda dengan harapan-harapan itu.

Anda mampu melayani semua orang

Ketika Anda mencoba melayani semua orang, pada akhirnya Anda tidak melayani siapa pun. Anda akan menjadi sangat diperlukan bagi pelanggan dan mendapatkan penggemar mengoceh jika Anda sangat spesifik tentang siapa Anda ada untuk membantu. Sepanjang jalan, perusahaan Anda akan menarik pelanggan yang hidup di luar batas target Anda.

Pikirkan mereka sebagai bonus, tetapi jangan pernah kehilangan jejak pangkalan Anda. Ketika Anda mempersempit fokus Anda, iklan Anda menjadi lebih spesifik, produk Anda menjadi lebih bermanfaat, dan bisnis Anda akan menjadi lebih menguntungkan.

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: