Portal Berita Ekonomi Rabu, 26 Juni 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:30 WIB. Energi - 10% orang paling kaya masih pakai LPG tabung 3 kilogram.
  • 10:00 WIB. KAEF - Kimia Farma dan Paphros akan meracik produk kosmetik.
  • 09:30 WIB. PNM - PNM akan segera membentuk unit usaha syariah (UUS).
  • 08:47 WIB. BNI - BNI Cabang Tokyo menargetkan aset perseroan di Jepang hingga akhir tahun ini mencapai US$1 miliar.
  • 08:39 WIB. BNI - BNI Cabang Tokyo akan meningkatkan peran Subcabang Osaka.
  • 08:28 WIB. Rokok - San Francisco melarang rokok elektrik (e-cigarettes).
  • 08:17 WIB. ADHI - Adhi Karya mengantongi dana segar dari penerbitan obligasi senilai Rp1,02 triliun.
  • 07:44 WIB. Perang Dagang - Micron Technology, pembuat memory chips asal AS, masih nekat mengirim barang ke Huawei.
  • 07:33 WIB. Gold - Emas naik 10% sepanjang Juni, melewati US$14.000 sejak Agustus 2013.
  • 06:41 WIB. PPRO - PT PP Properti masih berfokus pada proyek TOD di dekat stasiun Juanda.
  • 06:38 WIB. Energi - Adaro Power memulai pilot project PLTS di wilayah Papua.
  • 06:12 WIB. BUMN - Menteri Rini menyebutkan BUMN ekspansi ke Laos.

Begini Cara Membentuk Budaya Perusahaan Ala HubSpot

Begini Cara Membentuk Budaya Perusahaan Ala HubSpot - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Perusahaan penyedia layanan software dengan spesialisasi di bidang manajemen pelanggan dan UKM, HubSpot yang menuju penawaran umum perdana (IPO) pada 2014, melihat data perusahaan kinerjanya menurun setelah melakukan IPO. Dengan pendapatan tahunan lebih dari US$500 juta (sekitar Rp7,2 triliun), HubSpot menemukan budaya dan kepribadian perusahaan kerap kali berubah setelah menjadi perusahaan publik.

Memanfaatkan momentum IPO, HubSpot pun mulai melibatkan karyawan dalam berbagai hal yang sedang mereka bangun, dan berupaya memperkuat budaya perusahaan.

Chief People Officer HubSpot, Katie Burke dan para pemimpin tim lain tidak membayangkan membangun budaya perusahaan hanya dengan menempel poster di dinding, mesin kopi canggih, dan sederet fasilitas lain, melainkan sebagai peluang untuk menciptakan keunggulan kompetitif berkelanjutan.

Seperti dikutip dari TechinAsia.com, Katie Burke mengemukakan pendapatnya tentang budaya perusahaan dalam menciptakan keunggulan kompetitif bagi startup.

Apa itu budaya perusahaan?

HubSpot mendefinisikan budaya perusahaan sebagai "seperangkat keyakinan, nilai, dan praktik bersama" yang bertindak sebagai "sistem operasi" perusahaan.

Menurut Burke, budaya ini tidak hanya menarik para karyawan, tapi juga dapat memperkuat kemampuan mereka. Berikut adalah cara membentuk budaya perusahaan.

1. Teknik merekrut flywheel

Dengan desain budaya perusahaan yang kuat, akan menjadikan para karyawan sebagai duta perusahaan sukarela. Misalnya dengan memberikan ulasan positif di aplikasi pencari kerja Glassdoor dan menyebarkan informasi dari mulut ke mulut yang bisa menarik para kandidat.

Membangun sistem perekrutan flywheel yang dapat menarik para kandidat menjadi aspek yang sangat penting. Istilah flywheel dalam dunia bisnis menjadi populer setelah Jim Collins dalam bukunya Good to Great, menjelaskan konsep efek flywheel.

Tidak peduli seberapa dramatis hasil akhirnya, transformasi suatu perusahaan tidak berlangsung dalam sekejap mata. Dalam membangun suatu perusahaan, tidak ada satu pun aktivitas, program unggulan, inovasi, keberuntungan, maupun keajaiban. Melainkan suatu proses yang menyerupai roda besar terus berputar, membangun momentum hingga tercipta titik terobosan, dan begitu seterusnya.

Kandidat tidak hanya mengandalkan para perekrut untuk mendapatkan informasi internal. Mereka sekarang dapat "bertanya pada internet" dengan cara mengumpulkan informasi dari berbagai platform, seperti Glassdoor dan LinkedIn.

Semua perusahaan, termasuk perusahaanmu, mempunyai citra tertentu di mata para karyawan. Terlepas dari apakah kamu telah mengambil tindakan untuk mempengaruhi hal tersebut atau tidak. Demikian pula, setiap perusahaan memiliki sistem perekrutan flywheel yang didukung oleh budaya dan pekerjaan mereka.

2. Berperilaku layaknya Sherpa

Sherpa adalah penduduk suku Himalaya yang tinggal di perbatasan Nepal dan Tibet, terkenal dengan keahlian mereka mendaki gunung.

Para kandidat diwawancarai untuk mengetahui apakah mereka sesuai dengan nilai HubSpot. Ketika seorang karyawan bergabung, mereka mendapat pengakuan lewat dukungan terhadap nilai perusahaan, yang tercermin dalam bonus dan ulasan tim.

Ini berarti aktivitas-aktivitas kontra-produktif, seperti manajemen mikro, penimbunan informasi, kepuasan diri, dan pembuatan keputusan berbasis nonmetrik, tidak bertahan.

Kondisi di mana orang-orang bekerja bersama dapat tercipta secara organik, terlepas dari apakah founder dan pemimpin perusahaan berusaha keras menciptakan budaya tersebut atau tidak. Meskipun demikian, budaya kerja sama juga dapat sengaja diciptakan.

Misalnya, orang-orang cenderung menciptakan nilai personal dengan cara menyimpan berbagai informasi, hanya saya yang tahu bagaimana cara mengerjakan hal ini. Ia kemudian mengambil risiko minimal karena takut melakukan kesalahan yang bisa berdampak pada nilai personal dan berakhir pada pemecatan.

Dengan demikian, akan muncul tendensi yang berakibat pada terkekangnya informasi perusahaan (di mana nilai personal dan tim berada di atas nilai pelanggan dan perusahaan) dan menghindari pengambilan risiko yang sehat (yang berpotensi membawa inovasi dalam meningkatkan nilai pelanggan dan perusahaan).

Paham akan hal ini, HubSpot membuat panduan tentang bagaimana aliran informasi perusahaan dengan mendorong bentuk komunikasi terbuka.

Seperti yang tercatat pada nilai budaya HubSpot, "Kami membagikan informasi secara terbuka dan transparan." Salah satu ucapan yang sering diucapkan para karyawan yaitu, "Sinar matahari adalah pembasmi kuman terbaik." Sehingga, budaya terbuka di HubSpot adalah suatu kewajaran.

Jika melakukan suatu kesalahan, cerita tentang pengalaman ini akan dibagikan kepada tim atau dalam beberapa kasus bahkan kepada seluruh anggota perusahaan. Pengambilan risiko tersebut dirayakan bersama, dan seluruh anggota tim dapat mengambil pelajaran dari kejadian tersebut.

Para pemimpin baru mempelajari bahwa membagikan pengetahuan adalah cara yang lebih efektif untuk berkembang daripada menahan informasi.

Tag: Tips Bisnis, HubSpot

Penulis: Ning Rahayu

Editor: Rosmayanti

Foto: Reuters/Charles Plateau

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,788.76 3,750.60
British Pound GBP 1.00 18,120.74 17,938.24
China Yuan CNY 1.00 2,071.89 2,051.18
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,209.00 14,067.00
Dolar Australia AUD 1.00 9,897.99 9,796.26
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,820.08 1,801.82
Dolar Singapura SGD 1.00 10,505.73 10,399.20
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,209.63 16,042.01
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,430.47 3,393.73
Yen Jepang JPY 100.00 13,264.56 13,128.32

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6320.445 31.980 636
2 Agriculture 1462.734 12.139 21
3 Mining 1729.467 84.267 46
4 Basic Industry and Chemicals 773.084 8.727 71
5 Miscellanous Industry 1274.058 -1.017 47
6 Consumer Goods 2405.119 3.777 52
7 Cons., Property & Real Estate 486.531 -1.769 76
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1191.003 6.146 74
9 Finance 1291.358 1.492 90
10 Trade & Service 802.181 3.053 159
No Code Prev Close Change %
1 INDY 1,335 1,675 340 25.47
2 POSA 360 450 90 25.00
3 SMBR 875 1,090 215 24.57
4 ALKA 360 438 78 21.67
5 KONI 376 448 72 19.15
6 INPP 760 880 120 15.79
7 KIOS 635 735 100 15.75
8 KICI 268 310 42 15.67
9 GOLD 438 500 62 14.16
10 HRUM 1,395 1,590 195 13.98
No Code Prev Close Change %
1 YPAS 468 352 -116 -24.79
2 HDFA 168 136 -32 -19.05
3 BRAM 10,000 8,100 -1,900 -19.00
4 YULE 181 161 -20 -11.05
5 ARTA 460 410 -50 -10.87
6 PGLI 476 430 -46 -9.66
7 PYFA 188 170 -18 -9.57
8 NICK 270 246 -24 -8.89
9 WIIM 252 230 -22 -8.73
10 MAYA 7,000 6,425 -575 -8.21
No Code Prev Close Change %
1 ERAA 1,615 1,835 220 13.62
2 INDY 1,335 1,675 340 25.47
3 ANTM 795 845 50 6.29
4 PTBA 2,880 3,060 180 6.25
5 MNCN 1,000 985 -15 -1.50
6 SMBR 875 1,090 215 24.57
7 BBRI 4,310 4,330 20 0.46
8 TAMU 500 520 20 4.00
9 JPFA 1,495 1,520 25 1.67
10 ADRO 1,245 1,330 85 6.83